0 Hari Ini Dalam Firman : Kemesiasan Yesus Kristus Dalam Silsilahnya

Oleh : Precept Austin

Bagian 3...“Matius menggunakan berbagai istilah  orang Yahudi semisal kerajaan surga  dan mengambil  sebuah pengetahuan yang berasal dari tradisi dan sejarah   orang Yahudi. Akan tetapi, fokus Yahudinya bukan hal yang eksklusif, sebagaimana dapat dilihat dalam kehadiran orang-orang  non Yahudi seperti Rut dan Rahab dalam silsilah Yesus. Seperti semua injil, Matius memperlihatkan Yesus sebagai Juru selamat dunia.”

 


Matius 1:1-17


Yesus Kristus anak Daud, anak AbrahamMatius 1:1



HARI INI DALAM FIRMAN

Pernahkan kamu mencoba untuk meneliti latar belakang keluargamu?Dewasa ini, internet dapat menjadi sebuah perangkat yang amat membantu dalam hal ini. Pada sebuah  website seperti  Genealogy.com, sebagai contoh, kamu bisa  menggunakan “Family Finder” untuk mencari data yang tersedia untuk informasi  yang relevan bagimu. Bergantung  pada apa yang anda temukan, situs ini juga akan membantu anda membuat sebuah pohoh keluarga sederhana.


Pembacaan kita hari ini mengenai sebuah silsilah berangkali terlihat  tidak menarik, tetapi silsilah telah mengatakan banyak hal kepada kita. Dalam nas firman ini, Matius telah melacak   Yesus kembali ke Abraham dan  telah menekankan keturunan-Nya melalui Yusuf. ( sangat  berbeda dengan Lukas, melacak leluhur  Yesus secara fisik melalui ibu-Nya Maria. Lihat Lukas 3:23-37).


Matius didalam benaknya menunjukannya bagi pemirsanya yang adalah orang-orang Yahudi pada utamanya, dan dia ingin mengemukakan kualitas-kualitas Yesus sebagai sang Mesias.  Kristus  adalah (adopsi dari) bahasa Yunani yang sama dengan istilah bahasa Ibrani, Messiah.

Yesus membangkitkan Lazarus yang telah mati beberapa hari lamanya -
Credit : rasmusen.org



Untuk memperkenalkan Yesus sebagai “anak Daud,anak Abraham” mengingatkan kembali seluruh tradisi nubuat mesianik (ayat 1). Tuhan telah mengatakan kepada Abraham bahwa melalui dia semua bangsa akan diberkati,dan telah  menjanjikan  Daud bahwa takhtanya akan bertahan selama-lamanya ( Kejadian 12:3; 2 Samuel 7:16).


Sebagai tambahan, Matius telah mengutip atau  menyebutkan secara tidak langsung Perjanjian Lama lebih banyak daripada kitap apapun dalam Perjanjian Baru. Matius menggunakan berbagai istilah  orang Yahudi semisal kerajaan surga  dan mengambil  sebuah pengetahuan yang berasal dari tradisi dan sejarah   orang Yahudi. Akan tetapi, fokus Yahudinya bukan hal yang eksklusif, sebagaimana dapat dilihat dalam kehadiran orang-orang non Yahudi seperti Rut dan Rahab dalam silsilah Yesus. Seperti semua injil, Matius memperlihatkan Yesus sebagai Juru selamat dunia.



Selagi kita mempelajari  kitab Matius, kita akan melacak simpul-simpul dan tema-tema utama : identitas Yesus dan bagaimana orang merespon pada Dia; pemuridan, atau menjalani kehidupan sebagai warga-warga  kerajaan Tuhan; kebenaran-kebenaran rohani telah ditemukan dalam perumpamaan-perumpamaan-Nya; dan karakter-karakter dan akibat-akibat dari kebenaran iman dan hikmat.



HARI INI SEJAUH INI

Saat kita memulai studi terhadap Injil Matius, kami mendorong anda untuk segera meluangkan waktu yang memadai untuk membaca langsung  keseluruhan Injil ini dalam satu kali pembacaan. Melakukannya akan membantu anda  untuk mendapatkan lebih banyak hal dari perenungan-perenungan ini karena anda akan melihat gambar besar secara lebih jernih dari awal hingga selesai.



Today in The Word, Devotional  Illustrations Gospel of Matthew | diterjemahkan-diedit oleh : Martin Simamora

P O P U L A R - "Last 7 days"