0 Engkau Akan Dibaptis Dengan Roh Kudus : Menerima Kuasa Untuk Bersaksi

Digambarkan Sebagai Kuasa untuk Bersaksi

Penunjuk kedua bahwa ini adalah esensi dibaptiskan dengan Roh Kudus ditemukan dalam Kisah Para Rasul 1:6-8. Segera  setelah Yesus berkata bahwa mereka akan dibaptis dengan Roh Kudus (ayat 5), para murid berkata, " Tuhan, maukah engkau kini memulihkan kerajaan Israel?' Ia berkata kepada mereka,"Jawab-Nya: "Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya.Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."



Jadi disini baptisan dengan Roh Kudus dipandang sebagai "turun kepada" yang memberikan kuasa untuk bersaksi. Sehingga penunjuk kedua adalah memberdayakan sebagai esensi dibaptis dengan Roh.

Hal-Hal  Terkait Lahir Baru/ Konversi Tidak Diulas

Perhatikan bahwa tidak satupun dari teks-teks ini menganjurkan bahwa apa yang sedang terjadi didalam peristiwa baptisan Roh Kudus adalah kelahiran kembali atau konversi atau penyatuan dengan Kristus. Ada alasan-alasan baik untuk meyakininya bahwa para murid sudah lahir kembali dan telah dikonversi dan telah memiliki Roh Kudus yang  berdiam didalam diri mereka (Yohanes 13:10; 15:3; Roma 8:9; Yohanes 3:5).

Tetapi yang lebih penting lagi daripada
itu adalah fakta bahwa hal kelahiran baru dan konversi para murid sama sekali tidak diulas dalam Kisah Para Rasul 1  dan 2.

Yesus tidak berkata, tunggu di Yerusalem hingga kamu dilahirkan kembali dan dikonversi atau dilekatkan kedalam tubuh
Kristus. Ia berkata hingga kamu berpakaiankan kuasa. Dia tidak berkata, kamu akan menerima keanggotaanmu dalam tubuh Kristus ketika Roh Kudus turun kepadamu. Ia berkata, " Kamu akan menerima kuasa jika Roh Kudus turun kepadamu."

Dan perhatikan ditempat ketiga, bahwa ketika Petrus menjelaskan janji-janji  apa yang diucapkan Bapa yang akan digenapinya dalam baptisan Roh Kudus, ia berfokus pada janji dalam  Yoel 2. Ada janji-janji yang  berangkali  menekankan janji Roh akan membawa kelahiran baru (seperti Yehezkiel 11:19; 36:26f). Tetapi hal ini tidak menjadi   fokus Petrus dan Lukas.

Petrus berkata bahwa baptisan Roh Kudus adalah penggenapan Yoel 2; dan apa yang dijanjikan 
Yoel 2 secara eksplisit bukan kelahiran baru atau konversi atau keanggotaan tubuh Kristus, tetapi kuasa baru untuk  bernubuat. "Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia; maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat, dan teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan, dan orang-orangmu yang tua akan mendapat  mimpi" (Kisah Para Rasul 2:17).



Bersambung

John Piper, You Will Be Baptized with the Holy Spirit | Martin Simamora

P O P U L A R - "Last 7 days"