- Argumen Keliru Anti Trinitarian #4
Trinatrian tak memiliki ide apa yang harus dilakukan dengan Yohanes 17:3. Mereka tidak dapat menjelaskan lebih lanjut ayat tersebut dan tidak memiliki ide apa sebenarnya yang dikemukakan oleh Yohanes 17:3. Mereka tidak pernah memberitahukan kepada kita apa yang diajarkan Yohanes 17:3 dan dengan segera menghindarinya dan melanjutkannya ke ayat selanjutnya.
Sebelumnya : Bagian 2
Sebelumnya : Bagian 2
Tuduhan yang keliru, karena kita telah secara jelas memperlihatkan apa yang dikatakan oleh ayat tersebut. Tetapi Saksi-Saksi Yehuwa sendiri harus mengambil ayat pendukung selain Yohanes 17:3 untuk menghindar dari kesimpulan logis bahwa jika Yesus bukan "Tuhan yang benar", Yesus pastilah "Tuhan yang palsu". Ketika Saksi-Saksi Yehuwa merujuk selain Yohanes 17:3 untuk membuktikan Yesus bukan "Tuhan yang salah" tetapi "Tuhan yang benar namun kedudukannya lebih rendah", demikian juga dengan kita akan merujuk selain Yohanes 17:3 untuk secara benar membuktikan bahwa Yesus adalah "Tuhan yang benar". Saksi-Saksi Yehuwa tidak dapat membuktikan bahwa Yesus adalah "tuhan yang benar namun dengan kedudukan yang lebih rendah" dengan Yohanes 17:3 saja. Setidaknya Trinitarian cukup jujur dengan pertama-tama mengakui hal ini kemudian kedua secara terbuka mengakuinya.
- Argumen Keliru Anti Trinitarian #5
Bapa disebut "Tuhan yang benar" dalam Yohanes 17:3. Yesus tidak pernah disebut "Tuhan yang benar" karena ia tuhan ciptaan dengan posisi yang lebih rendah daripada TUHAN (Yehovah). Faktanya bahwa Bapa adalah "Tuhan yang benar" tidak membuat Yesus sebagai Tuhan yang salah, lebih lagi dibandingkan dengan manna yang palsu sebab Yesus disebut juga "roti yang benar/sejati" dalam Yohanes 6:32. Bapa dan Anak keduanya adalah "TUHAN" sebagaimana Yesus dan manna keduanya adalah "roti". Tetapi yang satu adalah yang BENAR asli dan yang lainnya merupakan salinan/gambar/antitipe.
- Argumen Keliru Anti Trinitarian#5 telah terbantah
Saksi-Saksi Yehuwa berpendapat bahwa semenjak Bapa saja yang disebut "Tuhan yang benar" (Yohanes 17:3) namun Anak tidak pernah disebut "apapun yang lebih tinggi dari sekedar "Tuhan" (Yohanes 1:1; Yesaya 9:6), ini berarti bahwa Yesus adalah Tuhan yang lebih rendah daripada Bapa.
Pandangan SSY yang mengandung berbagai anomali tanpa makna dan membangun seluruh sistem teologinya berdasarkan anomali-anomali semacam ini. Sayangnya, logika semacam ini salah sama sekali sebagaimana yang akan kita perlihatkan : Semenjak Yesus disebut "Terang yang benar/sejati" (Yohanes 1:9; 8:12) dan Bapa tidak pernah disebut "apapun yang lebih tinggi" dari sekedar "Tuhan adalah terang" (1 Yohanes 1:5; Wahyu 22:5) ini pasti membuktikan , (menurut logika SSY) bahwa Terang Bapa lebih rendah daripada Anak.
