GEREJA
KRISTEN INJILI NUSANTARA (GKIN)
”R E V I V A L”
”R E V I V A L”
Kebaktian
Minggu : Jam 09.00 di Hotel Sylvia Lt.4; Pemahaman Alkitab : Rabu, Jam 17.00 di
Hotel Dewata
Khotbah Minggu, 13 Mei
2012
Serial Khotbah 7
Jemaat (Part 2)
By.
Pdt. Esra Alfred Soru, STh, MPdK
Wah 2:8-11 – (8) "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Smirna: Inilah firman dari Yang Awal danYang Akhir, yang telah mati dan hidup kembali: (9) Aku tahu kesusahanmu dan kemiskinanmu -- namunengkau kaya -- dan fitnah mereka, yang menyebut dirinya orang Yahudi, tetapi yang sebenarnya tidakdemikian: sebaliknya mereka adalah jemaah Iblis. (10) Jangan takut terhadap apa yang harus engkau derita! Sesungguhnya Iblis akan melemparkan beberapa orang dari antaramu ke dalam penjara supayakamu dicobai dan kamu akan beroleh kesusahan selama sepuluh hari. Hendaklah engkau setia sampaimati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan. (11) Siapa bertelinga, hendaklah iamendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, ia tidak akanmenderita apa-apa oleh kematian yang kedua."
Dalam
bagian pertama kita sudah belajar dari jemaat Efesus, suatu jemaat yang sangat
bagus tetapi mereka dicela karena kehilangan kasih yang semula, baik kepada
Tuhan maupun kepada sesama.Pada bagian ini kita akan membahas tentang jemaat di
Smirna. Saya akan bahas bagian ini dalambeberapa point penting :
I. KOTA
DAN JEMAAT SMIRNA.
Sebagaimana sudah saya sebutkan pada bagian pertama bahwa
7 jemaat yang disebutkan dalam kitab Wahyu ini adalah 7 jemaat yang terletak di
wilayah Asia Kecil (Turkey sekarang), maka tentu Smirna juga adalah sebuah
tempat di negara Turkey. (Smirna terletak sekitar 50 km di sebelah utara
Efesus).
Hanya saja namanya sekarang bukan lagi Smirna tetapi Izmir. Dan dengan demikian
Smirna adalah satu-satunya kota
yang disebutkan dalam 7 jemaat di kitab Wahyu yang masih ada sampai sekarang.
Kota Smirna ini dibangun sekitar tahun 1000 SM (sezaman
dengan raja Daud) oleh orang-orang Yunani karena kota ini termasuk dalam jajahan bangsa Yunani.
Tetapi sekitar tahun 600 SM, kota
ini diserang dan dihancurkan oleh orang-orang Lidia sehingga 400 tahun setelah itu kota
ini hilang dan hanya menjadi beberapa desa kecil saja. Tetapi kemudian kota ini dibangun kembali
oleh seorang jenderal Yunani bernama Lysimachus pada zaman pasca Alexander
Agung.
Sebagaimana kita tahu bahwa Yunani adalah bangsa yang
sangat maju dalam banyak bidang termasuk bidang arsitektur (ingat khotbah Israel part 25) maka kota Smirna dibangun dengan sangat
memperhatikan keindahan dengan nilai arsitektur yang sangat tinggi.
William Barclay –
“…kota ini adalah satu dari sangat sedikit kota di dunia yang
dibangun dengan perencanaan matang. (Pemahaman Alkitab Setiap Hari : Wahyu
1-5, hal. 109).
Akibatnya adalah Smirna menjelma menjadi kota
yang paling indah di seluruh Asia pada masa
itu melampaui Efesus. Dalam hal besarnya kota,
Efesuslah yang terbesar. Tapi dalam soal keindahan,Smirna adalah kota yang paling indah.
Untuk mendapatkan gambaran tentang keindahan kota ini, perhatikan informasi-informasi
berikut ini :
William Barclay -
Dari semua kota di Asia,
Smirna yang terindah. Orang menamakannya perhiasan Asia, mahkota Asia dan bunga
Asia. Lucian mengatakan bahwa Smirna adalah "yang
tercantik dari semua kota di Ionia". Aristides, yang memuji Smirna setinggi
langit, dengan mengatakan"Keanggunan yang menjangkau setiap bagian
seperti pelangi...kecerahan yang menembus setiap bagian, dan menjangkau sampai
ke sorga, seperti kilau pedang perunggu dalam karya Homerus".
Masih ada tambahan untuk kecantikan Smirna, yaitu angin
Barat, angin sepoi-sepoi yang lembut terus menerus berhembus ke jalan-jalannya.
Angin itu bertiup ke setiap bagian kota
itu, dan menjadikannya segar seperti sekumpulan pohon rimbun. (Pemahaman
Alkitab Setiap Hari : Wahyu 1-5, hal. 107-108).
William Barclay - Tata letak kota juga sama indahnya. Diawali di pelabuhan; melintang pada kaki-kaki bukit yang sempit; dan kemudian di belakang kota ada Pagos, sebuah bukit yang dipenuhi dengan kuil dan gedung besar bergaya bangsawan yang dijuluki "Mahkota Smirna”. Turis modern menggambarkan kota itu sebagai "kota permaisuri yang bermahkotakan gedung-gedung tinggi".
Aristides menggambarkan Smirna sebagai sebuah patung yang
sangat besar dengan kedua kakinya di laut; bagian tengahnya di dataran dan di
kaki-kaki bukit; dan kepalanya yang bermahkota gedung-gedung besar ada di
belakangnya, di Pagos. Ia menamakannya "bunga keindahan yang sebelum
ini tidak pernah diperlihatkan bumi dan matahari kepada umat manusia".
(Pemahaman Alkitab Setiap Hari : Wahyu 1-5, hal.
108-109).
