0 IRI HATI

Bagaimana caranya supaya terlepas dari rasa iri hati terhadap orang lain ?

Saya berpendapat bahwa salah satu cara terbaik untuk terhindar dari iri hati adalah kita meneladani prinsip Yohanes Pembaptis.

Yoh 3 :22-28 : (22) ‘Sesudah itu Yesus pergi dengan murid-murid-Nya ke tanah Yudea dan Ia diam di sana bersama-sama mereka dan membaptis. (23) Akan tetapi Yohanes pun membaptis juga di Ainon, dekat Salim, sebab di situ banyak air, dan orang-orang datang ke situ untuk dibaptis, (24) sebab pada waktu itu Yohanes belum dimasukkan ke dalam penjara. (25) Maka timbullah perselisihan di antara murid-murid Yohanes dengan seorang Yahudi tentang penyucian. (26) Lalu mereka datang kepada Yohanes dan berkata kepadanya: "Rabi, orang yang bersama dengan engkau di seberang sungai Yordan dan yang tentang Dia engkau telah memberi kesaksian, Dia membaptis juga dan semua orang pergi kepada-Nya." (27) Jawab Yohanes: "Tidak ada seorang pun yang dapat mengambil sesuatu bagi dirinya, kalau tidak dikaruniakan kepadanya dari sorga. (28) Kamu sendiri dapat memberi kesaksian, bahwa aku telah berkata: Aku bukan Mesias, tetapi aku diutus untuk mendahului-Nya.

Jelas ada nada iri hati dari murid-murid Yohanes Pembaptis karena mendapati fakta bahwa guru mereka mulai kalah pamor dari Yesus dan “semua orang pergi kepada-Nya”.

Yoh 3:26 : Lalu mereka datang kepada Yohanes dan berkata kepadanya: "Rabi, orang yang bersama dengan engkau di seberang sungai Yordan dan yang tentang Dia engkau telah memberi kesaksian, Dia membaptis juga dan semua orang pergi kepada-Nya."

Jawaban Yohanes Pembaptis adalah :
Yoh 3 :27 - Jawab Yohanes: "Tidak ada seorang pun yang dapat mengambil sesuatu bagi dirinya, kalau tidak dikaruniakan kepadanya dari sorga.

Maksud Yohanes adalah, jika pada akhirnya banyak orang pergi meninggalkannya dan mengikut Yesus, itu bukan karena Yesus mencuri murid-muridnya/domba-dombanya melainkan karena itu sudah dikaruniakan bagi Yesus dari sorga (Bapa). Ini prinsipnya! Sadar bahwa "Tidak ada seorang pun yang dapat mengambil sesuatu bagi dirinya, kalau tidak dikaruniakan kepadanya dari sorga” akan membuat kita terhindar dari rasa iri hati terhadap orang itu.

Jika ada orang lebih pintar dari saya, jika ada orang lebih ganteng/cantik dari saya, jika ada orang lebih populer dari saya, jika ada orang lebih kaya dari saya, jika ada orang lebih disenangi dari pada saya, jika ada orang lebih menarik dari saya, jika ada orang lebih mampu dari saya, dll, SEMUA ITU KARENA DIKARUNIAKAN KEPADANYA DARI SORGA. Iri hati terhadap mereka adalah sama dengan melawan keputusan sorga. Beranikah saudara melawan keputusan sorga?

===

Cuplikan Khotbah
GKIN REVIVAL, Minggu, 4 Maret 2012

By. Pdt. Esra Alfred Soru, STh, MPdK

GEREJA KRISTEN INJILI NUSANTARA (GKIN)

Kebaktian Minggu : Jam 09.00 di Hotel Sylvia Lt.4; Pemahaman Alkitab : Rabu, Jam 17.00 di Hotel Dewata

P O P U L A R - "Last 7 days"