Namun kita tahu bahwa SSY mengajarkan (bahkan pengajaran mereka keliru) secara tepat berlawanan dengan Ibrani 1:3 "Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah", dimana mereka berargumentasi bahwa Bapa adalah terang yang benar dan Yesus ( mahluk ciptaan) adalah tak lebih daripada sebuah refleksi yang tepat akan terang sejati Tuhan. JIKA penggunaan eksklusif istilah "BENAR" dalam Yohanes 17:3 adalah sebuah peta jalan untuk menentukan kedudukan antara Bapa dan Anak, maka hal yang sama juga diterapkan pada Yohanes 1:9 akan menentukan bahwa Bapa kedudukannya lebih rendah daripada Yesus dalam hal sebagai Terang.
Sehingga kita telah membuktikan bahwa Yesus dapat menjadi "Tuhan yang benar" walaupun ia tidak pernah disebut demikian.
Kesimpulannya, "Tuhan yang benar" dalam Yohanes 17:3 tidak membuat kedudukan Yesus lebih rendah, demikian juga dengan "Terang yang Benar" dalam Yohanes 1:9 dimana dikesankan Bapa lebih rendah kedudukanya.
- Argumen Keliru Anti Trinitarian #6
Kata MONOS (satu-satunya) pasti bersifat eksklusif dalam Yohanes 17:3. Logikanya jika Yohanes 17:3 mengecualikan Yesus dari keilahiannya, maka Yudas 4 mengecualikan Bapa sebagai Penguasa dan Tuhan, ini adalah pemikiran yang salah. Ini disebut : logika tidak dapat meniadakan arti dasar yang sederhana, makna kata MONOS yang selalu bersifat eksklusif. Ini karena Godship mencakup Lordship, tetapi Lordshp tidak harus mencakup Godship.
- Argumen Keliru Anti Trinitarian #6 Sudah Terbantah
Kami ingin anda memperhatikan pada kenyataan bahwa argumen semacam ini secara aktual akan takluk dengan sendirinya. SSY berargumen bahwa "MONOS" (hanya) pasti bersifat eksklusif dalam Yohanes 17:3, KEMUDIAN bertentangan dengan argumen mereka sendiri dan mengakui bahwa MONOS tidak bersifat eksklusif dalam Yudas 4.
SSY bahkan memberikan kita sebuah alasan MENGAPA "MONOS" TIDAK DAPAT MENJADI EKSKLUSIF" dalam Yudas 4 :"Ini karena Godship mencakup Lordship, tetapi Lordship tidak harus mencakup Godship." Tetapi alur alasan semacam ini runtuh sepenuhnya karena Bapa juga disebut "Juru Selamat Satu-Satunya" (Yesaya 43:11; 45:21; Hosea 13:4; Yudas 25) dan "Satu-Satunya Raja" (Zakaria 14:9).
Alasan SSY ini akan mengecualikan Yesus untuk menjadi Juru selamat dan Raja! Sehingga kembali kita mengafirmasi bahwa jika Yohanes 17:3 mengecualikan Yesus dari menjadi "Tuhan yang Benar", maka Yesus juga dikecualikan menjadi seorang Juru Selamat atau Raja dan Tuan.
Pada dasarnya tidak ada sama sekali cara bagi anti Trinitarian dapat meluputkan dirinya dari logika yang tidak dapat terbantahkan semacam ini, tak peduli seberapa hebat upaya mereka untuk melakukannya.
Yohanes 17:3 tidak mengecualikan Yesus dari Tuhan lagi, demikian juga dengan Yudas 4 tidak mengecualikan Bapa sebagai Tuan atau Yudas 25 mengecualikan Yesus sebagai Juru selamat. Sehingga ketika anti Trinitarian memutuskan "MONOS" (satu-satunya) adalah bersifat eksklusif dan ketika keputusan itu tidak didasarkan pada bias teologi mereka sendiri, tidak ada definisi kata atau aturan/ketentuan yang berasal dari bahasa Yunani!
Dokumentasi
Rangkuman :
Kualitas-Kualitas
yang dikatakan hanya dimiliki oleh Yehovah (Bapa) :
Apakah Yehovah (Bapa) saja disebut Pencipta sehingga Yesus dikecualikan
kedudukannya sebagai Tuhan?
