0 Bukti Teks-Teks Anti Tritunggal Sudah Terbantah! (Bagian 3)

  • Argumen Keliru Anti Trinitarian #4
Trinatrian tak memiliki ide apa yang harus dilakukan dengan Yohanes 17:3. Mereka tidak dapat menjelaskan lebih lanjut ayat tersebut dan tidak memiliki ide apa sebenarnya yang dikemukakan oleh Yohanes 17:3. Mereka tidak pernah memberitahukan kepada kita apa yang diajarkan Yohanes 17:3 dan  dengan segera menghindarinya dan melanjutkannya ke ayat selanjutnya.

Sebelumnya : Bagian 2
  • Argumen Keliru Anti Trinitarian #4  sudah Terbantah

Tuduhan yang keliru, karena kita telah secara jelas memperlihatkan apa yang dikatakan oleh ayat tersebut. Tetapi Saksi-Saksi Yehuwa sendiri harus mengambil  ayat pendukung selain Yohanes 17:3 untuk menghindar dari kesimpulan logis bahwa jika Yesus bukan "Tuhan yang benar", Yesus pastilah "Tuhan yang palsu". Ketika Saksi-Saksi Yehuwa merujuk selain Yohanes 17:3 untuk membuktikan  Yesus bukan "Tuhan yang salah" tetapi "Tuhan yang benar namun kedudukannya lebih rendah", demikian juga dengan kita akan merujuk selain Yohanes 17:3 untuk secara benar membuktikan bahwa Yesus adalah "Tuhan yang benar". Saksi-Saksi Yehuwa tidak dapat membuktikan bahwa Yesus adalah "tuhan yang benar namun dengan kedudukan yang lebih rendah" dengan Yohanes 17:3 saja. Setidaknya Trinitarian cukup jujur dengan pertama-tama mengakui hal ini kemudian kedua secara terbuka mengakuinya.
  • Argumen Keliru Anti Trinitarian #5
Bapa disebut "Tuhan yang benar" dalam Yohanes 17:3. Yesus tidak pernah disebut "Tuhan yang benar" karena ia  tuhan ciptaan dengan posisi yang lebih rendah daripada TUHAN (Yehovah). Faktanya bahwa Bapa adalah "Tuhan yang benar"  tidak membuat Yesus sebagai Tuhan yang salah, lebih lagi dibandingkan dengan  manna yang palsu  sebab Yesus disebut juga  "roti yang benar/sejati" dalam Yohanes 6:32. Bapa dan Anak keduanya adalah "TUHAN" sebagaimana Yesus dan manna keduanya adalah "roti". Tetapi yang satu adalah yang BENAR  asli dan yang lainnya merupakan salinan/gambar/antitipe.
  • Argumen Keliru Anti Trinitarian#5 telah terbantah

Saksi-Saksi Yehuwa berpendapat bahwa semenjak Bapa saja  yang disebut "Tuhan yang benar" (Yohanes 17:3) namun Anak tidak pernah disebut "apapun yang lebih tinggi dari sekedar "Tuhan" (Yohanes 1:1; Yesaya 9:6), ini berarti bahwa Yesus adalah Tuhan yang lebih rendah daripada Bapa.

Pandangan SSY yang mengandung berbagai anomali tanpa makna dan membangun seluruh sistem teologinya berdasarkan anomali-anomali semacam ini. Sayangnya, logika semacam ini salah sama sekali sebagaimana yang akan kita perlihatkan : Semenjak Yesus disebut "Terang yang benar/sejati" (Yohanes 1:9; 8:12) dan Bapa tidak pernah disebut "apapun yang lebih tinggi" dari sekedar "Tuhan adalah terang" (1 Yohanes 1:5; Wahyu 22:5) ini pasti membuktikan , (menurut logika SSY) bahwa  Terang Bapa lebih rendah daripada Anak.

Namun kita tahu bahwa SSY mengajarkan (bahkan pengajaran mereka keliru) secara tepat berlawanan dengan Ibrani 1:3 "Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah", dimana mereka berargumentasi bahwa Bapa adalah terang yang benar dan Yesus ( mahluk ciptaan) adalah tak lebih daripada sebuah refleksi yang tepat akan terang sejati Tuhan. JIKA penggunaan eksklusif istilah "BENAR" dalam Yohanes 17:3 adalah sebuah peta jalan untuk menentukan kedudukan antara Bapa dan Anak, maka hal yang sama juga diterapkan pada Yohanes 1:9 akan menentukan bahwa Bapa kedudukannya lebih rendah daripada Yesus dalam hal sebagai Terang.

