0 Hari Ini Dalam Firman : Yesus Kristus, Daud & Abraham

Oleh : Precept Austin

Sejumlah perempuan juga disebutkan dalam silsilah ini. … ini sangat tidak lazim untuk menyebutkan para perempuan dalam catatan-catatan publik selama abad pertama. Sesungguhnya, para perempuan yang telah disebutkan terlihat bukan  kandidat-kandidat  untuk melejitkan kredibilitas: Tamar,…


Matius 1:1-17

Semua orang di bumi akan diberkati melalui engkauKejadian 12:3

HARI INI DALAM FIRMAN
Ketika ditanyakan opininya mengenai keluarga Kerajaan Inggris, seorang Inggris menjawab,” Pertanyaan itu  agak mirip dengan  menanyakanku apa  yang saya pikirkan mengenai planet Neptunus. Ini bukan sesuatu yang harus diopinikan—itu memang demikian seperti apa adanya. Keluarga kerajaan berhubungan dengan tradisi, dan hal itu sangat penting bagi kami.”

Keluarga-keluarga kerajaan sejak lama bergantung pada silsilah untuk menyajikan legitimasi kedudukan mereka. Sebagaimana kita memulai studi kita pada Injil Matius, kita melihat argumen yang serupa dalam ayat-ayat pembuka. Jauh dimulai dengan  pengisahan yang ketat dari  generasi bapak dan anak, Tuhan sedang menyingkapkan informasi penting mengenai siapakah Dia dan bagaimana  Dia bekerja.


Tiga nama muncul di awal dan akhir dari  silsilah ini: Yesus Kristus, Daud, dan Abraham. Ini adalah sinyal penting— Matius secara eksplisit menghubungkan Yesus dengan garis-garis keturunan Daud dan Abraham. Pentingnya Yesus berasal dari garis Daud  adalah jelas, ini  merupakan garis kebangsawanan Israel, dan Tuhan telah menjanjikan bahwa keturunan-keturunan Daud akan berkuasa selama-lamanya (Lihat 2 Samuel 7). Yesus memiliki otoritas Legal untuk mengklaim takhta Daud.


Lantas, mengapa menyebutkan Abraham? Pada akhirnya, Yesus yang  berasal dari keturunan Daud berarti  tercakup didalam keluarga Abraham. Disini Matius sedang menyingkapkan bagian dari Kisah besar Injil. Yesus adalah jawaban  terhadap janji  yang Tuhan buat untuk Abraham, bahwa semua bangsa akan diberkati melalui dia ( lihat Kejadian 12:1-3).

Judah and Tamar - Rembradnt- wikipedia.org

Sejumlah perempuan juga disebutkan dalam silsilah ini. Hal semacam ini sangat tidak lazim untuk menyebutkan para perempuan dalam catatan-catatan publik selama abad pertama. Sesungguhnya, para perempuan yang telah disebutkan terlihat bukan kandidat-kandidat  untuk melejitkan kredibilitas: Tamar, Rahab,  Rut, dan Batsyeba (isteri Uria). Setiap  dari perempuan tersebut  bukan orang  Israel ( Lihat Kejadian 38; Yosua 2; Rut 1; 2 Samuel 11). Namun Tuhan membawa mereka masuk kedalam umat-Nya dan kedalam silsilah Yesus, kembali memberi pertanda pencakupan baik orang Yahudi dan orang bukan  Yahudi masuk kedalam  umat-nya yang memberkati.



Saat kita  melihat pada bagian selanjutnya, bagian terakhir dari silsilah menyajikan bukti signifikan  natur sejati Yesus Kristus.



HARI INI SEJAUH INI

Pernahkah anda menyusun sebuah silsilah rohani? Luangkanlah waktu sejenak untuk merenungkan orang yang telah memberikan pengaruh dalam kehidupanmu secara rohani. Bisa jadi akan meliputi kedua orang tuamu, para guru sekolah Minggu, atau sahabat-sahabat. Seberapa banyak engkau mengenal asal-usul rohani mereka? Dalam melacak “pohon keluarga” rohani ini, perhatikan seksama pada penyimpangan dan perubahan kembali yang menyingkapkan kerja Tuhan. Berterimakasihlah kepada Tuhan bahwa Dia masih memilih orang-orang yang terlihat tidak mungkin untuk menjadi percaya dan dengan cara-cara yang tak terduga untuk menyingkapkan diri-Nya.


Bersambung



Today in The Word, Devotional  Illustrations Gospel of Matthew | diterjemahkan-diedit oleh : Martin Simamora

P O P U L A R - "Last 7 days"