0 Penjelasan COC Terhadap Skandal Kejahatan Keuangan Yang Menjerat Pastor Kong Hee

"screen shot" Charity Portal - Anchor of Life Fellowship
Commissioner of Charities-COC (Ini adalah sebuah badan pemerintah Singapura yang mengawasi finansial atau keuangan badan-badan derma/amal di Singapura- red) pada Selasa lalu mengungkapkan apa yang telah mereka temukan semenjak pemeriksaan terhadap City Harvest dimulai pada pengujung Mei 2010.

"Ketakwajaran keuangan  setidaknya senilai  23 juta dolar yang bersumber dari dana-dana Charity (sebuah badan derma milik gereja  CH-red) telah terungkap," ungkap COC dalam sebuah pernyataan press, dinyatakan juga sejumlah tuduhan bahwa dana-dana tersebut digunakan dengan  tujuan yang nyata-nyata untuk membiayai karir musik Ho Yeow Sun, isteri Kong Hee pendiri CHC.


Berikut ini adalah rincian-rincian tuduhan kesalahan manajemen dan kesalahan pengelolaan pada  dana amal sebagaimana  dinyatakan secara lengkap oleh COC pada Selasa lalu, ketika Kong Hee dan anggota-anggota utama CHC lainnya yang ditahan terkait tuduhan-tuduhan tersebut.
Pastor Kong Hee- straitstimes.com

A.   Memberikan informasi palsu pada penggunaan Dana-dana Charity

  1. Pada 2002, para pendiri Charity, Kong Hee dan Ho Yeow Sun ("Sun Ho"), telah meluncurkan sebuah proyek yang  disebut "Crossover Project" (the Project), dengan maksud utama untuk digunakan membiayai musik sekular Sun Ho untukmenjalin hubungan dengan masyarakat dan menjangkau non Kristen.

  2. Pada 2003, sebuah tuduhan perorangan dimuat di media menyatakan bahwa Charity digunakan untuk mendanai karir  musik Sun Ho. Tuduhan ini menarik perhatian publik. Orang yang memuat tuduhan ini pada ahirnya mengeluarkan permintaan maaf kepada khalayak umum dan telah menarik semua tuduhannya. Selama periode tersebut, Charity telah  menghadapi pengamatan media atas tuduhan-tuduhan  tersebut. Selanjutnya terkait hal ini, Charity telah mengeluarkan  pernyataan-pernyatan Press dan menunjuk anggota-anggotanya sebagai representasi Charity  untuk menyatakan bahwa mereka tidak pernah mendanai  karir musik Sun Ho.

  3. Walaupun perwakilan-perwakilan (yang bertindak sebagai jubir) telah ditunjuk oleh  Charity dan penunjukan mereka tidak diketahui  oleh anggota-anggota Eksekutif, dana Charity telah digunakan untuk mendanai  the Project. Selama periode 3 tahun  (2007 hingga 2010), setidaknya 23 juta dolar telah digunakan. Akan tetapi, selama periode waktu ini, anggota-anggota  Eksekutif tidak diberitahu penggunaan  yang sebenarnya atas dana-dana Charity tersebut.


B.   Penggunaan Dana-Dana Charity untuk membiayai The Project
CHC

  1. Antara Desember 2007 dan Mei 2010, dana-dana Charity telah digunakan untuk mendanai the Project yang dibuat  seolah-olah sebagai sumbangan-sumbangan kepada gereja afiliasinya di Kuala Lumpur, dikenal sebagai City Harvest Church Kuala Lumpur [CHCKL]. Dana-dana tersebut kemudian dikirimkan oleh CHCKL untuk mendukung the Project di Amerika Serikat. Selama periode ini, setidaknya 2,1 juta dolar telah ditransfer dari Charity ke CHCKL  untuk mendanai the Project. Penyelidikan mengungkapkan bahwa Kong Hee, Tan Ye Peng, Kelvin Teo Meng How, Tan Shao Yuen Sharon dan Serina Wee Gek Yin mengetahui dengan baik   tujuan sebenarnya pengiriman dana-dana amal ke CHCKL.

  2. Lebih lanjut lagi, donasi-donasi dan persepuluhan ke Charity telah ditransferkan kedalam sebuah dana pribadi yang  diketahui sebagai Multi Purpose Account (MPA),  yang dikelola oleh Serina Wee Gek Yin (Mantan manajer keuangan dan anggota eksekutif Charity) dan Tan Su Phen Jacqueline (mantan Asisten Pribadi KOng Hee, anggota Eksekutif pada Charity). Uang dalam MPA telah digunakan untuk mendanai the Project. Selama periode April 2007 hingga Maret 2010, dana-dana  tersebut  telah digunakan untuk pembiayaan-pembiayaan utama  bagi Kong Hee dan Sun Ho, jumlahnya diperkirakan mencapai 600.000 dolar dan  3 juta dolar masing-masing.

     
  3. Donatur-donatur terpilih dimintai untuk mentransfer kontribusi-kontribusi mereka yang sebenarnya  untuk program  Charity bernama "Arise and Build" sebagai kampenya untuk MPA (Rekening Multi Guna). Beberapa anggota telah  menghentikan atau  mengurangi persepuluhan regulernya kepada Charity setelah mereka  turut mengkontribuiskan dana ke  MPA. Terlepas dari anggota-anggota kelompok kecil ini, keberadaan MPA  diupayakan tidak diketahui oleh anggota-anggota Charity. Bahkan ada sebuah upaya untuk menutupi keberadaan rekening ini dengan menutup rekening bank bersama dan hanya menerima transaksi-transaksi dalam bentuk tunai, yang disimpan dalam sebuah   penyimpanan (safety) di Charity.