Sehingga kita telah membuktikan bahwa Yesus dapat menjadi "Tuhan yang benar"  walaupun ia tidak  pernah disebut demikian.

Kesimpulannya, "Tuhan yang benar" dalam Yohanes 17:3 tidak membuat kedudukan Yesus lebih rendah, demikian juga  dengan "Terang yang Benar" dalam Yohanes 1:9 dimana dikesankan Bapa lebih rendah kedudukanya.
  • Argumen Keliru Anti Trinitarian #6
Kata MONOS (satu-satunya) pasti bersifat eksklusif dalam Yohanes 17:3. Logikanya jika Yohanes 17:3 mengecualikan Yesus dari keilahiannya, maka Yudas 4 mengecualikan Bapa sebagai Penguasa dan Tuhan, ini adalah pemikiran yang salah. Ini disebut : logika tidak dapat meniadakan arti dasar yang sederhana, makna kata MONOS yang selalu bersifat eksklusif. Ini karena Godship mencakup Lordship, tetapi Lordshp tidak harus mencakup Godship.
  • Argumen Keliru Anti Trinitarian #6 Sudah Terbantah

Kami ingin anda memperhatikan pada kenyataan bahwa argumen semacam ini secara aktual akan takluk dengan sendirinya. SSY berargumen bahwa "MONOS" (hanya) pasti bersifat eksklusif dalam Yohanes 17:3, KEMUDIAN bertentangan dengan argumen mereka sendiri dan mengakui bahwa MONOS tidak bersifat eksklusif dalam Yudas 4.

SSY bahkan memberikan kita sebuah alasan  MENGAPA "MONOS" TIDAK DAPAT MENJADI EKSKLUSIF" dalam Yudas 4 :"Ini karena Godship mencakup Lordship, tetapi Lordship tidak harus mencakup Godship."  Tetapi alur alasan semacam ini runtuh sepenuhnya karena Bapa juga disebut "Juru Selamat Satu-Satunya" (Yesaya 43:11; 45:21; Hosea 13:4; Yudas 25) dan "Satu-Satunya Raja" (Zakaria 14:9).

Alasan SSY ini akan mengecualikan Yesus untuk  menjadi  Juru selamat dan Raja! Sehingga kembali kita mengafirmasi bahwa jika Yohanes 17:3 mengecualikan Yesus dari menjadi "Tuhan yang Benar", maka Yesus juga dikecualikan menjadi seorang Juru Selamat atau Raja dan Tuan.

Pada dasarnya tidak ada sama sekali cara bagi anti Trinitarian dapat meluputkan dirinya dari logika yang tidak dapat terbantahkan semacam ini, tak peduli seberapa hebat upaya mereka untuk melakukannya.

Yohanes 17:3 tidak mengecualikan Yesus dari Tuhan lagi, demikian juga dengan Yudas 4 tidak mengecualikan Bapa sebagai Tuan atau Yudas 25 mengecualikan Yesus sebagai Juru selamat. Sehingga ketika anti Trinitarian memutuskan "MONOS" (satu-satunya) adalah bersifat eksklusif dan ketika keputusan itu  tidak didasarkan pada bias teologi mereka sendiri, tidak ada definisi kata atau aturan/ketentuan yang   berasal dari bahasa Yunani!

