0 Kasih Tanpa Batas-Batas (Matius 5:38-48) - Bagian 4

http://blogs.oc.edu/secondmile/about/

Bacalah terlebih dahulu tiga  bagian sebelumnya, bagian satu baca di sini ,bagian dua baca di sini  dan bagian  tiga di sini



Oleh :  Rev. Dr. Keith Krell


Pada ilustrasi Yesus yang ketiga dalam Matius 5:41 Ia berkata :  Dan siapapun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil.” Ayat ini memberikan latar belakang untuk sebuah ungkapan yang berbunyi , “Go the second mile” ( jalanilah mil ke dua).  Pada masa Yesus, prajurit-prajurit Roma memiliki otoritas untuk memaksa  penduduk sipil untuk mengangkut muatan-muatan mereka sejauh satu mil. Akan tetapi, Hukum Roma berkata bahwa seseorang hanya harus melakukannya sejauh satu mil dan kemudian dia bebas untuk pergi. Jelas, orang-orang Yahudi mengikuti ketentuan dalam hukum ini. Mereka mengukur  mil dalam hitungan langkah : seribu langkah tepatnya. Dan mereka menghitung setiap langkah kaki. Ketika  tiba pada langkah ke seribu mereka berhenti, meletakan barang yang mereka angkut, dan meninggalkan orang  Roma membawa bawaannya sendiri atau mencari korban lainnya [Robinson, What Jesus Said About Successful Living, 157.].



Orang-orang  Yahudi membenci orang-orang Roma yang membuat  mereka  mengangkut bawaan-bawaan mereka. Saya dapat membayangkan beberapa budak berkata, “Baiklah, saya  memang harus membawa barang-barang prajurit ini, tetapi anda tidak pernah tahu apa yang mungkin terjadi dengan bawaan ini. Bisa jadi barang ini menjadi sangat kotor kalau saya secara tidak sengaja menjatuhkannya di tanah berlumpur. Anda tidak pernah mengetahuinya.” Apa yang hendak dikatakan Yesus adalah ini:” Jangan berperilaku seperti ini!Sebaliknya, tawarkan untuk berjalan sejauh satu mil lagi. Berikanlah lawanmu lebih daripada apa yang  memang berhak dimintanya [Chip Bell, “Sweet Revenge” (Matt 5:38–42; Rom 12:17–21): http://www.bible.org] .



Tanyakan  kepada dia,”Apakah ada hal lainnya yang dapat  saya bantu  bagi anda?” Anda  sepatutnya mendemonstrasikan  hati  seorang hamba yang rendah hati dan penuh sukacita melakukan pekerjaan melampaui apa yang  diharapkan atau dituntut dari diri anda [Leon Morris, The Gospel According to Matthew. Pillar New Testament Commentary (Grand Rapids: Eerdmans, 1992), 128.]


Ketika bos anda memberikan kepada anda sebuah proyek yang mengerikan, yang terlampau besar untuk dipikul, upayakanlah untuk melayani dia. Jika bosmu memperlakukan anda secara buruk, hormatilah dia dan  pikirkanlah bagaimana anda dapat berjalan lebih jauh satu mil. Berupayalah untuk menjadi berkat. Ketika anda mengasihi tanpa batas-batas, anda menyerupai Tuhan.





Love Without Limits (Matthew 5:38–48)  | diterjemahkan dan diedit oleh : Martin Simamora


P O P U L A R - "Last 7 days"