0 Jangan Berjalan Tidur! ( Bagian 2)


Ilustrasi (destination360)
Bacalah terlebih dahulu bagian 1 di sini


Oleh :  Rev. Dr. Keith Krell



2. Perjelas Identitas Kristenmu ( 1 Tesalonika 5:4-5)



Pada bagian kedua, Paulus mengingatkan kita akan siapakah kita didalam Kristus. Dia menuliskan seperti ini :” Tetapi kamu, saudara-saudara, kamu tidak hidup di dalam kegelapan, sehingga hari itu tiba-tiba mendatangi kamu seperti pencuri, karena kamu [Kalimat ini memberikan penekanan untuk “kamu.” Kata ini memadai  untuk kata dalam  bahasa  Yunani ester (“kamulah”). Namun demikian, baik pada 1 Tes 5:4 dan 5, Paulus menggunakan  humeis dan  este (“kamu ” dan “kamulah”). Kalimat ini memberikan penekanan pada “kamu”] semua adalah anak-anak terang dan anak-anak siang. Kita bukanlah orang-orang malam atau orang-orang kegelapan.”



Frasa “Tetapi kamu, saudara-saudara”[ Kata “kamu” (humeis) ditempatkan di  awal kalimat dalam cara yang kuat dalam kalimat tersebut. ], merupakan  kalimat yang kuat. Paulus sedang berkata,”dalam kontras terhadap mereka  yang bukan orang-orang percaya dalam 5:2-3, orang-orang percaya tidak akan menjadi “terkejut”[ BDAG(
Bauer-Danker Lexicon) s.v. katalambano 3b: “mendatangi seseorang, dengan implikasi terkejut, tersergap.”Ragam Alkitab versi Inggris menerjemahkannya sebagai “surprise” (misal ESV, NRSV, NIV).]  pada hari Tuhan”[ Hodges menuliskan , “Pada saat pengangkatan tidak semata bergantung pada referensi Hari kedatangan Tuhan seperti pencuri.Sebaliknya, waktu pengangkatan terbingkai didalam gambar dunia yang lebih besar yang tidak dipedulikan dan tidak terganggu .Kerangka waktu yang dituangkan dalam kata-kata Paulus adalah periode waktu sebelum tribulasi mulai.” Zane C. Hodges, “1 Thessalonians 5:1-11 and the Rapture,” Chafer Theological Seminary Journal 6 (October-December 2000): 29.]. Alasan Paulus menuliskan hal ini : orang-orang percaya tidak berada didalam kegelapan; sebaliknya mereka adalah “anak-anak terang dan anak-anak siang.” Isunya bukan dimana mereka ada tetapi siapakah mereka. Kita “berasal dari terang” karena Kristus telah memberikan kepada kita hidup baru. Kita adalah terang-terang didalam dunia (Matius 5:14) karena Dia adalah “terang dunia” (Yohanes 1:1-9; 8:12; 9:5).



Yesus adalah terang selama Dia  berada di bumi. Dalam cara yang sama, Tuhan mengkarakteristikan kita seturut dengan natur kita. Kita tidak berada dalam kegelapan, tetapi adalah putra-putra serta putri-putri terang dan putra-putra serta putri -putri siang. Ini adalah benar bagi setiap dan semua orang yang percaya kepada  Yesus Kristus. Paulus mengangkat hal ini dengan menggunakan kata “semua” dalam 5:5. Setiap orang Kristen didefinisikan sebagai terang dan siang, tidak  hanya beberapa [Baca juga Grant C. Richison, 1 Thessalonians (http://www.gracenotes.info/ 1997), 111-12.]’ Dengan demikian jika anda adalah seorang Kristen, janganlah kedapatan sedang tidur!


Berangkali anda  berpikir, “Saya telah mengecewakan Kristus dan tidak layak untuk melayani Dia.” Ya, memang  benar anda dan saya berdua. Kita semua dengan cara yang menyedihkan telah mengecewakan Kristus.  Tidak seorang pun yang layak untuk melayani Dia. Walau demikian, Kristus rindu untuk menggunakan kita dalam sebuah cara yang  penuh kuasa. Oleh karena itu, kita harus mengenali bahwa kita mewakili Dia entah kita baik entah kita jahat karena kita adalah duta-duta-Nya selama kita masih hidup ( 2 Kor 5:20). Kita mungkin menjadi contoh yang jelek, tetapi kita bagaimanapun adalah umat-Nya, yang harus diingatkan dengan kebenaran ini: dunia tidak  gelap karena semua jahat; dunia gelap karena begitu sedikitnya orang-orang Kristen yang memancarkan terang.


Tuhan menerangi/mengiluminasi orang-orang Kristen tetapi kita kerap bersalah menyembunyikan terang kita dibawah gantang (Matius 5:15). Mengapa hal ini terjadi? Saya selalu mendapatkan  banyak orang Kristen tidak mengetahui siapakah mereka. Ketika kita bingung akan identitas atau jati diri kita bersama dengan Kristus, kita akan masih berada didalam sebuah keadaan  bayi. Jelas-jelas ini tidak dapat diterima. Anda tidak akan pernah dapat puas dengan anak-anakmu jika mereka  menolak untuk bertumbuh dewasa. Demikian  juga,  Tuhan berkata.”Orang percaya, keluarlah dari ruang perawatan anak dan jadilah pasukan infantri. Aku membutuhkanmu di garis-garis depan  pada brigade perang-Ku.”Satu cara untuk dapat berguna adalah dengan mengerjakannya melalui identitas kita didalam Kristus. Anda dapat melakukan hal ini hanya dengan membaca seluruh Perjanjian Baru dan memperhatikan setiap deskripsi yang  Tuhan berlakukan terhadap orang-orang percaya. Apapun yang anda lakukan—jangan kedapatan sedang tertidur!



Selanjutnya : Menantikan KedatangKembali Kristus

No Sleep Walking! (1 Thessalonians 5:1-11) | diterjemahkan dan diedit  oleh : Martin Simamora

P O P U L A R - "Last 7 days"