William Barclay - Kota itu dibangun dengan
jalan-jalan besar, lurus dan lebar. Strabo menceritakan kerapihan jalan-jalan
itu, kesempurnaan trotoarnya yang dibuat dengan batu-batu besar berbentuk
persegi panjang. Yang terkenal dari semua jalan ialah Jalan Emas yang
yang dimulai dari Kuil Zeus dan berakhir di Kuil Cybele. Jalan itu saling
bersilang di seberang kaki-kaki bukit Pagos; dan jika gedung-gedung yang
mengelilingi Pagos adalah Mahkota Smirna, maka Jalan Emas adalah kalung yang melingkari bukit (PEMAHAMAN ALKITAB SETIAPHARI :
Wahyu 1-5, hal. 109).
Dan keindahan Smirna itu masih bertahan sampai hari ini
dalam wujud Izmir
modern.
Karena Smirna adalah sebuah kota
Yunani dan kita tahu bahwa bangsa Yunani adalah bangsa kafir dan politeis, maka
di kota Smirna
ini juga dibangun banyak kuil dan patung dewa-dewa Yunani di antaranya adalah :
Dewa Zeus (dewa Kepala).
Dewi Cybele (Dewi kesuburan).
Dewa Apollo (Dewa musik dan penyair).
Letak Smirna di pinggiran laut juga mendatangkan keuntungan tersendiri. Smirna menjelma menjadi kota pelabuhan dan perdagangan yang maju pada masa itu yang turut menjadikannya menjadi kotayang mewah dan kaya.
Apollonius –
Smirna…adalah kota
terindah di bawah matahari dan menjadikan laut milik
kepunyannya dan mempunyai angin sepoi-sepoi yang berhembus tiada henti….”
Kota Smirna juga pada masa itu sudah memiliki stadion olahraga untuk semua perlombaan olahraga setiap tahun, ada perpustakaan besar, dan juga gedung pertunjukkan musik dan teater terbesar di Asia yang dikenal dengan nama “Odeion”.
Hal lain yang bisa dicatat tentang Smirna adalah bahwa kota ini mempunyai
hubungan khusus dengan Romawi. Jauh sebelum Romawi menjadi penguasa dunia,
Smirna telah menunjukkan kesetiaannya terhadap Romawi dengan pernah membantu
para tentara Romawi dengan makanan dan pakaian pada saat mereka kalah dalam
peperangan melawan Mithradates di Timur Jauh.
Sampai-sampai Cicero berkata tentang Smirna : “Smirna adalah sekutu kita yang paling setia dan paling lama”. Sebagai wujud penghormatannya kepada Romawi, pada tahun 195 SM Smirna membangun kuil Dewi Roma.
Sampai-sampai Cicero berkata tentang Smirna : “Smirna adalah sekutu kita yang paling setia dan paling lama”. Sebagai wujud penghormatannya kepada Romawi, pada tahun 195 SM Smirna membangun kuil Dewi Roma.
Pada tahun 26 M, pemerintah Romawi hendak membangun kuil
Kaisar Tiberius yang didewakan. Pada saat itu banyak kota
di Asia termasuk Efesus yang mengajukan
permohonan untuk menjadi tempat dibangunnya kuil Kaisar Tiberius itu tapi
Smirnalah yang dipilih oleh Romawi sebagai penghargaan atas kesetiaan mereka.
Dengan demikian berdirilah kuil Kaisar Tiberius di kota Smirna.
Homer Hailey:
Smirna menyekutukan dirinya dengan Roma pada masa yang sangat awal dari
penaklukan Romawi, dan akibatnya ia menikmati kemakmuran yang hampir tak ada
putusnya. Sebagai pernyataan dari kesetiaannya kepada Roma, kota ini mendirikan kuil bagi Roma, dewi Romawi,
pada tahun 195 S.M.; dan di bawah pemerintahan Tiberius (14-37 M.) Smirna
dipilih sebagai tempat untuk kuil bagi Tiberius(Revelation, an
Introduction and Commentary, hal. 125).
Di kota Smirna ini juga
terdapat begitu banyak orang Yahudi yang tinggal di sana. Dan mereka mempunyai kedudukan tinggi
dan berpengaruh dalam kota
tersebut. Ini disebabkan karena pada saat Smirna sementara membangun dan
mempercantik kota
mereka, orang Yahudi menyumbang uang sebesar 10.000 dinar. Karena itu juga
orang Yahudi memperoleh kebebasan beribadah dengan mendirikan sinagoge mereka
di mana-mana. Steve Gregg - Smirna mempunyai penduduk Yahudi terbesar
dari semua kota-kota Asia. (Revelation:
Four Views : A Parallel Commentary, hal. 67)
Dengan demikian Smirna menjadi sebuah kota yang sangat pluralis dalam urusan agama.
Mengapa? Karena sebagaimana sudah saya jelaskan tadi bahwa di kota ini ada
kuil-kuil dan patung-patung Dewa Yunani, ada kuil Dewi Roma, ada kuil Kaisar
Tiberius yang dianggap dewa dan ada juga Sinagoge orang Yahudi.
Demikianlah sekilas tentang kota Smirna. Dan di tengah-tengah kota Smirna yang indah, kaya, maju dan kafir, politeis dan pluralis inilah berdiri juga sebuah gereja Kristen yang kecil.
Lalu bagaimana asal-usul gereja Kristen ini? Kapan gereja
Smirna berdiri dan siapa yang mendirikannya? Tidak ada kejelasan! Diduga bahwa
Pauluslah yang mendirikannya sesuai keterangandalam Kis 19:10 di mana Paulus
memberitakan Injil di seluruh Asia.
Kis 19:10 - Hal ini dilakukannya dua tahun lamanya, sehingga semua penduduk Asia mendengar firman Tuhan, baik orang Yahudi maupun orang Yunani.
