0 Hari Ini Dalam Firman : “Tuhan Beserta Kita” Di Seluruh Peristiwa Natal

Oleh :  Precept Austin

Bagian 12...seorang Israel lainnya yang saleh yang Tuhan pilih untuk mencintai dan membesarkan Yesus… seorang malaikat telah memperingatkan Yusuf untuk melarikan diri bersama Yesus ke Mesir… mengatakan kapan waktu yang aman untuk kembali… menghindari Yudea… memperlihatkan bahwa Tuhan telah mengetahui secara persis apa yang  telah Dia lakukan ketika Tuhan  memilih pria ini untuk pelayanannya yang khusus

credit: guardian.co.uk

Matius 1:23
Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel" -- yang berarti: Allah menyertai kita.


Pendiri Prison Fellowship, Charles Colson menceriterakan sebuah  pengelaman  yang tak terlupakan kala dia membawa hadiah-hadiah natal bagi anak-anak para   tahanan  penjara. Colson dan isterinya  berjumpa dengan seorang  anak laki-laki yang memberitahu mereka bahwa namanya Immanuel. Ketika Colson membuka Alkitab  pada Matius 1:23 dan memperlihatkan bahwa namanya berarti “Tuhan beserta kita,” anak laki-laki tersebut melompat kegirangan dan berkata kepada ibunya,”Ibu, Tuhan ada beserta kita!Tuhan beserta kita! 



Betapa  menyegarkannya, tanggapan yang sangat bergairah terhadap Firman Tuhan. Kita tidak sering melihat hal semacam ini, karena kebanyakan kita berinteraksi dalam lingkungan-lingkungan dimana orang-orang telah membaca Alkitab selama bertahun-tahun. Tetapi ketika kebenaran itu segar dan baru, orang tidak bisa  tidak akan  digejolakan.


Matius 1:18-25  - Matius 1:21

HARI INI DALAM FIRMAN

Salah satu hal yang paling menyegarkan dalam membaca kisah Natal adalah kesederhanaan keseluruhan kisahnya. Budaya kita telah demikian dijenuhi dengan informasi, statistik-statistik, dan apa yang disebut berita  telah menjadi media utama, menguasai perhatian kita bahkan   untuk beberapa menit saja.


Sebuah sumber mengatakan sebuah edisi harian  The New York Times mengandung lebih banyak informasi daripada yang dapat dijumpai oleh seorang Inggris abad ke 17 dalam seluruh masa hidupnya. Terkait keajaiban kisah  kelahiran Yesus. Yusuf adalah tokoh utama lainnya dalam peristiwa Natal. Dia adalah “orang benar” (ayat 19), seorang Israel lainnya yang saleh yang Tuhan pilih untuk mencintai dan membesarkan Yesus sebagai bapak duniawi Natalnya  Yesus. Adalah seorang malaikat yang menjaminkan bagi Yusuf akan kemurnian Maria. Kemudian, seorang malaikat telah memperingatkan Yusuf untuk melarikan diri bersama Yesus ke Mesir untuk menghindar dari  pembunuhan gila oleh Raja Herodes (Matius 2:13).

credit:lifesitenews.com


Malaikat-malaikat telah mengatakan kepada Yusuf kapan waktu yang aman untuk kembali ke Israel (Matius 2:19-20), dan untuk menghindari Yudea (Matius 2:22).  Malaikat pertama telah mengunjungi  dia.  Apa yang telah dikatakan kepadanya adalah bayi dalam kandungan Maria berasal dari Tuhan dan bahwa Yusuf harus memberi  namanya Yesus.



Tidaklah mengherankan bila dia melakukannya.  Tetapi kita tahu bahwa berdasarkan pada dua fakta ini, Yusuf telah meresponnya dalam kepatuhan—memperlihatkan bahwa Tuhan telah mengetahui secara persis apa yang  telah Dia lakukan ketika Tuhan  memilih pria ini untuk pelayanannya yang khusus, tidak setia.  Terlihat, Maria tidak menyingkapkan detail-detail kunjungan malaikatnya terhadap suami masa depannya. Tetapi kunjungan malaikat telah  mengubah sama sekali rencana-rencana Yusuf dalam satu malam saja. Yesus telah berusia 12 tahun (Lukas 2). Apapun juga masalahnya, Yusuf telah meninggalkan bagi kita contoh berharga lainnya tentang kepatuhan yang harus diikuiti  setiap kali kita  merayakan natal dan setiap kali kita menantikan tahun yang  baru.



HARI INI SEJAUH INI


Bukti kehadiran Tuhan ada diseluruh kisah Natal. Tidak ada yang salah dengan fakta bahwa Yusuf, Maria, Zakaria, dan Elisabeth adalah orang yang diyakini dan dipercayai Tuhan. Sebuah saat makan malam atau waktu diskusi untuk merenungkan  yang menarik dan sangat berguna. Apakah bukti  yang dapat  kita lihat dan dengar bahwa sebuah rumah dimana Yesus adalah Tuhan dan Juru selamat?




Today in The Word, Devotional  Illustrations Gospel of Matthew | diterjemahkan-diedit oleh : Martin Simamora

P O P U L A R - "Last 7 days"