Dokumentasi Rangkuman :

Kualitas-Kualitas yang dikatakan hanya dimiliki oleh Yehovah (Bapa) :

Apakah Yehovah (Bapa) saja disebut Pencipta sehingga Yesus dikecualikan kedudukannya sebagai Tuhan?
TIDAK!
Menurut logika Saksi-Saksi Yehuwah, jika Yohanes 17:3 mengesampingkan Yesus sebagai yang disebut Tuhan yang benar, maka Yesaya 44:24  juga mengecualikan Yesus sebagai yang disebut Pencipta (Padahal Yesus disebut Pencipta dalam Yohanes 1:1-3 dan Kolose 1:16-17)
Apakah Yehovah satu-satunya Batu Karang sehingga Yesus dikesamping sebagai yang disebut  Batu Karang?
TIDAK!
Menurut logika Saksi-Saksi Yehuwah, jika Yohanes 17:3 mengesampingkan Yesus dari yang disebut Tuhan yang benar, maka Yesaya 44:8; Ulangan 32:4,12 ; Mazmur 62:2 mengesampingkan Yesus dari yang disebut  Batu Karang. (Padahal Yesus disebut Batu Karang dalam 1 Korintus 10:4)
Apakah Yehovah Satu-Satunya Juru Selamat sehingga Yesus dikesampingkan sebagai yang disebut Juru Selamat?
TIDAK!
Menurut logika Saksi-Saksi Yehuwa, jika Yohanes 17 : 3 mengesampingkan Yesus dari yang disebut Tuhan yang benar, maka Yesaya 43:11;45:21; Hosea 13:4; Yudas 25 mengesampingkan Yesus dari yang disebut Juru Selamat. (Padahal Yesus disebut Juru Selamat dalam Titus 2:13)
Apakah Yehovah satu-satunya Raja sehingga Yesus dikesampingkan dari yang disebut Satu-satunya Raja?
TIDAK!
Menurut logika Saksi-Saksi Yehuwa, jika Yohanes 17:3 mengesampingkan Yesus dari yang disebut Tuhan yang benar, maka Zakaria 14:9 mengesampingkan Yesus dari yang disebut Raja (Padahal Yesus disebut Raja dalam Yohanes 18:37 dan 1 Timotius 6:15)
Apakah Yehovah satu-satunya yang Kudus sehingga Yesus dikesampingkan sebagai  satu-satunya yang Kudus?
TIDAK!
Menurut logika Saksi-Saksi Yehuwah, jika Yohanes 17:3 mengesampingkan Yesus sebagai yang disebut Tuhan yang benar, maka Wahyu 15:4 mengesampingkan Yesus dari yang disebut “Dia yang Kudus”. (Padahal Yesus disebut “Dia yang Kudus” dalam Markus 1:24; Kisah Para Rasul 3:14; Yohanes 6:69)
Apakah Yehovah satu-satunya Dia yang Baik sehingga Yesus dikesampingkan sebagai Dia yang Baik?
TIDAK!
Menurut logika Saksi-Saksi Yehuwa, jika Yohanes 17:3 mengesampingkan Yesus dari yang disebut Tuhan yang benar, maka Markus 10:18 mengesampingkan Yesus dari yang disebut Baik (Padahal Yesus disebut yang Baik dalam Matius 23:8 dan Yohanes 10:11
Kesimpulan
Apakah Yehovah satu-satunya Tuhan yang Benar sehingga hal ini mengesampingkan Yesus sebagai Tuhan yang Benar? TIDAK!

Kualitas-Kualitas yang dikatakan hanya dimiliki oleh Yesus Kristus:

