0 Hari Ini Dalam Firman : Takhta Kerajaannya Tanpa Kesudahan

Oleh : Precept Austin


Bagian 5... Selama beberapa hari ini, kami  telah  memfokuskan pada kemanusiaan Yesus. Kami berharap, studi-studi ini telah memperlihatkan simpati Yesus yang mendalam  terhadap  kelemahan  manusia. Sayangnya banyak manusia berhenti disini: Yesus adalah seorang manusia yang baik namun tidak lebih dari ini…. Adalah esensial untuk mengafirmasi baik kemanusiaan dan ketuhanannya, yang akan menjadi fokus kita mulai dari sini…

Ilustrasi
elegantaccents.com

 
Matius 1:1-17  2 Samuel 7:11-16

Aku  Berasal  dan Keturunan  Daud, dan Bintang Pagi cemerlang. – Wahyu 22:16


HARI INI DALAM FIRMAN

Pada 6 September, 2006, seorang  bayi laki-laki  telah lahir di Jepang. Tentu saja ada banyak anak laki-laki Jepang yang dilahirkan pada hari itu, tetapi seorang  anak laki-laki mungil yang dinamai Hisahito telah menjadi  berita-berita utama di seluruh dunia.  Setelah 40 tahun tidak ada pewaris laki-laki untuk menduduki takhta, monarki dunia yang paling tua ini, sudah ada sejak 2.600 tahun, telah menerima kabar yang didambakan itu.


Sekitar 2000 tahun lampau, di sebuah bagian dunia yang  berbeda, bayi lain telah lahir,  dengan gegap gempita yang kecil. Anak laki-laki ini  juga dapat dilacak jejak asal-usul  keanggotaannya dalam  keluarga kerajaan ke ribuan tahun  kebelakang.


Kita telah melihat pada catatan silsilah  Lukas. Disitu fokus pada kemanusiaan Yesus, melacak garis silsilah Yesus kembali ke manusia pertama, Adam. Akan tetapi Injil  Matius, melacak Yesus pada garis  keluarga raja . Perhatikanlah  bagaimana Matius memulainya dengan sebuah risalah singkat. Yesus adalah Anak Daud, sehingga menegakan klaimnya yang sah terhadap takhta kerajaan.


Yesus sebagai anak Abraham menyatakan Dia sebagai seorang Yahudi dan  saluran yang melaluinya berkat-berkat yang telah dijanjikan kepada Abraham akan mengalir sekarang.



Perhatikan juga bahwa  wanita-wanita yang hanya disebutkan dalam silsilah Matius adalah empat orang bukan Yahudi: Tamar, Rahab, Rut, dan Batsyeba. Ini agak mengejutkan karena injil  Matius  pada umumnya dianggap oleh para ahli ditujukan kepada para pemirsa Yahudi. Akan tetapi dimasukannya wanita-wanita ini membantu untuk memperlihatkan bahwa kabar baik kelahiran Yesus juga kabar baik bagi orang-orang bukan Yahudi, yang keterlibatannya dalam tuntunan dan pemeliharaan Tuhan, membantu untuk mempertahankan garis keluarga raja sampai pada puncaknya dalam kelahiran Yesus.

Daud sedang diurapi menjadi Raja Israel
israel-travel-and-tours.com



Garis silsilah ke Daud secara khusus penting. Untuk  beberapa alasan Tuhan telah melarang Daud untuk membangun bait Tuhan. Sebagai gantinya, Tuhan telah menyingkapkan bahwa Dia akan membangun sebuah  kaum, atau dinasti kekal, bagi Daud. Nas hari ini dari  2 Samuel 7 berisikan  janji Tuhan kepada Daud. Raja Daud tanpa diragukan adalah salah satu dari raja-raja terhebat di dunia. Namun demikian Tuhan  telah  berjanji bahwa salah satu dari keturunan-keturunannya akan jauh lebih hebat (ayat 12-13) dan takhta dari Keturunan yang Telah Dijanjikan ini akan berlangsung selama-lamanya (ayat 13).



HARI INI SEJAUH INI


Selama beberapa hari ini, kami  telah  memfokuskan pada kemanusiaan Yesus. Kami berharap, studi-studi ini telah memperlihatkan simpati Yesus yang mendalam  terhadap  kelemahan  manusia. Sayangnya banyak manusia berhenti disini: Yesus adalah seorang manusia yang baik namun tidak lebih dari ini. Tetapi jika Yesus bukan Tuhan,  penyalibannya akan menjadi sebuah tragedy yang  mengerikan, menyedihkan. Malahan , kematiannya telah menebus dosa-dosa kita dan telah membuka hidup kekal, karena Dia sekarang sedang duduk disebelah kanan Tuhan. Adalah esensial untuk mengafirmasi baik kemanusiaan dan ketuhanannya, yang akan menjadi fokus kita mulai dari sini…

Today in The Word, Devotional  Illustrations Gospel of Matthew | diterjemahkan-diedit oleh : Martin Simamora

P O P U L A R - "Last 7 days"