John Stott - Kita
tidak tahu kapan gereja Smirna didirikan. Gereja Smirna tidak disebutkan baik dalam
Kisah Rasul maupun dalam surat-surat Perjanjian Baru, sekalipun tradisi yang
mula-mula menyatakan bahwa rasul Paulus mengunjungi kota ini dalam
perjalanannya ke Efesus pada permulaan dari perjalanan misionarisnya yang
ketiga. (What Christ Thinks of the Church, hal. 36).
Jakob P.D. Groen –
Kita tidak mempunyai pengetahuan mengenai pertumbuhan jemaat Kristen di Smirna.
Selama dua tahun Rasul Paulus bekerja di Efesus, dan karena letak Smirna tidak
jauh dari Efesus, kita dapat menyimpulkan bahwa pada saat itulah kira-kira
Injil Yesus Kristus sampai di Smirna. (Aku Datang Segera – Tafsiran Kitab
Wahyu, hal. 43).
II. PENDERITAAN JEMAAT SMIRNA.
Dalam teks yang kita baca ini kita dapat melihat bahwa
jemaat Smirna sementara berada dalam sebuah penderitaan yang besar.
Wah 2:9-10 – (9) Aku tahu kesusahanmu … (10) Jangan takut terhadap apa yang harus engkau derita!...”
Kata “kesusahan” di dalam ayat ini menggunakan kata
Yunani “THLIPSIS” dan kata ini tidak menunjuk pada kesusahan yang biasa /
ringan seperti kesusahan karena tidak mempunyai uang, kesusahan karena
ditinggal pacar, dsb.
Bandingkan penggunaan kata “THLIPSIS” ini dalam ayat-ayat
yang lain :
Rom 12:12 - “Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah
dalam kesesakan (THLIPSIS), dan
bertekunlah dalam doa”.
2 Tes 1:4 – sehingga dalam jemaat-jemaat Allah kami
sendiri bermegah tentang kamu karena ketabahanmu dan imanmu dalam segala penganiayaan
dan penindasan (THLIPSIS) yang kamu derita
Homer Hailey – Kesengsaraan / kesusahan (thlipsis) berarti ‘penekanan (seperti terhadap anggur), pemerasan atau penjepitan’ (ISBE), jadi penghancuran seperti pada anggur atau penggilingan seperti pada gandum. (Revelation, an Introduction and Commentary, hal. 104).
William Barclay – “Thlipsis” aslinya berarti ambruk di bawah tekanan suatu beban. Inilah tekanandari peristiwa yang dipikul jemaat Smirna. (Pemahaman Alkitab Setiap Hari : Wahyu 1-5, hal. 115).
Agnes Maria Layantara –
Kesusahan dalam bahasa aslinya berarti batu kisaran besar yang menggiling
gandum. Inilah gambaran kesusahan jemaat Smirna. Kesusahan mereka bagaikan biji
gandum yang ditindas oleh batu kisaran yang sangat besar. (Wahyu Tuhan
Bagi Gereja-Nya, hal. 26).
Dari sini kita bisa mengetahui bahwa jemaat di Smirna
sementara menghadapi kesusahan, kesengsaraan, kesesakan dan penindasan. Lalu penderitaan
/ kesengsaraan macam apakah yang mereka alami?
a. Mereka dianiaya pihak Romawi.
Tadi sudah saya jelaskan bahwa Smirna mempunyai hubungan
yang sangat bagus dengan pihak Romawi dan karena itu maka di Smirna dibangunlah
kuil Kaisar Tiberius yang dianggap sebagai dewa. Setelah itu dikeluarkanlah
peraturan di Smirna bahwa setiap orang yang tinggal di Smirna harus mengakui
Tiberius sebagai Tuhan. Jikalau mereka sudah mengakui Tiberius sebagai Tuhan maka
setahun sekali mereka harus mempersembahkan korban / persembahan di altar kuil
Tiberiussambil berkata : “Kaisar itu Tuhan” dan setelah itu
masing-masing boleh kembali bebas memeluk agamanya masing-masing. Di sinilah
letak persoalannya. Orang-orang dari agama lain seperti agama-agama Yunani, bersedia melakukan hal itu sedangkan
orang Kristen sama sekali tidak mau melakukan hal itu karena bagi mereka Yesus
Kristus adalah satu-satunya Tuhan.
Sudah bisa ditebak apa yang terjadi atas mereka. Penganiayaan besar-besaran! Pemerintah Romawi kadang-kadang menyerang pemukiman Kristen, membakar habis rumah mereka, menawan, melucuti danmemukuli mereka dan ada banyak di antara orang Kristen yang dibunuh dengan pedang. Lebih sadis lagi ada di antara mereka yang diadu dengan binatang buas.
Sudah bisa ditebak apa yang terjadi atas mereka. Penganiayaan besar-besaran! Pemerintah Romawi kadang-kadang menyerang pemukiman Kristen, membakar habis rumah mereka, menawan, melucuti danmemukuli mereka dan ada banyak di antara orang Kristen yang dibunuh dengan pedang. Lebih sadis lagi ada di antara mereka yang diadu dengan binatang buas.
Agnes Maria Layantara –
Begitu mereka tidak mau mengakui bahwa kaisar itu Tuhan, mereka akan dianiaya.
Mereka akan mendapat hukuman diterkam binatang buas. Orang-orang Roma
haus darah. Mereka sering mengadu manusia dengan manusia. Jika salah satu dari
mereka belum mati,pertandingan belum selesai. Penduduk Roma begitu senang
melihat pertandingan yang penuh dengan darah. Kaisar memanfaatkan peristiwa ini
untuk menarik perhatian orang-orang Roma.
Orang Kristen yang tidak mau menyangkal diperhadapkan
dengan binatang buas, singa atau harimau. Mereka melihatnya sebagai pertunjukan
yang menarik. Orang Kristen yang tidak mau menyangkal, dagingnya
tercabik-cabik. Belas kasihan tidak ada dalam hati mereka….Ketika surat untuk
jemaat Smirna ditulis, setidaknya sudah ada 11 hamba Tuhan diserahkan kepada
binatang buas karena mereka mempertahankan iman. Di antara 11 bishop hanya ada
satu yang menyangkal. (Wahyu Tuhan Bagi Gereja-Nya, hal. 26-27). Dan
masih banyak aniaya lainnya yang tidak bisa disebutkan secara detail di sini.
b. Mereka sangat miskin..
