0 Siapa sih yang memegang kendali disini? Jika Tuhan berdaulat, lalu apa?


Mazmur 139:16
mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satupun dari padanya.”
Baiklah,  bagaimana jika saya membenarkan bahwa  baik  kehendak “bebas” (diriku atau siapapun juga), peluang, Setan, atau roh-roh jahat TIDAK dapat menjegal  rencana-rencana Tuhan  atau menahan tangan-Nya untuk melakukan apapun yang Dia hendak lakukan? Bagaimana hal ini  membuat perubahan didalam hidupku? Ketika badai-badai dalam kehidupan melanda, ketika orang-orang yang dikasihi meninggalkan dunia ini, ekonomi  hancur dan saya kehilangan pekerjaanku, apa yang dapat diberikan  kedaulatan Tuhan kepadaku? Akankah kedaulatan Tuhan menghidupkan kembali yang mati, menyediakan kebutuhan bagi keluargaku, atau  meringankan beban-beban  kehidupan  yang saya tanggung setiap hari?




Ketika hidup terlihat  hampa tak lebih dari kekacauan tanpa arah, pertimbangkanlah Ibrani 12:1 “…marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita.” Perlombaan yang diwajibkan bagi kita? Uh!  Ada sebuah perlombaan yang diwajibkan bagi kita? Beberapa versi  berkata “ ditentukan sebelumnya bagi kita.” Ini bermakna  “ telah  dipersiapkan, dirancang  terlebih dahulu didepan.” Seperti  pemain ski  slalom --(permainan ski dimana peski meluncur pada jalur meliuk-liuk yang ditandai dengan tongkat-tongkat  sebagai penentu alur- red)—yang berlomba  menuruni lereng dengan kecepatan yang berbahaya, nampaknya  diluar kendali, kita bergerak melalui gerbang-gerbang kehidupan yang telah ditentukan dan  kendali penuh Tuhan pada setiap aspek kehidupan kita menjaga kita tetap berada pada jalur yang tepat sebagaimana yang telah Dia rencanakan bagi kita.


untuk perbandingan, Ibrani 12:1 dalam versi lainnya :

ESV: Therefore, since we are surrounded by so great a cloud of witnesses, let us also lay aside every weight, and sin which clings so closely, and let us run with endurance the race that is set before us

KJV: Wherefore seeing we also are compassed about with so great a cloud of witnesses, let us lay aside every weight, and the sin which doth so easily beset us, and let us run with patience the race that is set before us,

NASB: Therefore, since we have so great a cloud of witnesses surrounding us, let us also lay aside every encumbrance and the sin which so easily entangles us, and let us run with endurance the race that is set before us

Tidak ada hal yang mengejutkan Tuhan; tidak ada hal yang membuat Dia tersingkir atau terjegal dari  rencana-Nya. Tujuan-Nya atas setiap anak-anak-Nya  telah ditentukan sejak semula. Yeremia 29:11 “Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.”   Mazmur 139:16 menambahkan “mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satupun dari padanya.” Jadi tidak hanya kita dapat menjadi  yakin bahwa setiap hal yang terjadi telah ditentukan sejak semula oleh Tuhan; kita juga memiliki jaminan bahwa rencana-Nya bagi kita adalah untuk kebaikan kita, harapan kita dan masa depan kita.

Yesus Kristus secara pasti menemukan kenyamanan dalam kedaulatan Tuhan. Dia tidak menjawab pertanyaan-pertanyaan Pontius Pilatus, dan Pilatus berkata “"Tidakkah Engkau mau bicara dengan aku? Tidakkah Engkau tahu, bahwa aku berkuasa untuk membebaskan Engkau, dan berkuasa juga untuk menyalibkan Engkau?" Yesus menjawab: "Engkau tidak mempunyai kuasa apapun terhadap Aku, jikalau kuasa itu tidak diberikan kepadamu dari atas (Yohanes 19:10-11).”  Yesus telah mengetahui darimanakah kuasa itu berasal dan siapa yang  memegang kendali  atas rencana tersebut. Yesus juga  memahami bahwa rencana Tuhan untuk keuntungan sebesar-besarnya bagi jutaan orang yang akan datang kepada Kristus agar selamat—keuntungan, pengharapan, dan masa depan yang telah dijanjikan dalam Yeremia 29:11.


Kenyamanan dan damai  yang diberikan kepada mereka yang menjadi milik Tuhan  melalui Kristus adalah sangat besar! Merubah kehidupan, memberikan semangat yang luar biasa, dan sangat luar biasa. Bayangkan, pikirkan,  seperti apakah seramnya  Tuhan yang berdaulat penuh  ini jika Dia juga  tidak baik, tidak mengasihi, murah hati, penuh belas kasih, setia, tidak memiliki kasih sayang, dan tidak kekal.

Kita akan meninjaunya pada  waktu  berikutnya.

Who is charge here anyway?  | diterjemahkan oleh : Martin Simamora


P O P U L A R - "Last 7 days"