0 Hari Ini Dalam Firman: Penggenapan Mesias yang Telah Dijanjikan, Kisah Sulit Bagi Manusia


Oleh : Precept Austin

Bagian 14....Kisah Maria  sangat sulit untuk dipercaya bagi Yusuf  kecuali pada satu fakta: Yusuf adalah seorang Yahudi   saleh  yang  mengetahui Kitab suci. Dia menyadari bahwa Tuhan telah menjanjikan seorang Mesias yang akan lahir dari seorang perawan.



Matius 1:18-25

Seorang gadis … akan melahirkan seorang putra yang dinamakannya Imanuel.- Yesaya 7:14 (BIS)

HARI INI DALAM FIRMAN

Prosedur pernikahan orang Yahudi di masa Alkitab memiliki tiga tahap. Pertama adalah pertunangan yang dilakukan melalui orang tua atau seorang  penjodoh professional. Kerap pasangan  bahkan tidak pernah bertemu satu sama lain. Kedua adalah  betrothal, yang merupakan pengikatan bersifat absolut dan hanya dapat diakhiri dengan bercerai. Pertunangan ( betrothal) ini berlangsung selama satu tahun, dan pasangan ini dikenal sebagai  suami dan isteri. Tetapi hubungan ini tidak dinikmati sampai setelah tahap ketiga, seremoni dan selebrasi pernikahan sesungguhnya.


Maria dan Yusuf telah bertunangan  dalam ikatan yang absolut  tersebut  ketika Yusuf mendapatkan Maria telah hamil. Yusuf adalah seorang pria yang lembut dan benar, sehingga dia memutuskan untuk menceraikannya secara diam-diam—dan bukan merajaminya sebagaimana diizinkan baginya dibawah hukum Yahudi ( Matius 1:19).  Untuk mencegah sebuah situasi tragis, seorang malaikat telah menampakan diri terhadap Yusuf untuk memberikan penjelasan apa yang sesungguhnya terjadi. Malaikat itu menjelaskan bahwa pembuahan  yang terjadi “dari Roh Kudus” (Matius 1:20).



Kisah Maria  sangat sulit untuk dipercaya bagi Yusuf  kecuali pada satu fakta: Yusuf adalah seorang Yahudi   saleh  yang  mengetahui Kitab suci. Dia menyadari bahwa Tuhan telah menjanjikan seorang Mesias yang akan lahir dari seorang perawan.


Malaikat itu juga berkata,”Engkau harus  memberinya nama Yesus, karena Dia akan menyelamatkan umatnya dari dosa-dosa mereka” (Matius 1:21). Nama Yesus berarti “Juru selamat.” Yesus adalah bentuk bahasa Yunani dari Joshua, Jeshua, dan Jehoshua—semuanya adalah nama-nama umum dalam Perjanjian Lama.


HARI INI SEJAUH INI


Pada jam doamu hari ini,  renungkanlah  mengenai nama Yesus—Imanuel, Tuhan beserta kita.

Apakah anda  memikirkan Tuhan sedang ada bersama anda selagi anda menjalani harimu, berinteraksi dengan sahabat-sahabatmu dan keluarga, membuat keputusan-keputusan di rumah dan tempat  kerja, mengalami saat-saat baik dan saat buruk?


Today in The Word, Devotional  Illustrations Gospel of Matthew | diterjemahkan-diedit oleh : Martin Simamora



P O P U L A R - "Last 7 days"