0 Hari Ini Dalam Firman : Yesus Penggenap Nubuat Kejadian 3:15

Oleh : Precept Austin

Bagian 7...Kelahiran Yesus telah menggenapi janji Tuhan untuk mengirim seorang Juru selamat dalam nubuat tertua dalam Alkitab, Kejadian 3:15…  Apakah yang memisahkan Yesus dari semua pemimpin palsu itu adalah bahwa Dia mengucapkan  firman-firman dan telah melakukan pekerjaan-pekerjaan Juru selamat ( lihat Lukas 4:14-21 dan Yohanes 10:38).

Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini,
antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya
akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya."
Kejadian 3:15


Matius 1:18-21, 24-25; Lukas 1:31; 2


Engkau harus menamainya Yesus, karena dia akan menyelamatkan umatnya dari dosa-dosa mereka
Matius 1:21


HARI INI DALAM FIRMAN
Sangat menarik untuk mempelajari bahwa nama-nama telah digunakan disepanjang sejarah untuk  menunjukan fakta-fakta penting seperti hubungan-hubungan keluarga seseorang atau tempat asal. Dua contoh dari  jenis-jenis nama dalam Alkitab adalah  Simon Bin Yunus (Mat 16:17), memperlihatkan Simon adalah  putera Yunus; dan Maria Magdalena ( Mat 27:56), menggambarkan bahwa wanita ini sebagai Maria dari Magdala, sebuah kota kecil di Galilea.


Banyak nama-nama biblikal memiliki sifat lain didalam persenyawaan sebuah nama untuk Tuhan dan dalam kata lainnya. Itu yang terjadi dalam kasus  nama Yesus, kata dalam bahasa Yunani  yang  berasal dari Yosua, merupakan bentuk singkat dari Yahweh yang dipendekan dan kata untuk “selamat.”


Ini adalah nama pribadi Putera Allah, yang telah diberikan kepada Yusuf dan Maria sebelum  Yesus dilahirkan. Malaikat menjelaskan kepada Yusuf makna dari nama Yesus, dan misi Anak yang sedang dikandung Maria. Kita telah mempelajari salah satu dari gelar-gelar-Nya, Tuan (Lord), dan selanjutnya kita akan membicarakan gelarnya sebagai “sang Kristus,” “sang Mesias atau Yang Diurapi Tuhan.”





Berkat bagi kita didalam nama Yesus adalah jelas: Dia adalah Juru selamat kita yang diutus Tuhan. Kelahiran Yesus telah menggenapi janji Tuhan untuk mengirim seorang Juru selamat dalam nubuat tertua dalam Alkitab, Kejadian 3:15.  Jesus juga adalah Penebus Israel yang telah dijanjikan.



Pengumuman malaikat kepada para gembala dalam Lukas 2:11 mempertemukan nama-nama dan gelar-gelar Yesus  dalam sebuah cara yang amat dahsyat. “Hari ini di kota Daud seorang Juru Selamat telah lahir bagimu; dia adalah Kristus sang  Tuan (Lord).” Tak heran seluruh “bala tentara” malaikat menampakan diri untuk memuji Tuhan. Tidak ada pribadi yang seperti ini pernah dilahirkan sebelumnya.


Catatan arkeologi mengindikasikan bahwa Yesus adalah sebuah nama yang umum dalam masa itu, seperti halnya Yosua adalah nama populer saat ini. Dan dalam era Yesus ada pemimpin-pemimpin palsu yang  berkeliaran mengklaim sebagai Mesias. Apakah yang memisahkan Yesus dari semua pemimpin palsu itu adalah bahwa Dia mengucapkan  firman-firman dan telah melakukan pekerjaan-pekerjaan Juru selamat ( lihat Lukas 4:14-21 dan Yohanes 10:38).



Lukas 2:21 mencatat   kepatuhan Yusuf dan Maria terhadap perintah surga  untuk menamai  anak mereka dan Juru Selamat kita. Seperti penulis lagu berkata , “ The name of Jesus is so sweet, I love it music top repeat. Membuat suka citaku penuh dan utuh, nama  Yesus yang mulia.”






HARI INI SEJAUH INI

Kata-kata dari himne ini harus menjadi lagu kita pada hari ini  selagi kita bersiap merayakan “hadiah Tuhan yang tak terlukiskan” bagi kita ( 2 Korintus 9:15).


Apakah keluargamu memiliki rencana-rencana yang spesifik untuk menghormati dan menyembah Yesus kala Natal tiba? Anda dapat melakukannya dengan musik  yang anda mainkan dan hal-hal yang bisa  anda tampilkan didalam rumahmu. Akhir minggu ini  menjadi sebuah  hari yang baik bagi  sebuah pertemuan keluarga  dan  melihat berapa  banyak cara yang anda pikirkan untuk memastikan bahwa Yesus menduduki  tempat yang  sepatutnya dalam perayaan Natalmu kelak. 
Today in The Word, Devotional  Illustrations Gospel of Matthew | diterjemahkan-diedit oleh : Martin Simamora

P O P U L A R - "Last 7 days"