  4. Pada atau sekitar tahun 2009, sebuah rencana yang dikonsepkan oleh Tan Ye Peng, Chew Eng Han, Serina Wee Gek Yin dan Tan Shao Yuen Sharon untuk mentransfer uang yang jumlahnya mencapai 600.000 dolar yang disumbangkan oleh Wahju Hanafi untuk Charity Building Fund melalui sebuah "refund/Penarikan kembali dana" dari donasi-donasi untuk Building  Fund tersebut  untuk selanjutnya dimasukan kedalam MPA (Rekening Multi Guna) untuk memenuhi kebutuhan pendanaan the Project, yang meliputi 100.000 dolar AS untuk membiayai sebuah tim media dari Singapura untuk mempublikasikan dan menulis tentang karir musik Sun Ho di Amerika Serikat

    Penyelidikan COC  mengungkapkan bahwa Charity telah  mendraf/membuat surat-surat  dari Wahju Hanafi dan satu orang  lainya yang mengindikasikan bahwa sumbangan-sumbangan mereka kepada Charity dimaksudkan untuk para  pastor dan  pegawai yang secara spesifik disebutkan (nama-namanya disebutkan-red) di Charity sebagai  pemberian-pemberian kasih.

    Hal ini kemudian diatur untuk para pastor dan pegawai yang disebutkan untuk menerima "refund" tadi sebagai  pemberian-pemberian kasih dan segera setelah di refund lantas  didepositkan kedalam MPA. Penyelidikan selanjutnya menyingkapkan  bukti yang dengan kuat menyatakan bahwa surat-surat "refund" tersebut tertanggal mundur, misal surat-surat itu tertanggal mendekati atau pada tanggal donasi-donasi dilakukan dan salah satu dari surat-surat tersebut tertanggal sebelum tanggal donasi-donasi itu dilakukan.

    Salah satu Video klip lainnya, musik sekuler Sun Ho-isteri Pastor Kong Hee
C.   Skema-Skema Untuk Menghindari Pengungkapan Transaksi-Transaksi Pihak Terkait

7.      Antara tahun 2006 dan 2008, perusahaan Kong Hee menjual cinderamata senilai lebih dari 3 juta dolar kepada  Charity. Penyelidikan juga mengungkapkan bahwa Kong Hee tidak memperlihatkan kepentingan-kepentingannya  pada  transaksi-transaksi dengan pihak terkait dalam laporan-laporan keungan Charity.

Pada 2008, Kong Hee " telah me-refund/menarik kembali dana" royalti-royalti  kepada Charity  yang jumlahnya diperkirakan 770.000 dolar  hasil dari penjualan  cinderamata-cinderamata kepada Charity dari 2006 hingga 2008. Pengembalian royalti-royalti dibuat  seolah-olah dimotivasi oleh kepedulian bahwa para auditor Charity akan meminta royalti Kong Hee untuk dinyatakan  sebagai transaksi-transaksi pihak terkait.

Jumlah yang "di-refund" oleh Kong Hee dilaporkan sebagai "diskon penjualan" yang diberikan kepada Charity. Selanjutnya,  semua refund  telah dibayarkan kembali  kepada Kong Hee dari MPA dan dari CHCKL. Royalti-royalti Kong Hee yang  di refund kepada Charity oleh karena itu menjadi kosmetik dan dia sebenarnya tidak pernah "mengeluarkan dompetnya".

Penyelidikan mengungkapkan bahwa individu-individu yang mengetahui hal diatas tersebut   berupaya menutup-nutupi  Kong Hee, Tan Ye Peng, Kelvin Teo Meng How, Tan Shao Yuen Sharon, Serina Wee Gek Yin dan  Tan Su Pheng Jacqueline  agar tidak terungkap atau diketahui.
Pemberitaan di Channel News Asia :

D.   Isu-Isu Pengelolaan dan Kontrol

City Harvest Church
8.      Bukti menyatakan bahwa anggota-anggota tertentu pada Dewan Charity  kurang  menjalankan keberhati-hatian dengan melalaikan kewajiban-kewajiban  mereka terhadap Charity dan anggota-anggotanya. Sebagai contoh, penunjukan manajer investasi Chew Eng Han pemilik perusahaan investasi, tidak secara benar dipertimbangkan dan didiskusikan dengan Dewan Charity

9.   Pemeriksaan selanjutnya mengungkapkan bahwa ketika Chew Eng Han mengalami kesulitan-kesulitan keuangan, Charity  me-refund atau mencairkan donasi-donasi yang jumlahnya mencapai 338.000 dolar kepadanya dalam dua bagian besar yang terpisah yaitu 240.000 dolar dan 98.000 dolar. Akan tetapi, terkait bagian 98.000 dolar Dewan Charity hanya memberikan persetujuan untuk pencairan donasi-donasi bagi Chew Eng Han  9 bulan setelah  pencairan-pencairan dana (refund) dilakukan.

10.  Miskinnya pengelolaan korporasi dalam Charity turut menyumbang kejadian ini, setidaknya  sebagian, pada  fakta bahwa Charity dapat terus melakukan aktivitas-aktivitas yang disebutkan diatas selama 3 tahun.


Martin Simamora| Yahoo News room Singapore


Screenshot of Original source of this news


P O P U L A R - "Last 7 days"