Wah 2:9 – Aku tahu kesusahanmu dan kemiskinanmu ….”
Jadi jemaat Smirna adalah jemaat yang miskin, bukan hanya gereja mereka tetapi
kelihatannya semua anggota jemaat berada dalam kemiskinan. Kondisi ini jelas
sangat kontras dengan keadaan kota Smirna yang sangat indah bahkan paling indah di seluruh
wilayah Asia dan juga mewah (sebagaimana yang
sudah dijelaskan pada bagian pertama) dan jelas masyarakat Smirna rata-rata adalah
orang kaya.
Bayangkanlah bahwa jemaat Smirna miskin di antara orang-orang kaya atau miskin di dalam kota yang kaya. Sekalipun miskin di tengah-tengah masyarakat yang miskin juga merupakan hal yang tidak enak, tetapi itu tidak sejelek kalau kita mengalami kemiskinan di kota yang kaya seperti Smirna.
Bayangkanlah bahwa jemaat Smirna miskin di antara orang-orang kaya atau miskin di dalam kota yang kaya. Sekalipun miskin di tengah-tengah masyarakat yang miskin juga merupakan hal yang tidak enak, tetapi itu tidak sejelek kalau kita mengalami kemiskinan di kota yang kaya seperti Smirna.
Pulpit Commentary -
Dalam kota-kota kaya seperti Smirna,... kemiskinan bukan sekedar menjijikkan
tetapi bahkan dianggap buruk / memalukan.
Lebih dari itu kemiskinan mereka bukanlah kemiskinan yang
biasa. Di dalam bahasa Yunani ada 2 kata yang sama-sama berarti “miskin” tetapi
ada perbedaan. Yang pertama adalah PENTICHROS yang berarti miskin tetapi masih
mempunyai apa-apa. Kedua adalah PTOKOS yang berarti miskin yang tidak mempunyai
apa-apa lagi. Bandingkan :
Luk 21:1-3 – (1) Ketika Yesus mengangkat muka-Nya, Ia melihat orang-orang kaya memasukkan persembahan mereka ke dalam peti persembahan. (2) Ia melihat juga seorang janda miskin (PENTICHROS) memasukkan dua peser ke dalam peti itu. (3) Lalu Ia berkata: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin (PTOCHOS) ini memberi lebih banyak dari pada semua orang itu. Perhatikan bahwa kata ‘miskin’ dalam ayat 2 memakai ada kata PENTICHROS tetapi dalam ayat 3 digunakan PTOCHOS. Mengapa berbeda? Karena dalam ayat 2 sekalipun ia miskin, ia masih mempunyai uang sedikit, jadi digunakan kata PENTICHROS. Tetapi setelah uangnya dipersembahkan semua, ia tidak mempunyai apa-apa lagi, sehingga dalam ayat 3 digunakan kata PTOCHOS. Nah, di dalam Wah 2:9 ini, kata “miskin” di sana tidak menggunakan kata
Ini berarti bahwa jemaat di Smirna bukan hanya miskin
tetapi mereka sangat miskin sampai tidak mempunyai apa-pa lagi. Bandingkan dengan 2
terjemahan berikut ini :
TL - Aku tahu kesusahanmu dan kepapaanmu….
Alkitab Bahasa Jawa – Aku ngerti kasusahanmu. Kowé mlarat,…
Lalu apa yang menyebabkan jemaat ini miskin / melarat?
Mereka selalu bekerja dengan jujur tanpa kompromi dengan dosa.
John Stott –
“…dalam keputusan mereka untuk berjalan lurus dalam bisnis, mereka meninggalkan cara-cara yang curang dan dengan demikian
kehilangan sebagian dari keuntungan yang mudah, dan keuntungan yang mudah itu lalu
pergi / pindah kepada orang lainyang tidak terlalu cermat seperti mereka. Atau,
tak diragukan lagi bahwa banyak orang Yahudi dan kafir yang tidak mau berdagang
dengan mereka pada waktu mengetahui bahwa merekaadalah orang Kristen. . (What
Christ Thinks of the Church, hal. 38).
Bandingkan sikap mereka dengan kebanyakan pengusaha
Kristen yang banyak kompromi dengan dosa agar tidak kehilangan pelanggan.
Mereka dihambat dalam
pekerjaan mereka bahkan ada yang dipecat karena iman Kristiani mereka.
William Hendriksen -
Orang-orang ini sering dikeluarkan dari pekerjaan sebagai akibat dari pertobatan
mereka. (The Book of Revelation, hal. 64)
Anonim – “…setiap
orang yang menjadi pengikut Kristus, pada zaman itu, mendapat perlakuan yang tidak adil dan di kucilkan. Pada masa itu
dunia perdagangan dikuasai oleh suatu organisasi "Serikat -Perdagangan"
(union). Jadi apabila mereka menjadi orang Kristen maka usaha mereka akan
diboikot oleh Serikat, dan akhirnya usaha mereka tidak berjalan baik. Apabila
mereka mempunyai pabrik, maka pegawai mereka meskipun yang bukan tergolong orang
Kristen akan di kucilkan.
Dengan kata lain, mendapat perlakuan yang sama seperti orang Kristen. Apabila anak mereka sekolah, maka anak mereka tidak mendapat fasilitas yang sama.Apabila mereka ke super market, maka mereka tidak mendapat pelayanan yang sama. Apabila mereka ke Rumah Sakit, mereka tidak akan dilayani. (www.ipcchurch.org.au).
