0 Hari Ini Dalam Firman : Yesus Kristus Sang Penebus Bagi Sekerabatnya



  Oleh : Precept Austin

Bagian 1...“keselamatan Tuhan melampaui  perbatasan-perbatasan Israel. Rut seorang Moab, merupakan bagian dari  garis keturunan kebangsawanan. Dan seorang keturunan dari Daud yang memerintah selama-lamanya, Yesus Kristus. Dia pada  puncaknya adalah Penebus-Sekerabatnya…”

Ilustrasi - gambar: thefiscaltimes.com

Matius 1:5-6   Rut 4:1-22

Boaz , ayah Obed, yang memiliki ibu bernama Rut, Obed ayah  dari Isai, dan Isai ayah dari Raja Daud- Matius 1:5-6

HARI  INI DALAM FIRMAN

Pada hari jadi pernikahan mereka yang ke-50  pada 1992 lalu, Thomas dan Ann Johnson mengingat kembali bagaimana mereka bertemu dan menikah. “Aku kala itu  sudah  memperhatikan  dia selama  sekitar setahun tetapi aku gugup untuk mengajaknya  pergi berdua. Ketika aku mendengar bahwa aku akan dikirim ke medan perang, aku menjumpai Ann di perpustakaan dan memintanya untuk menikah denganku! Ternyata dia  menyukaiku, kami menikah satu minggu kemudian, dan disinilah kami setelah lima puluh tahun yang bahagia!”


Boas pasti telah memahami; kali pertama dia  mengetahui bahwa Rut  memang  bersedia untuk menikah dengannya, dia tidak membuang-buang waktu. Seperti halnya dalam semua kisah yang bagus, sebuah  halangan mencuat—pria lain yang sebenarnya adalah seorang keluarga dekat memiliki peluang untuk membeli tanah…dan menikahi Rut. Ketegangan dramatis terbangun pada ayat 4-6 :  sekarang Boas dan Rut ingin  bersatu padu, akankah pria lain tersebut menghalangi jalan mereka?


Untuk memahami sejauh mana Boas  memperagakan kesetiaan, sangat membantu untuk  diperhatikan bahwa tidak seorangpun diiwajibkan untuk mengambil peran penebus-sekerabatnya. Dalam Imamat 35, ketentuan pada dasarnya menyatakan bahwa  seorang kerabat boleh melakukan hal ini-menebus. Pada  Rut, kerabat  lebih disukai  untuk tidak terganggu, tetapi Boas telah menerima tanggung jawab  itu (menebus).



Selagi kita meyimpulkan studi ini, mari kita melihat  gambaran yang lebih besar. Pertama, Naomi telah mendapat kembali semuanya. Melalui tindakan-tindakan yang mengabaikan kepentingan diri sendiri – kasih setia  Rut dan Boas, Naomi telah dipulihkan ke posisi penuh seperti sedia kala. Kedua, bahkan dalam masa gelap Hakim-Hakim, Tuhan tetap bekerja menyediakan apa yang dibutuhkan Israel—yaitu kepemimpinan yang ilahi. Anak yang terlahir bagi Rut dan Boas telah menjadi kakek  Raja Daud, seorang pria yang hatinya mengikuti hati Tuhan.

Rut di Ladang Boas -Julius Schnorr von  Carolsfeld
credit: wikipedia.org


Akhirnya, keselamatan Tuhan melampaui  perbatasan-perbatasan Israel. Rut seorang Moab, merupakan bagian dari  garis keturunan kebangsawanan. Dan seorang keturunan dari Daud yang memerintah selama-lamanya, Yesus Kristus. Dia pada  puncaknya adalah Penebus-Sekerabat-Nya. Dia telah membayar harganya untuk menebus kita dari dosa,dan Tuhan telah meninggikan Dia diatas setiap  pemerintah dan penguasa ( Lihat Filipi 2:6-11). Dia adalah Tuan kita, Hakim dan Pembebas kita yang murah hati.




HARI INI SEJAUH INI


Puji adalah sebuah cara yang tepat untuk mengakhiri studi kita di bulan ini. Untuk memulai, anda dapat fokus pada Yesus sebagai Hakim, Pembebas,dan Penebus-Sekerabat (manusia). Anda dapat memuji Tuhan atas tindakan-tindakan kesetiaan, ketentuan/ketetapan, dan belas kasihan-Nya. Anda dapat melakukan hal ini dalam  jam doa yang lebih dalam, melalui menyanyi, atau bahkan dengan mengarahkan pikiran-pikiran dan hati pada apa yang Tuhan telah singkapkan mengenai diri-Nya dalam studi kita bulan ini. Seperti Mazmur 92:1 berkata,”Adalah baik untuk memuji Tuhan.”


Today in The Word, Devotional  Illustrations Gospel of Matthew | diterjemahkan-diedit oleh : Martin Simamora


P O P U L A R - "Last 7 days"