0 Hari Ini Dalam Firman : Tuhan Beserta Kita Bukan Mitos

Oleh : Precept Austin


Bagian 6... Ayat-ayat selanjutnya menjelaskan: Maria dan Yusuf telah bertunangan namun belum menikah, dan dia telah mengandung Yesus oleh Roh Kudus meskipun dia adalah seorang perawan…. Bapa telah mengirimkan Roh Kudus untuk membuat  mungkin “ Tuhan beserta kita” dalam pribadi  Putera yang sepenuhnya ilahi

credit : littlenoodle
deviantart.com


Perawan itu akan mengandung dan akan  melahirkan seorang putera, dan akan menyebutnya Immanuel
Yesaya 7:14


HARI INI DALAM FIRMAN

Sejumlah mitos  purba menceriterakan kisah-kisah seorang  dewa menghamili seorang  manusia perempuan. Salah satu mitos yang sangat terkenal adalah “Leda and the Swan,” dimana Zeus  mengambil rupa seekor angsa untuk   merayu gadis bernama Leda. Menurut mitologi Yunani, Leda kemudian melahirkan Helen, wanita  cantik yang memicu Perang Trojan.


Beberapa skeptik menggunakan mitologi-mitologi ini untuk mendiskreditkan kelahiran Yesus oleh seorang perawan. Apakah nas dalam Matius ini hanyalah   dongeng kuno  lainnya mengenai dewa-dewa yang  berbuat iseng dalam  urusan manusia? Jawabannya bergema tidak.


Sebagaimana silsilah Matius simpulkan, sebuah pemutusan dalam formula terjadi dalam ayat 16. Ketiadaan “ayah dari…” konstruksi yang sebelumnya digunakan; Yusuf diidentifikasikan sebagai suami Maria, dan hanya dia   yang disebut sebagai orang tua Yesus. Ayat-ayat selanjutnya menjelaskan: Maria dan Yusuf telah bertunangan namun belum menikah, dan dia telah mengandung Yesus oleh Roh Kudus meskipun dia adalah seorang perawan. Dalam kepatuhan terhadap arahan Tuhan, Yusuf mengambil  mempelai perempuannya yang hamil itu dan  telah memenuhi kewajiban sebagai  seorang ayah dengan menamai anak laki-laki ini.



Kepedulian Matius dengan  hal  legal, bukan hal fisik, silsilah Yesus. Yusuf ada dalam  garis silsilah  raja Daud—tetapi dia bukanlah ayah jasmani Yesus. Tetapi karena  Yusuf telah mengadopsi Yesus dan  telah memenuhi persyaratan orang Yahudi untuk memberikan nama, Yesus secara legal dapat mengklaim silsilah yang sama, dengan hak-hak penuh dalam garis silsilah Daud.



Tidak seperti kisah seram dalam mitologi kuno, tidak ada deskripsi bagaimana tepatnya Maria menjadi hamil. Dua poin yang menjadi pembeda utama dengan mitos-mitos ini: keperawanan Maria dan peran Roh Kudus. Mereka saling  terjalin dalam signifikansi mereka. Pertama, penyebutan Roh Kudus mengingatkan kuasa kreatif ( lihat Kejadian 1:1-26). Kedatangan Yesus, sang Mesias, adalah sebuah karya Roh yang  memberi isyarat  penciptaan baru atas  umat Tuhan. Kedua, sebuah kelahiran  seorang perawan adalah sebuah mujizat, semacam mujizat yang dikaitkan dengan karya Roh Kudus. Ini adalah penggenapan Kitan suci dan juga bukti keberlanjutan kerja Tuhan melalui orang  dan sarana  yang tidak diharapkan untuk menggenapi janji-janjinya.



HARI INI SEJAUH INI



Nama Immanuel menyingkapkan peran Trinitas—Allah Bapa, Allah Anak, dan Allah Roh Kudus. Bapa telah mengirimkan Roh Kudus untuk membuat  mungkin “ Tuhan beserta kita” dalam pribadi  Putera yang sepenuhnya ilahi.  Berdoalah sepenuh hati minta Roh Kudus untuk menggunakan studi Injil Matius ini  untuk memperlihatkan padamu lebih jauh lagi mengenai pribadi dan karya Yesus. Kamu mungkin ingin mencatat pandangan-pandanganmu dalam sebuah jurnal  terkait renungan ini.




Today in The Word, Devotional  Illustrations Gospel of Matthew | diterjemahkan-diedit oleh : Martin Simamora

P O P U L A R - "Last 7 days"