Dengan kata lain, mendapat perlakuan yang sama seperti orang Kristen. Apabila anak mereka sekolah, maka anak mereka tidak mendapat fasilitas yang sama.Apabila mereka ke super market, maka mereka tidak mendapat pelayanan yang sama. Apabila mereka ke Rumah Sakit, mereka tidak akan dilayani. (www.ipcchurch.org.au).
Rumah dan harta benda mereka
dibakar orang-orang Romawi.
William Barclay – Ada faktor lain yang
membuat mereka miskin. Kadang kala mereka menderita karena harta mereka dihancurkan. Gerombolan
orang kafir kadang-kadang menyerang orang Kristen dengan tiba-tiba dan rumah mereka
dihancurkan. Hidup tidaklahmudah bagi orang Kristen di Smirna atau di mana pun
pada zaman itu. (Pemahaman AlkitabSetiap Hari : Wahyu 1-5, hal.
116).
Inilah yang membuat jemaat di Smirna hidup dalam
kemiskinan yang sangat hebat.
c. Mereka difitnah.
Wah 2:9 - Aku tahu kesusahanmu dan kemiskinanmu -- namun
engkau kaya -- dan fitnah mereka, yang
menyebut dirinya orang Yahudi, tetapi yang sebenarnya tidak demikian:
sebaliknya mereka adalah jemaah Iblis.
Hal lain yang membuat jemaat di Smirna menderita adalah
karena mereka difitnah orang Yahudi.
Sebagaimana saya jelaskan pada bagian
pertama bahwa di Smirna ada cukup banyak orang Yahudi dan rata-rata mereka
hidup secara mapan dan bahkan mempunyai kedudukan yang terhormat dalam
masyarakat. Mereka memanfaatkan kedudukan mereka ini untuk menjilat kepada pemerintah
Romawi tetapi sekaligus menyusahkan orang-orang Kristen. Lalu dalam hal apa mereka
memfitnah orang Kristen? Barclay mencatat 6 fitnahan mereka:
- Karena dalam
Perjamuan Kudus yang dilakukan oleh orang Kristen ada kata-kata “Inilah
tubuh-Ku, makanlah!” dan “Inilah darah-Ku, minumlah?” maka
mereka menyebarkan fitnahan bahwa orang Kristen adalah kanibal (suka makan
daging manusia). Sejumlah kasus anak-anak yang hilang dituduhkan
pada orang Kristen bahwa mereka telah dimakan oleh orang Kristen.
- Orang Kristen
juga mempunyai Perjamuan Kasih yang disebut Perjamuan Agape. Orang Yahudi
lalu menyebar fitnah bahwa orang Kristen biasa mengadakan pesta seks di
gereja mereka.
- Orang Kristen
difitnah sebagai penghancur keluarga-keluarga karena seringkali banyak keluarga
yang bentrok sebagai akibat dari salah satu anggota keluarga mereka
menjadi Kristen.
- Karena orang
Kristen menolak semua patung yang ada di Smirna sebagai Allah, maka
mereka difitnah sebagai orang-orang ateis (tidak percaya adanya dewa-dewa).
- Karena orang
Kristen tidak bersedia menyebut kaisar sebagai Tuhan maka fitnah
disebar tentang mereka bahwa mereka tidak setiap secara politik kepada
pemerintah Romawi.
- Karena dari
Gereja Kristen pernah dikhotbahkan tentang akhir zaman bahwa dunia ini
akan berakhir, maka orang Yahudi menyebar fitnah bahwa orang-orang Kristen
adalah penghasut rakyat.
Akibat dari firnah orang-orang Yahudi ini maka
penderitaan dan aniaya terhadap jemaat Smirna semakin bertambah. Terhadap orang
Yahudi yang memfitnah orang Kristen ini, Yesus menyebut mereka sebagai “Jemaat
Iblis”.
Wah 2:9 - Aku tahu kesusahanmu dan kemiskinanmu -- namun engkau kaya -- dan fitnah mereka, yang menyebut dirinya orang Yahudi, tetapi yang sebenarnya tidak demikian: sebaliknya mereka adalah jemaah Iblis.
KJV - I know thy works, and tribulation, and poverty, (but thou art rich) and I know theblasphemy of them which say they are Jews, and are not, but are the synagogue of Satan.
Orang Yahudi biasa menyebut diri mereka sebagai “Jemaat Tuhan” tetapi di sini Tuhan sendiri menyebut mereka sebagai “Jemaat Iblis”.
Leon Morris -
Istilah / ungkapan yang tidak lazim ini berarti bahwa perkumpulan / persekutuan
kebaktian mereka tidak mengumpulkan umat Allah tetapi umat Setan (Tyndale
BibleCommentary : Revelation, hal. 64).
Ini harus membuat kita berhati-hati! Tidak semua
perkumpulan / ibadah adalah jemaat Tuhan. Bisa jadi itu adalah jemaat iblis.
Thomas Becon -
Karena biasanya, dimana pun Allah membangun sebuah gereja, setan akan membangun
tempat ibadah di dekatnya. (‘The Encyclopedia of Religious Quotations’,
hal. 118).
Budi Asali - Jaman
sekarang pun tidak kurang gereja sesat yang setiap kebaktian bukannya mengumpulkan
umat Allah tetapi umat setan. Karena itu jangan asal berbakti di gereja yang terdekat
dengan rumah saudara. Juga jangan mempunyai motto ‘sekali gereja ini tetap
gereja ini’.
Kalau gereja itu sesat, motto itu akan membawa saudara ke
neraka. Carilah gereja yang benar, dan maulah berbakti di sana sekalipun letaknya jauh dari rumah
saudara!
Demikianlah penderitaan yang dialami oleh jemaat Smirna. Satu
hal yang perlu diketahui lagi adalah bahwa penderitaan jemaat Smirna ini
kelihatannya berlangsung dalam waktu yang panjang. Dari mana kita mengetahui
hal ini?
Wah 2:10 – “…Sesungguhnya Iblis akan melemparkan beberapa orang dari antaramu ke dalam penjara supaya kamu dicobai dan kamu akan beroleh kesusahan selama sepuluh hari….”