Apakah Yesus Satu-Satunya Penguasa sehingga  mengesampingkan Yehovah juga sebagai Satu-satunya Penguasa? TIDAK!
Menurut logika Saksi-Saksi Yehuwa, jika Yohanes 17:3 mengesampingkan Yesus dari yang disebut Tuhan yang benar, maka Yudas 4, Kisah Para Rasul 4:24, 2 Petrus 2:1 mengesampingkan  Bapa (Yehovah) dari yang disebut Penguasa kita. (Padahal Bapa disebut Penguasa kita dalam 2 Timotius 2:21, Nehemia 10:29, Mazmur 8:1, Yesaya 1:24)
Apakah Yesus Satu-Satunya Tuan sehingga mengesampingkan Yehovah (Bapa) sebagai Satu-satunya Tuan? TIDAK!
Menurut logika Saksi-Saksi Yehuwa, jika Yohanes 17:3 mengesampingkan Yesus dari yang disebut Tuhan yang benar, maka Yudas 4, Efesus 4:4, 1 Korintus 8:4,6, Matius 6:24 mengecualikan Bapa dari yang disebut Tuan kita (Padahal Bapa disebut Tuan kita  ratusan kali)
Apakah Yesus adalah Satu Satunya Guru sehingga mengesampingkan Bapa sebagai Satu-Satunya Guru? TIDAK!
Menurut logika Saksi-Saksi Yehuwa, jika Yohanes 17:3 mengecualikan Yesus dari yang disebut Tuhan, maka Matius 23:8,10 dan Yohanes 13:13 mengecualikan Bapa dari yang disebut Guru kita . (padahal Bapa disebut Guru kita dalam Mazmur 119:12 dan Yesaya 30:20)
Apakah Yesus  adalah Satu-satunya Gembala sehingga mengecualikan Bapa disebut Satu-satunya Gembala? TIDAK!
Menurut logika Saksi-Saksi Yehuwah, jika Yohanes 17:3 mengecualikan Yesus dari yang disebut Tuhan yang benar, maka Yohanes 10:11,16 dan Yehezkiel 34:23 mengesampingkan Bapa dari yang disebut Gembala kita. (Padahal Bapa disebut Gembala kita dalam Yesaya 40:11; Mazmur 23:1; 80:1)
Apakah Yesus adalah Satu-satunya yang Berdaulat sehingga Bapa tidak disebut Satu-Satunya yang Berdaulat? TIDAK!
Menurut logika Saksi-Saksi Yehuwa, jika Yohanes 17:3 mengesampingkan Yesus dari yang disebut Tuhan yang benar, maka 1 Timotius 6:15-16 mengecualikan Bapa dari yang disebut Berdaulat. (Padahal Bapa disebut    Berdaulat atas kita dalam 1 Korintus 15:27)
Apakah Yesus adalah Satu-Satunya yang ABADI sehingga mengecualikan Bapa sebagai  Satu-satunya yang  ABADI?TIDAK!
Menurut logika Saksi-Saksi Yehuwa, jika Yohanes 17:3 mengesampingkan Yesus  adalah  Tuhan Yang benar, maka 1 Timotius 6:15-16 mengecualikan Bapa dari Yang Abadi. (Padahal Bapa juga disebut Abadi/Kekal)
Kesimpulan :
Apakah Bapa adalah Satu-satunya Tuhan yang Benar sehingga Yesus tidak disebut Satu-Satunya Tuhan yang Benar? TIDAK!


Dokumentasi yang terinci :

Kualitas-Kualitas yang  dikatakan hanya dimiliki Bapa :

DIA  Satu-satunya Pencipta

Bapa (Yehovah)dikatakan  menjadi DIA Satu-Satunya Pencipta
Yesaya 44:24 Beginilah kata TUHAN Penyelamatmu yang membentuk engkau sejak dalam kandungan, "Akulah TUHAN yang menjadikan segala-galanya, yang sendirian membentangkan langit, dan tanpa bantuan menjadikan bumi.
Namun demikian bahasa dalam Yesaya 44:24 tidak mengesampingkan Yesus Kristus dari yang  menjadi Pencipta segala sesuatu
Yohanes 1:1-3 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.
Kesimpulan :
  1. Jika kita mengecualikan Yesus Kristus dari fungsi Pencipta karena bahasa yang digunakan dalam Yesaya 44:24, makan menjadi logika yang sama buruknya bahwa Saksi-Saksi Yehuwa menggunakannya untuk mengesampingkan Yesus Kristus dari frasa “Satu-Satunya Tuhan yang Benar” dalam Yohanes 17:3
  2. Walaupun Yesaya 44:24 berkata bahwa Yehovah atau Bapa telah menciptakan bumi dan seluruh isinya sendirian, Yohanes 1:1-3 dan Kolose 1:16-17, secara jelas membuktikan bahwa Yesus  secara actual adalah pribadi yang melakukan penciptaan. Firman Tuhan menginterpretasikannya sendiri!
  3. Menurut logika Saksi-Saksi Yehuwah, jika Yohanes 17:3 mengecualikan Yesus dari yang disebut Tuhan yang benar, maka Yesaya 44:24  mengesampingkan Yesus dari yang disebut Pencipta. (Padahal Yesus disebut pencipta dalam Yohanes 1:1-3 dan Kolose 1:16-17)


Bersambung

Martin Simamora | Anti-Trinity Proof Texts Refuted  |bible.ca

P O P U L A R - "Last 7 days"