0 Apakah Roh Kudus Seorang Malaikat?

Tanya : Apakah Roh Kudus Seorang Malaikat?

Alkitab mengajarkan bahwa Roh Kudus itu kekal, sementara malaikat-malaikat diciptakan. Alkitab juga mengajarkan  bahwa Tuhan adalah Roh yang berarti tidak diciptakan dan Roh yang kekal, bukan mahluk roh  ciptaan (seperti malaikat-malaikat)

Ibrani 9:14
betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita  dapat beribadah kepada Allah yang hidup.


Yohanes 4:24
Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran." Paulus menulis tentang Roh Kudus, memanggilnya juga sebagai Tuhan "Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh  Allah, di situ ada kemerdekaan" (2 Korintus 3:17).

Roh Kudus terlibat dalam penciptaan:

  • Mazmur 104:30
Apabila Engkau mengirim roh-Mu, mereka tercipta, dan Engkau membaharui muka bumi.
  • Ayub 26:13
Oleh nafas-Nya langit menjadi cerah, tangan-Nya menembus ular yang tangkas.
  • Ayub 33:4
Roh Allah telah membuat aku, dan nafas Yang Mahakuasa membuat aku hidup.

Jika Alkitab menggelari kekekalan dan partisipasi semua tiga pribadi Tuhan yang esa itu (Bapa, Anak  dan Roh Kudus)  maka kita seharusnya memercayainya dan tidak menjadi tidak percaya atau mencoba untuk  mengubah firman Tuhan karana  kita tak suka dengan apa yang dinyatakan firman itu.

Roh Kudus ada dalam permulaan penciptaan dan masih beserta dengan kita hingga saat ini. Tuhan secara spesifik  menyatakan tidak menggunakan malaikat-malaikat untuk menciptakan apapun.

Dalam Matius 1:20 malaikat berkata kepada Yusuf "bahwa yang dikandung itu berasal dari Roh Kudus." Apakah anda percaya bahwa Yesus dibentuk oleh malaikat dalam kandungan? Sangat aneh, tak ada satupun dibagian manapun Alkitab yang menyebut Roh Kudus sebagai malaikat. Roh Kudus juga dinyatakan sebagai penulis Kitab Suci- jadi anda percaya seorang malaikat menginspirasi  Kitab Suci sementara Alkitab berkata kitab suci diinspirasi oleh Tuhan.

Yesus telah mengirim Roh Kudus  untuk tinggal dalam bait yang hidup, tubuh orang-orang percaya baik individual maupun kolektif :

  • 1 Korintus 3:17
Jika ada orang yang membinasakan bait Allah, maka Allah akan membinasakan dia. Sebab bait Allah adalah kudus dan bait Allah itu ialah kamu.

  • 2 Korintus 6:16
Apakah hubungan bait Allah dengan berhala? Karena kita adalah bait dari Allah yang hidup menurut firman Allah ini: "Aku akan diam bersama-sama dengan mereka dan hidup di tengah-tengah mereka, dan Aku akan menjadi Allah mereka, dan mereka akan menjadi umat-Ku.

Gereja (bait  Tuhan- 1 Korintus 3:9) adalah batu-batu hidup, dalam Efesus 2:19-21 dikatakan : kita adalah bait (Gereja) tempat Tuhan berdiam, IA ada didalam kita dan bersama kita. Dalam Perjanjian Baru, Tuhan berdiam dalam orang-orang percaya "engkau adalah bait Tuhan," Roh Tuhan berdiam didalam kamu?" (1 Korintus 3:16; Roma 8:9; Yohanes 14:17) bukan malaikat.

Roh Kudus disebut Roh yang kekal (Ibrani 9:14), juga disebut pemberi  hidup (Roma 8:2). Dalam Mazmur 139 ada 3 omni disebutkan untuk Roh Kudus : Omnipotence, Omnipresence, omniscience, semua gelar yang hanya dimiliki Tuhan. Dia maha hadir, kerena ia dapat berdiam di setiap pribadi orang percaya secara bersamaan, dan disepanjang sejarah. Lebih jauh lagi dan paling penting adalah bahwa Roh Kudus disebut Tuhan dalam 1 Korintus 6:19, dan memang tepat demikian, sebagaimana Yesus telah menyatakan dalam Yohanes 4:24 "Tuhan dalah Roh."