Kalau tadi dalam ayat 9 membicarakan penderitaan yang
sudah dialami jemaat Smirna, maka ayat 10 ini berbicara tentang penderitaan
yang masih akan mereka alami. Ini berarti bahwa penderitaanmereka pada saat
mereka menerima surat
dari Yesus ini belum segera berakhir. Masih adapenderitaan-penderitaan atau
kesusahan-kesusahan yang akan mereka alami. Kata-kata “selama sepuluh
hari” dalam ayat 10 ini tidak boleh diartikan secara hurufiah. Kalau begitu
apa maksudnya?
Banyak penafsir menganggap bahwa “sepuluh hari” di
sini menunjuk pada 10 masa penderitaan bagi gereja Tuhan yang akan dialami
dalam masa pemerintahan 10 Kaisar Romawi yang anti Kristen yakni:
2. Kaisar Domitianus (90-95 M)
3. Kaisar Trajan (104-117 M)
4. Kaisar Marcus Aurelius (161-180 M)
5. Kaisar Severus (200-211 M)
6. Kaisar Maximus (235-237 M)
7. Kaisar Decius (250-253 M)
8. Kaisar Valerian (257-260 M)
9. Kaisar Aurelian (270-275 M)
10. Kaisar Diocletian (303-312 M)
Dan memang benar bahwa di bawah pemerintahan 10 kaisar Romawi ini, gereja Kristen menderitaaniaya yang sangat besar. Tidak terkecuali jemaat Smirna.
Anonim – Sejarah
mencatat bahwa selama 10 periode kerajaan Romawi, Kaisar Nero sampai kepada Kaisar
Diocletianus, sejumlah 5 juta orang Kristen yang mati secara martir (dianiaya)
: mati dengan jalan dibakar hidup-hidup (diikat di tiang, lalu ditaruh kayu di
sekitarnya….mati dengan jalandigoreng dengan minyak, mati dengan jalan
dijadikan tontonan di arena (menjadi makanan dari singayang lapar), mati dengan
jalan diikat di sebuah tiang, setelah dibalut dengan kulit binatang, laludilepaskan
anjing hutan. Mati dengan jalan disalib, mati dengan jalan direndam ter, lalu
dijadikanobor pada malam hari. (www.ipcchurch.org.au)
Penderitaan Kristen di bawah kaisar-kaisar Romawi baru
berakhir setelah Constantine
menjadi kaisar Romawi dan menjadikan kekristenan sebagai agama resmi di Roma.
Dalam masa-masa selanjutnya di Smirna terjadi satu
peristiwa yang dicatat sejarah hingga kini. Ini terkait dengan Uskup Smirna
yang bernama Policarpus. Bagaimana kisahnya, .
Dari semua yang sudah dibahas ini terlihat bahwa gereja
Smirna adalah gereja yang sangat menderita.
Orang-orang Kristen di Smirna adalah orang-orang Kristen
yang menderita. Dan jika kita memeriksa Kitab Suci maka kita akan melihat ada banyak
ayat Kitab Suci yang menunjukkan bahwa orang Kristen / gereja yang benar pasti
mengalami banyak penderitaan, seperti :
Yoh 15:18, 20 – (18) "Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu. (20) Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; …”
Yoh 16:2 - Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah.Yoh 16:33 - Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia."2 Tim 3:12 - Memang setiap orang yang mau hidup beribadah di dalam Kristus Yesus akan menderita aniayaFil 1:29 - Sebab kepada kamu dikaruniakan ….juga untuk menderita untuk Dia
1 Tes 3:3 – “…jangan ada orang yang goyang imannya karena kesusahan-kesusahan ini. Kamusendiri tahu, bahwa kita ditentukan untuk itu.
Dari semua ini terlihat bahwa penderitaan kelihatannya
menjadi ciri dari gereja Tuhan atau murid-murid Kristus.
John Stott - Jika
tanda pertama dari gereja yang benar dan hidup adalah kasih, maka tanda kedua adalah
penderitaan. (What Christ Thinks of the Church, hal. 35).
Mungkin ada saat-saat di mana gereja Tuhan / orang Kisten tidak menderita tetapi kondisi itu tidak bisa berlangsung selamanya. Ada saat di mana gereja Tuhan / orang Kristen harus menderita jika benar dia adalah gereja / orang Kristen yang sejati. Ini persis seperti yang dialami orang-orang Kristen pada masa kekaisaran Romawi masih memusuhi kekristenan.
William Barclay –
Menjadi orang Kristen berarti melanggar hukum, namun penghukuman tidak terus-menerus
datang. Orang Kristen dapat dibiarkan hidup tenang untuk waktu yang lama,
namun suatu waktu gubernur mungkin giat melakukan tertib administrasi atau
gerombolan orang banyak dapat mencari gara-gara dengan mengejar orang-orang
Kristen - dan badai pun melanda. Yang menakutkan bagi orang Kristen adalah
ketidakpastian. (Pemahaman Alkitab Setiap Hari : Wahyu 1-5, hal.
116-117).
Kalau ada orang Kristen yang sama sekali tidak menderita,
kalau ada gereja Tuhan yang selalu dan terus menerus aman tanpa pernah
mengalami kesulitan, kita musti bertanya. Yesus berkata bahwa“dunia akan
membenci kamu” (Yoh 15:18, 20) tapi mengapa dunia bisa tidak membenci
mereka malah mengasihi dan baik-baik kepada mereka? Yesus berkata “dalam
dunia kamu menderita penganiayaan” (Yoh 16:33), tapi mengapa mereka sama
sekali tidak mengalaminya bahkan bisa hidup dengan enak selamanya? Firman Tuhan
berkata “kamu dikaruniakan juga untuk menderita”
(Fil 1:29) tetapi mengapa mereka tidak mendapatkan
karunia seperti ini? Firman Tuhan berkata orangKristen ditentukan untuk
kesusahan-kesusahan (1 Tes 3:3) tapi mengapa mereka tidak pernah mengalami
kesusahan malah senang melulu? Kalau kondisi semacam ini sampai terjadi,
menurut saya ada 3 kemungkinan.
a. Gereja / orang Kristen itu terlalu banyak kompromi
dengan dunia.
