0 Jangan Berpaling Dari Kristus Menuju Perbudakan : Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu Adalah Iblis!

No weapon that is formed against thee shall prosper
- Isaiah 54:17
No weapon formed against us in
Christ shall prosper.
God over devil, Good over evil.


Design: Christian Chen
[Galatia 4:1-11](1) Yang dimaksud ialah: selama seorang ahli waris belum akil balig, sedikitpun ia tidak berbeda dengan seorang hamba, sungguhpun ia adalah tuan dari segala sesuatu;(2) tetapi ia berada di bawah perwalian dan pengawasan sampai pada saat yang telah ditentukan oleh bapanya.(3) Demikian pula kita: selama kita belum akil balig, kita takluk juga kepada roh-roh dunia.(4) Tetapi setelah genap waktunya, maka Allah mengutus Anak-Nya, yang lahir dari seorang perempuan dan takluk kepada hukum Taurat.(5) Ia diutus untuk menebus mereka, yang takluk kepada hukum Taurat, supaya kita diterima menjadi anak.(6) Dan karena kamu adalah anak, maka Allah telah menyuruh Roh Anak-Nya ke dalam hati kita, yang berseru: "ya Abba, ya Bapa!"(7) Jadi kamu bukan lagi hamba, melainkan anak; jikalau kamu anak, maka kamu juga adalah ahli-ahli waris, oleh Allah.(8) Dahulu, ketika kamu tidak mengenal Allah, kamu memperhambakan diri kepada allah-allah yang pada hakekatnya bukan Allah.(9) Tetapi sekarang sesudah kamu mengenal Allah, atau lebih baik, sesudah kamu dikenal Allah, bagaimanakah kamu berbalik lagi kepada roh-roh dunia yang lemah dan miskin dan mau mulai memperhambakan diri lagi kepadanya?(10) Kamu dengan teliti memelihara hari-hari tertentu, bulan-bulan, masa-masa yang tetap dan tahun-tahun.(11) Aku kuatir kalau-kalau susah payahku untuk kamu telah sia-sia.


Kini saya ingin membicarakan sebuah cara tipikal yang digunakan setan-setan untuk bekerja didalam agama-agama kontemporer, termasuk dalam gereja yang terlihat. Saya pikir anda akan menemukannya dalam metode utama yang mereka gunakan cukup kuat untuk bertahan. Mereka kerap menghindari penampilan yang nyata dalam wujud setan, karena jika tidak demikian maka cara kerja mereka akan terungkap tanpa  ampun, bahwa mereka sebenarnya  setan-setan penghancur kehidupan. Oleh sebab itu, cara kerja yang ditempuh setan-setan didalam gereja sungguh luar biasa memperdayai.

Cara Kerja Setan-Setan
Tentu saja,  dewasa ini tidak banyak orang yang percaya bahwa ada hal-hal seperti setan-setan--roh-roh jahat yang melawan Tuhan, dan membutakan pikiran-pikiran orang-orang tak percaya, dan memperdayai sebaik mungkin, jika mungkin, bahkan terhadap orang yang dipilih. Ada sebuah perbedaan antara Voodoo  dengan dokter-dokter, ilmu hitam, ramalan, dan eksorsime disisi lain, dan teknologi ruang angkasa, operasi mikro, pengolah kata, psikoterapi, dilain pihak, emansipasi,pencerahan, teknologi barat sulit memercayai keberadaan setan-setan. Sekalipun Yesus Kristus sudah menaklukan setan-setan dengan kematiannya yang serius, kita melihat adalah hal yang sulit untuk mengangkat setan-setan sebagai hal serius oleh karena dalam budaya kita, tidak banyak dijumpai jenis-jenis manifestasi supernatural yang dapat dikaitkan dengan setan-setan.

Tetapi bila kita menolak realitas mereka, kita menolak nasihat Yesus dan semua  rasul-rasulnya. "Tetapi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu" (Lukas 11:20). Paulus berkata,"karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara"(Efesus 6:12).

Petrus berkata, "Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya" (1 Petrus 5:8). Yakobus berkata,"Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu!"(Yakobus 4:7). Yohanes berkata,"dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia"( 1 Yohanes 4:3).

Apa yang harus kita sadari adalah, bahwa sudah dinyatakan dalam  abad pertama era pra sain oleh rasul Paulus, dalam inspirasi ilahi, menyingkapkan sebuah skema demonik yang tipikal yang cukup lazim dalam masyarakat barat abad 20 dan  sama merusaknya dengan voodoo atau sihir atau ramalan. Skema itu ; bersih,  bernilai moral, religius dan membawa ke neraka. Paulus membentangkannya bagi kita dalam Galatia 4:1-11.

John Piper, Don't Go Back from Sonship to Slavery|Martin Simamora

P O P U L A R - "Last 7 days"