0 Hari Ini Dalam Firman : Anak Daud Agung yang Lebih Hebat

Oleh : Precept Austin


Bagian 4...“Mengetahui bahwa Yesus adalah “Putera Daud” adalah esensial karena  Messias yang  Telah Dijanjikan Tuhan harus seorang keturunan Daud… Herodes  begitu bodohnya berpikir bahwa dia dapat “mengecoh” Tuhan dengan membunuh semua bayi laki-laki yang diperkirakan seumuran dengan Yesus ( Matius 2:13-18). Tetapi Tuhan memelihara Mesias yang telah dipilihnya…”

Matius 1:1-16   2 Samuel 7:8-16


Yesus Kristus, anak Daud
Matius 1:1


HARI INI DALAM FIRMAN


Filem “Anna dan the King” menghadirkan kisah nyata Anna Leonowens, yang datang dari India ke Siam ( Thailand) untuk menjadi  perawat dan pendidik  anak-anak  Raja Mongkut. Dalam sebuah  adegan yang mengharukan, keberanian dan kreatifitas Anna telah menyelamatkan anak-anak Raja dari kematian yang pasti di tangan calon perebut takhta. Pentingnya anak-anak ini sangat jelas—mereka  adalah  representasi masa depan negeri tersebut.


Sejarah memiliki kisah-kisah lain tentang anak-anak raja yang dililindungi. Faktanya, silsilah Yesus ( Matius 1:1-17; Lukas 3:23-38) mewakili banyak cara-cara mengagumkan bahwa Tuhan secara setia menjaga garis  silsilah raja yang sejati, termasuk kisah kakek-nenek Daud, Rut dan Boas.





Mengetahui bahwa Yesus adalah “Putera Daud” adalah esensial karena  Messias yang  Telah Dijanjikan Tuhan harus seorang keturunan Daud.



Itu sebabnya Raja Herodes telah  merasa  amat terancam  oleh kelahiran Yesus; Herodes  bukan berasal dari  garis Daud dan dia telah mengetahui bahwa dia tidak memiliki dasar legitimasi bagi pemerintahannya.
Sebuah Mosaik yang melukiskan pembataian
bayi laki-laki yang baru lahir - Chora (Museum) Monastery
credit : travellinkturkey.com



Herodes  begitu bodohnya berpikir bahwa dia dapat “mengecoh” Tuhan dengan membunuh semua bayi laki-laki yang diperkirakan seumuran dengan Yesus ( Matius 2:13-18). Tetapi Tuhan memelihara Mesias yang telah dipilihnya, yang telah Dia janjikan sejak semula.



Salah satu dari janji-janji ini ditemukan dalam nas firman kita dari 2 Samuel. Raja Daud adalah salah satu dari raja-raja terhebat yang pernah hidup. Dia telah meluaskan perbatasan-perbatasan Israel hingga batas-batas yang   belum pernah terjadi sebelumnya. Namun bahkan dengan semua kebesarannya, Tuhan telah menjanjikan bahwa salah satu keturunannya  bahkan akan jauh lebih besar ( ayat 12-13). Takhta kerajaan dari keturunan yang  telah dijanjikan ini akan berlangsung selama-lamanya (ayat 13). Pada masa Yesus, para rabi menyebut Dia yang  Telah Dijanjikan sebagai “ anak Daud agung yang lebih hebat.”



HARI INI SEJAUH INI

Kisah-kisah penyelamatan  yang  mencemaskan tidak terbatas pada adegan-adegan filem dan  keluarga raja.

Today in The Word, Devotional  Illustrations Gospel of Matthew | diterjemahkan-diedit oleh : Martin Simamora

P O P U L A R - "Last 7 days"