John Stott -
Kebenaran yang buruk adalah bahwa kita cenderung untuk menghindari
penderitaan dengan kompromi. Standard moral kita seringkali tak kelihatan lebih
tinggi dari standard duniawi.
Kehidupan kita tidak menantang dan menegur orang-orang
yang tidak percaya melalui kejujuran /ketulusan atau kemurnian atau kasih.
Dunia tidak melihat apa pun dalam diri kita untuk dibenci. ...
Kita jarang berani menegur kejahatan. Kita mengurus
urusan kita sendiri supaya orang lain tidak tersinggung. Kita mengekang lidah
kita sendiri supaya tidak ada orang lain yang merasa malu. ...
Rasa takut kepada manusia telah menjerat kita. Kita
menyesuaikan layar kita kepada angin teologia yang kuat. Kita mengencerkan
Injil supaya rasanya lebih enak. Kita mencintai pujian manusia lebih dari pujian
Allah. Kita terhindar dari penderitaan melalui kompromi.... Seandainya kita
menaikkan standard kita dan menghentikan kompromi kita? Seandainya kita
memberitakan berita kita dan memperketat disiplin kita dengan kasih tetapi tanpa
takut? Aku memberitahumu apa akibatnya : Gereja akan menderita. (What
Christ Thinks of the Church, hal. 43,44,45).
b. Gereja / orang Kristen sudah begitu rusaknya sehingga
tidak mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi dunia. Atau dengan kata lain gereja
/ orang Kristen itu bukan ancaman bagi dunia.
James B. Ramsey - “Jika
dunia tidak menganiaya gereja, itu bisa disebabkan karena dunia telah merusak
gereja sedemikian jauhnya sehingga kesaksiannya tidak secara serius mengganggu pemuasan
hawa nafsu yang diperhalus, atau karena dunia menganggap gereja sebagai terlalu
tidak berdaya untuk layak diperhatikan. (Revelation, hal. 138).
c. Orang Kristen itu hanyalah orang Kristen KTP dan
gereja itu bisa jadi sebagaimana disebutkan dalam ayat 10 sebagai “Jemaat
Iblis”. Mana mungkin iblis menyerang jemaatnya sendiri?
Pikirkan 3 hal ini baik-baik. Apakah sejak saudara
menjadi orang Kristen hidup saudara relatif enak tanpa kesusahan-kesusahan /
kesulitan-kesulitan? Kalau ya, pikirkan 3 kemungkinan di atas, mana yang cocok
dengan saudara. Jikalau saudara adalah orang Kristen sejati, jikalau saudara
hidup tanpa mengkompromikan standard Allah, jikalau kesaksian saudara
bertentangan dengan konsep dunia ini, tidak bisa tidak saudara pasti menderita
dan akan diterpa kesusahan demi kesusahan. Setan dan dunia tidak akan tinggal
diam dan membiarkan saudara hidup aman dan tenang. Ia akan berusaha mencari gara-gara dengan saudara.
Demikian juga jika sebuah
gereja adalah benar-benar “Jemaat Allah” dan dalam hidupnya gereja tidak
mengkompromikan kebenaran dan ajarannya, sebaliknya menyaringkan suara
kenabiannya, tidak bisa tidak gereja itu akan diserbu setan dan lambat atau
cepat gereja itu akan mengalami penderitaan, aniaya, kesusahan-kesusahan.
Mungkin kita bertanya mengapa Allah mengijinkan semua penderitaan itu terjadi
pada gereja-Nya dan jemaat-Nya? Mengapa
Ia tidak membiarkan gereja dan
jemaat-Nya hidup dengan enak dan tenang serta kaya raya di tengah-tengah dunia
ini? Alasannya adalah seperti yang dikatakan Matthew Poole :
Matthew Poole -
Gereja Allah selalu mempertahankan kemurniannya paling baik pada waktu ada
didalam api. (Commentary on the Holy Bible : Book of Revelation, hal.
954).
Benar sekali! Apa sebabnya gereja yang kaya, enak, tidak dianiaya justru cenderung jadi jelek, dan sebaliknya gereja yang miskin dan dianiaya justru jadi kuat?
a. Penderitaan menyebabkan kita makin berpegang kepada
Kristus.
Herman Hoeksema - Adalah
pada saat badai menderu di hutan maka pohon oak / eik menanamkan akarnya lebih dalam dan lebih teguh ke dalam
tanah dan dikuatkan. Begitu juga pada saat badai penganiayaan menyapu gereja
maka gereja menancapkan akar dari imannya lebih dalam ke dalam Kristus dan
secara lebih sadar mengambil kekuatan dari Dia dalam hidupnya.
Dan karena itu, khususnya pada saat kesukaranlah gereja
tumbuh dengan subur: karena pada saat-saat seperti itu gereja diajar untuk
berpegang erat-erat pada Rajanya yang berkuasa, dan mencari segala-galanya dalam
Dia. (Behold He Cometh, hal. 76).
Seorang pelaut berpengalamam ketika ditanya apakah bahaya
paling besar dalam sebuah pelayaran? Dia menjawab bahwa keadaan yang paling
berbahaya adalah ketika laut kelihatan sangat tenang. Pada saat itu para awak
kapal bisa sangat bersantai bahkan duduk-duduk di pinggar kapal dan sebuah goncangan
kecil cukup untuk membuang mereka ke laut. Tetapi apabila datang badai, semua
awak kapal berada dalam siaga yang kesigapan yang kuat sehingga sukar bagi mereka
untuk terlempar ke dalam laut.
b. Pada masa enak, gereja bisa dipenuhi oleh orang-orang Kristen
KTP yang masuk ke gereja dengan motivasi yang salah, dan mereka ini sangat
membahayakan gereja. Tetapi penderitaan / penganiayaan sebaliknya akan
membersihkan gereja dari orang-orang Kristen KTP ini.
