0 Hari Ini Dalam Firman : Berkenalan Dengan Juru Selamat Yesus Kristus

Oleh : Precept Austin

Bagian 10. …Pada masa  kelahiran Yesus, nama Yesus (pelafalan Yunani dari Yosua)  sebenarnya sangat umum. Orang-orang Yahudi saleh sedang menantikan dengan penuh harap agar Tuhan membangkitkan seorang pembebas… Tetapi ada satu elemen esensial dalam kelahiran Yesus sejati yang tidak ada pada bayi lain manapun yang juga bernama Yesus…


Matius 1:18-21


Engkau harus menamainya Yesus, Karena dia akan menyelamatkan umatnya dari dosa-dosa mereka- Matius 1:21


HARI INI DALAM FIRMAN

“Apa arti sebuah nama? Itu yang kita sebut sebuah  mawar/ Dengan  kata lain akan beraroma manis,”  tulis Shakespeare. Namun kita semua tahu ada banya arti untuk sebuah nama. Para orang tua kerap sangat  cermat dalam memberikan nama pada anak-anak mereka,  berangkali menamainya menurut seorang yang  spesial atau terkenal.


Mengenali  pentingnya sebuah nama, fokus kita pada  bulan ini ditujukan pada nama-nama dan gelar-gelar yang berkaitan dengan nama   yang merupakan nama diatas segala nama lainnya—Yesus (Filipi 2:9). Pada setiap renungan selanjutnya kita akan fokus pada sebuah seri baru mengenai nama-nama Kristus, dimulai dengan nama-nama kekalnya.


Adalah tepat untuk memulai hari ini dengan nama Yesus,  yang sebenarnya berasal dari bahasa Ibrani, Yeshua atau Yehoshua (diterjemahkan dalam bahasa Inggris sebagai Yosua), bermakna “YHWH (Yahweh) adalah Keselamatan.” Setelah Musa membawa bangsa itu  keluar dari perbudakan di Mesir, Tuhan telah
"The Children of Israel Crossing the Jordan
" by Gustave Dore (d. 1883)- wikipedia.org
menggunakan Yosua untuk memimpin umat-Nya masuk kedalam Tanah yang Telah Dijanjikan ( Yosua 1:6).  Walaupun Yosua bukan juru selamat, dia telah memberikan sebuah gambar tentang  Dia yang akan datang untuk memimpin  umat Tuhan dari perbudakan mereka terhadap dosa masuk kedalam hidup kekal.



Pada masa  kelahiran Yesus, nama Yesus (pelafalan Yunani dari Yosua)  sebenarnya sangat umum. Orang-orang Yahudi saleh sedang menantikan dengan penuh harap agar Tuhan membangkitkan seorang pembebas, berangkali  dengan menamakan anak-anak mereka  Yesus berharap  bahwa Tuhan  mungkin mengirimkan  Dia Yang Telah Dijanjikan yang belum dikirimkan. Tetapi ada satu elemen esensial dalam kelahiran Yesus sejati yang tidak ada pada bayi lain manapun yang juga bernama Yesus.


Matius 1:18 berkata bahwa Maria “telah mengandung bayi melalui Roh Kudus.” Dalam semua sejarah, belum pernah ada sebuah  pembuahan supernatural semacam ini. Ini pasti bukan anak biasa! Hanya anak ini yang dinamai Yesus akan “menyelamatkan umatnya dari dosa-dosa mereka.” ( ayat 21). Kenyataannya, karya penyelamatannya di salib menjadi dikaitkan dengan nama-Nya untuk selama-lamanya—Juru selamat Yesus Kristus.



Tidak  heran Paulus  telah menuliskan bahwa Tuhan “telah memberikan [Yesus] nama diatas segala nama, bahwa pada nama Yesus setiap lutut  harus bertelut… dan setiap lidah mengaku bahwa Yesus Kristus adalah Tuan, bagi kemuliaan  Allah Bapa (Filipi 2:9-11).



HARI INI SEJAUH INI


Ketika anda  berkenalan dengan seseorang, anda biasanya  mulai mempelajari nama orang tersebut. Sama benarnya   berkenalan dengan Yesus.




Today in The Word, Devotional  Illustrations Gospel of Matthew | diterjemahkan-diedit oleh : Martin Simamora

P O P U L A R - "Last 7 days"