TIDAK!
|
Menurut logika Saksi-Saksi Yehuwah, jika Yohanes 17:3
mengesampingkan Yesus sebagai yang disebut Tuhan yang benar, maka Yesaya
44:24 juga mengecualikan Yesus sebagai
yang disebut Pencipta (Padahal Yesus disebut Pencipta dalam Yohanes 1:1-3 dan
Kolose 1:16-17)
|
Apakah Yehovah satu-satunya Batu Karang sehingga Yesus
dikesamping sebagai yang disebut Batu
Karang?
TIDAK!
|
Menurut logika Saksi-Saksi Yehuwah, jika Yohanes 17:3
mengesampingkan Yesus dari yang disebut Tuhan yang benar, maka Yesaya 44:8;
Ulangan 32:4,12 ; Mazmur 62:2 mengesampingkan Yesus dari yang disebut Batu Karang. (Padahal Yesus disebut Batu
Karang dalam 1 Korintus 10:4)
|
Apakah Yehovah Satu-Satunya Juru Selamat sehingga Yesus
dikesampingkan sebagai yang disebut Juru Selamat?
TIDAK!
|
Menurut logika Saksi-Saksi Yehuwa, jika Yohanes 17 : 3
mengesampingkan Yesus dari yang disebut Tuhan yang benar, maka Yesaya
43:11;45:21; Hosea 13:4; Yudas 25 mengesampingkan Yesus dari yang disebut
Juru Selamat. (Padahal Yesus disebut Juru Selamat dalam Titus 2:13)
|
Apakah Yehovah satu-satunya Raja sehingga Yesus
dikesampingkan dari yang disebut Satu-satunya Raja?
TIDAK!
|
Menurut logika Saksi-Saksi Yehuwa, jika Yohanes 17:3
mengesampingkan Yesus dari yang disebut Tuhan yang benar, maka Zakaria 14:9
mengesampingkan Yesus dari yang disebut Raja (Padahal Yesus disebut Raja
dalam Yohanes 18:37 dan 1 Timotius 6:15)
|
Apakah Yehovah satu-satunya yang Kudus sehingga Yesus
dikesampingkan sebagai satu-satunya
yang Kudus?
TIDAK!
|
Menurut logika Saksi-Saksi Yehuwah, jika Yohanes 17:3
mengesampingkan Yesus sebagai yang disebut Tuhan yang benar, maka Wahyu 15:4
mengesampingkan Yesus dari yang disebut “Dia yang Kudus”. (Padahal Yesus
disebut “Dia yang Kudus” dalam Markus 1:24; Kisah Para Rasul 3:14; Yohanes
6:69)
|
Apakah Yehovah satu-satunya Dia yang Baik sehingga Yesus
dikesampingkan sebagai Dia yang Baik?
TIDAK! |
Menurut logika Saksi-Saksi Yehuwa, jika Yohanes 17:3
mengesampingkan Yesus dari yang disebut Tuhan yang benar, maka Markus 10:18
mengesampingkan Yesus dari yang disebut Baik (Padahal Yesus disebut yang Baik
dalam Matius 23:8 dan Yohanes 10:11
|
Kesimpulan
|
Apakah Yehovah satu-satunya Tuhan yang Benar sehingga hal
ini mengesampingkan Yesus sebagai Tuhan yang Benar? TIDAK!
|
Kualitas-Kualitas yang dikatakan hanya dimiliki oleh Yesus Kristus:
Apakah Yesus Satu-Satunya Penguasa sehingga mengesampingkan Yehovah juga sebagai
Satu-satunya Penguasa? TIDAK!