Herman Hoeksema - Dalam
masa kemakmuran dan kekayaan dan damai, pada waktu gereja dihormati dan
bukannya dihina dalam dunia, ada bahaya yang besar di mana banyak orang Israel yang
bukan orang Israel rohani menjadi anggota dari gereja dalam dunia dengan
motivasi daging dan alasan yang egois.
Merupakan persoalan kehormatan, atau bahkan kesopanan / kesusilaan umum untuk menjadi anggota gereja. Jadi, banyak orang bergabung dengan gereja. Anggota-anggota yang bersifat daging ini betul-betul merupakan bahaya bagi gereja Kristus.
Merupakan persoalan kehormatan, atau bahkan kesopanan / kesusilaan umum untuk menjadi anggota gereja. Jadi, banyak orang bergabung dengan gereja. Anggota-anggota yang bersifat daging ini betul-betul merupakan bahaya bagi gereja Kristus.
Mereka seringkali menjadi dominan, dan menerima
kepemimpinan / menjadi pemimpin dalam gereja.
Mereka memimpin gereja itu ke dalam dunia, dan, tentu
saja, pada kehancuran. Mereka adalah dari dunia, dan mereka akan membuat gereja
menjadi bagian dari dunia. Tetapi pada masa penganiayaan, pada waktu
keanggotaan gereja dan celaan Kristus tidak terpisahkan, bahaya initidak ada.
Sebaliknya, pada waktu orang percaya / setia harus menderita penganiayaan dan
celaandemi Kristus, gereja dibersihkan dari orang-orang munafik ini. (Behold
He Cometh, hal. 76).
Sebagai ilustrasi, orang yang berjalan santai tanpa beban
melewati deretan toko-toko pakaian mewah mungkin akan menyempatkan diri untuk
melihat-lihat koleksi-koleksi pakaian yang dipajang di sana, tetapi seorang
buruh yang mengangkat beban 100 kg di pundaknya tidak akan peduli dengan semua
koleksi pakaian terbaru walaupun ia melewati deretan toko-toko itu.
Dan ini sungguh menjadi kenyataan! Jemaat Smirna adalah
jemaat yang sangat menderita dan miskin tetapi justru jemaat ini dinilai sangat
tinggi oleh Kristus sendiri. Jemaat ini adalah salah 1 dari 2jemaat yang dipuji
tanpa celaan sama sekali. (Yang lainnya adalah jemaat Filadelfia).
James B. Ramsey -
Dari ketujuh gereja itu, tidak ada yang lebih tinggi dalam penilaian Tuhan dari
gereja ini. Tetapi tingkat kehidupan lahiriah gereja ini adalah yang terburuk
dari semua.
Kemiskinan dan penganiayaan adalah bagiannya / nasibnya
sekarang ini, dan penjara dan kematian menantikannya. Catatannya di sini
bukanlah tentang pekerjaan aktif dan kemenangan bagi Kristus,tetapi tentang
kemiskinan dan kesusahan demi Dia; dan tidak ada catatan yang bersinar lebih
terang,atau menjamin / mendapatkan upah yang lebih tinggi. (Revelation, hal.
134).
James B. Ramsey -
Maka, pelajaran yang besar yang diajarkan di sini berkenaan dengan gereja adalah
bahwa kekayaan lahiriah atau kekuasaan / kekuatan, atau keamanan atau sukses,
bukanlah tanda / ciri dari gereja yang benar. Semua ini bisa saja tidak ada,
tetapi di sana
ada kekayaan rohaniyang besar, dan senyum puas / menyetujui dari sang Raja. (Revelation,
hal. 137).
Juga jemaat Smirna adalah satu-satunya dari 7 jemaat di
Asia Kecil yang mempertahankan eksistensinya hingga hari ini.
Pulpit Commentary -
Ada lebih banyak orang Kristen di Smirna dari pada
di kota orang
Turki manapun di dunia;…Smirna merupakan pusat yang besar bagi usaha
misionaris, dan di Smirna terang kekristenan tidak pernah padam sejak zaman
rasul-rasul.
Tidakkah ini adalah hal yang luar biasa? Ada banyak gereja bagus dan kaya dan hidup
dalam kemewahan tapi lalu hancur dan hilang dalam sejarah tetapi justru gereja
yang paling menderita dan paling miskin inilah yang bisa bertahan selama hampir
2000 tahun ini. Ini berarti bahwa penderitaan,kemiskinan, kesulitan, boleh
dianggap sebagai pupuk bagi gereja. Sebaliknya keamanan, kenyamanan,kekayaan,
kemapanan dan kemewahan bisa menjadi racun bagi gereja.
Kiranya pelajaran dari jemaat Smirna ini boleh menjadi
inspirasi bagi gereja kita agar kita tidak terbuai dengan kenyamanan, kemapanan
yang mungkin ada bagi gereja kita di masa yang akan datang. Gereja ini harus
tidak berkompromi dengan dunia. Pengajaran dalam gereja ini harus tegas.
Injil tidak boleh diperhalus atau diperencer demi menjaga
perasana orang lain, kita tidak boleh takut kepada manusia, hanya kepada Allah
saja. Kejarlah pujian dari Allah dan bukan perkenanan dari manusia. Maka
lihatlah bahwa sebentar lagi gereja kita akan mengalami begitu banyak serangan,
penderitaan, kesusahan demi kesusahan, tapi jangan kecewa, justru itu adalah pupuk
bagi gereja kita.
Kiranya Tuhan menolong gereja kita untuk menjadi kuat
seperti gereja Smirna!
- AMIN -
No comments:
Post a Comment