  • I Korintus 2:10-11
(10) Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah.(11) Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah.

Hanya yang Tak terbatas dapat menyelidiki pengetahuan Tuhan, memahami seluruhnya dan memberitahukannya kepada manusia.

Dan untuk lebih memperjelasnya :

  • Yohanes 14:16-17
16) Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,(17) yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Yesus berkata saat Ia pergi, Bapa akan mengirimkan penolong yang lain (yunani : Allos paracletos) yang berarti yang lain dari jenis yang sama, (stok, generasi). Kata "allos" atau "yang lain" digunakan sebanyak 34 kali dalam Injil Yohanes; setiap kali kata tersebut digunakan selalu digunakan untuk subyek-subyek pribadi untuk memperlihatkan perbedaan dan ketaksamaan. Sehingga Roh Kudus bukanlah sebuah objek, dan juga bukan malaikat ciptaan. Jika Yesus hanyalah manusia, maka Ia meminta manusia lain untuk dikirimkan dari surga. dengan kata lain, Roh Kudus memiliki natur yang sama dengan Yesus. Jika Roh Kudus adalah malaikat maka Yesus pasti seorang malaikat juga, yang kita tahu pasti bukan.

Matius 28:19 "...baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus" Kita tidak menerima baptisan didalam nama malaikat atau malaikat yang tinggal diam didalam kita.

Roh Kudus adalah Tuhan :

  • Kejadian 1:2
Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.

  • Kisah Para Rasul 5:3-4
(3) Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?(4) Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah."

  • 1 Korintus 2:11
Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah.

  • 1 Korintus 6:19
Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, --dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?

Berdiamnya Roh Kudus didalam diri anda membuat anda dan siapapun juga menjadi "bait Tuhan." "Sekarang Tuhan (YHWH adalah Tuhan Kejadian 1:2, Kisah Para Rasul 5) adalah Roh (Yesaya 11:2). Roh yang datang dari Tuhan (YHWH) (Roma 8:9-16)

Paulus pun menyebutnya Roh Tuhan kita ( 1 Korintus 6:11), Roh Yesus (Filipi 1:19). Sebagaimana juga Tuhan disebut "Roh-Nya" (Bilangan 11:29), "Roh Ku" (Kejadian 6:3), "Roh Tuhan yang Hidup" (2 Korintus 3:3). Dia disebut Roh Bapa dalam Matius 10:20, Ia disebut   Roh Tuhan ALLAH dalam Yesaya 61:1. Ia juga disebut Tuhan dalam  1 Korintus 3:16 yang berdiam didalam semua  diri orang percaya (1 Korintus 6:19). Karena Ia ada didalam diri kita, Kitab Suci menyetarakannya sebagai Tuhan didalam diri kita (Roma 8:9-11; Yohanes 14:23,15:4; 1 Yohanes 4:12-13,15 ; 1 Korintus 3:16). Paulus menyatakan kita adalah bait Tuhan karena Roh Kudus berdiam didalam kita, bukannya malaikat. Yang berarti Tuhan secara harafiah berdiam didalam  orang percaya sebagaimana yang telah Ia lakukan dalam bait dalam Perjanjian Lama. 1 Korintus 6:16 :"Apakah hubungan bait Allah dengan berhala? Karena kita adalah bait dari Allah yang hidup menurut firman Allah ini: "Aku akan diam bersama-sama dengan mereka dan hidup di tengah-tengah mereka, dan Aku akan menjadi Allah mereka, dan mereka akan menjadi umat-Ku." Jika Tuhan berkata Ia akan tinggal didalam kitadan itu adalah  Roh Kudus yang ada didalam kita: inilah yang membuat Roh Kudus adalah Tuhan.

Martin Simamora | letusreason.org

P O P U L A R - "Last 7 days"