|
Menurut logika Saksi-Saksi Yehuwa, jika Yohanes 17:3
mengesampingkan Yesus dari yang disebut Tuhan yang benar, maka Yudas 4, Kisah
Para Rasul 4:24, 2 Petrus 2:1 mengesampingkan
Bapa (Yehovah) dari yang disebut Penguasa kita. (Padahal Bapa disebut
Penguasa kita dalam 2 Timotius 2:21, Nehemia 10:29, Mazmur 8:1, Yesaya 1:24)
|
Apakah Yesus Satu-Satunya Tuan sehingga mengesampingkan
Yehovah (Bapa) sebagai Satu-satunya Tuan? TIDAK!
|
Menurut logika Saksi-Saksi Yehuwa, jika Yohanes 17:3
mengesampingkan Yesus dari yang disebut Tuhan yang benar, maka Yudas 4,
Efesus 4:4, 1 Korintus 8:4,6, Matius 6:24 mengecualikan Bapa dari yang
disebut Tuan kita (Padahal Bapa disebut Tuan kita ratusan kali)
|
Apakah Yesus adalah Satu Satunya Guru sehingga
mengesampingkan Bapa sebagai Satu-Satunya Guru? TIDAK!
|
Menurut logika Saksi-Saksi Yehuwa, jika Yohanes 17:3
mengecualikan Yesus dari yang disebut Tuhan, maka Matius 23:8,10 dan Yohanes
13:13 mengecualikan Bapa dari yang disebut Guru kita . (padahal Bapa disebut
Guru kita dalam Mazmur 119:12 dan Yesaya 30:20)
|
Apakah Yesus adalah
Satu-satunya Gembala sehingga mengecualikan Bapa disebut Satu-satunya
Gembala? TIDAK!
|
Menurut logika Saksi-Saksi Yehuwah, jika Yohanes 17:3
mengecualikan Yesus dari yang disebut Tuhan yang benar, maka Yohanes 10:11,16
dan Yehezkiel 34:23 mengesampingkan Bapa dari yang disebut Gembala kita.
(Padahal Bapa disebut Gembala kita dalam Yesaya 40:11; Mazmur 23:1; 80:1)
|
Apakah Yesus adalah Satu-satunya yang Berdaulat sehingga
Bapa tidak disebut Satu-Satunya yang Berdaulat? TIDAK!
|
Menurut logika Saksi-Saksi Yehuwa, jika Yohanes 17:3
mengesampingkan Yesus dari yang disebut Tuhan yang benar, maka 1 Timotius
6:15-16 mengecualikan Bapa dari yang disebut Berdaulat. (Padahal Bapa disebut
Berdaulat atas kita dalam 1 Korintus
15:27)
|
Apakah Yesus adalah Satu-Satunya yang ABADI sehingga
mengecualikan Bapa sebagai
Satu-satunya yang ABADI?TIDAK!
|
Menurut logika Saksi-Saksi Yehuwa, jika Yohanes 17:3
mengesampingkan Yesus adalah Tuhan Yang benar, maka 1 Timotius 6:15-16
mengecualikan Bapa dari Yang Abadi. (Padahal Bapa juga disebut Abadi/Kekal)
|
Kesimpulan :
|
Apakah Bapa adalah Satu-satunya Tuhan yang Benar sehingga
Yesus tidak disebut Satu-Satunya Tuhan yang Benar? TIDAK!
|
Dokumentasi
yang terinci :
Kualitas-Kualitas yang
dikatakan hanya dimiliki Bapa :
DIA Satu-satunya Pencipta
|
|
Bapa (Yehovah)dikatakan
menjadi DIA Satu-Satunya Pencipta
|
Yesaya 44:24 Beginilah kata TUHAN Penyelamatmu yang
membentuk engkau sejak dalam kandungan, "Akulah TUHAN yang menjadikan
segala-galanya, yang sendirian membentangkan langit, dan tanpa bantuan
menjadikan bumi.
|
Namun demikian bahasa dalam Yesaya 44:24 tidak
mengesampingkan Yesus Kristus dari yang menjadi Pencipta segala sesuatu
|
Yohanes 1:1-3 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu
bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya
bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia
tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.
|
Kesimpulan :
|
|
No comments:
Post a Comment