0 Hidup Berkelimpahan (Yohanes 10)

Yohanes 10:7-10
(7) Maka kata Yesus sekali lagi: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Akulah pintu ke domba-domba itu.(8) Semua orang  yang datang sebelum Aku, adalah pencuri dan perampok, dan domba-domba itu tidak mendengarkan mereka.(9) Akulah  pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput.(10)  Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan  mempunyainya dalam segala kelimpahan.

Semenjak para pemimpin agama Yahudi  gagal untuk memahami khotbah pertama Yesus, Yesus kembali berkata kepada  mereka, "Sesungguhnya, Aku berkata kepadamu, Aku adalah Pintu domba-domba itu."Terkadang gembala tertidur dipintu  kandang domba yang terbuka. Tak seorangpun dapat masuk atau keluar kecuali melalui dia. Dalam perumpamaan ini Yesus  adalah pintu dimana domba melaluinya untuk masuk kedalam kawanan gembalaan Tuhan yang aman dan membawanya ke padang  rumput berkat-berkat-Nya. Melalui diri Yesus, orang-orang berdosa dapat mendekati Bapa dan keselamatan yang  disediakan Bapa; Yesus sendiri adalah "jalan, dan kebenaran, dan hidup; tidak ada yang datang kepada Bapa kecuali  melalui Dia" (Yohanes 14:6; bandingkan dengan Kisah Para Rasul 4:12; 1 Korintus 1:30; 3:11; 1 Timotius 2:5).


Hanya  Yesus sumber sejati pengenalan Tuhan dan keselamatan,dan dasar  bagi keamanan rohani.

Pernyataan Tuhan Yesus, " Semua yang datang sebelum Aku adalah pencuri dan perampok," tentu saja ini bukan termasuk  pemimpin-pemimpin rohani sejati Israel (seperti Musa, Yosua, Daud, Salomo, Ezra, Nehemia, Yesaya, Yeremia,  Yehezkiel, dan Daniel, dan yang lainnya lagi). Yesus merujuk kepada gembala-gembala palsu Israel--raja-rajanya yang  jahat, para imam yang korup, nabi-nabi palsu, dan mesias-mesias  semu. Akan tetapi, Domba yang benar tidak  mendengarkan mereka; mereka tidak menyimak kepada mereka dan tidak disesatkan oleh gembala-gembala jahat.

Kemudian Yesus menegaskan kembali kebenaran  inti  dari ayat 7 :" Aku adalah pintu;" dan Ia menambahkan janji," Jika  siapapun masuk melalui Aku, ia akan diselamatkan" dari dosa dan neraka. Domba-domba Kristus akan mengalami Kasih  Tuhan, pengampunan dan keselamatan; mereka keluar dan masuk dengan bebas, selalu memiliki akses kepada berkat-berkat  dan perlindungan Tuhan, dan tidak pernah merasa takut akan bahaya atau kerusakan. Mereka akan mendapatkan padang  rumput yang memuaskan sebab Tuhan memberi mereka makanan (Bandingkan dengan Mazmur 23:1-3; Yehezkiel 34:15) firman  (bandingkan Kisah Para Rasul 20:32). Sangat berbeda dengan pencuri yang adalah gembala-gembala palsu, mereka seperti  iblis, bapaknya (Yohanes 8:44) yang datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan menghancurkan domba, Yesus telah  datang sehingga mereka boleh memiliki kehidupan rohani dan kekal (Bandingkan dengan Yohanes 5:21,51-53,57; Roma 6:4;  Galatia 2:20; Efesus 2:1,5; Kolose 2:13), dan memilikinya  secara berkelimpahan. Perissos (berkelimpahan)  menggambarkan sesuatu yang jauh melampaui apa yang diperlukan. Karunia hidup kekal yang tak tertandingi melampaui  pengharapan (bandingkan dengan Yohanes 4:10 dengan Yohanes 7:38; lihat juga Roma 8:32; 2 Korintus 9:15).

John MacArthur,Abundant Life | Martin Simamora
 

P O P U L A R - "Last 7 days"