0 "ORANG PERCAYA & PENCOBAAN"

Kutipan khotbah Pdt. Esra Soru (Minggu, 12 Feb 2012)

Tetapi lebih dari itu mengapa setan sepertinya begitu ngotot menjatuhkan Yesus? Karena dia tahu bahwa Yesus adalah ancaman bagi dia dan kerajaannya. Yesus akan memberitakan Injil dan ini akan mengakibatkan setan kehilangan banyak pengikut (Mat 4:23), Yesus juga akan mengusir mereka sehingga mereka akan kehilangan banyak “tempat tinggal” (Mat 12:28), bahkan kadang-kadang Yesus tidak ijinkan mereka berbicara (Mark 1:34). Bukan hanya itu, Yesus juga memberikan kuasa-Nya kepada murid-murid-Nya sehingga mereka ikut-ikutan mengusir setan (Mat 10:8). Pada akhirnya Yesus akan menebus dosa manusia di atas kayu salib yang berarti kekalahan mereka.


Itu berarti bahwa Yesus adalah seorang yang sangat penting dalam kerajaan Allah dan sekaligus itu menjadi ancaman terbesar bagi kerajaan setan. Karena itulah setan berusaha sedemikian rupa, menyerang dengan berbagai cara, berbagai strategi dalam kesempatan-kesempatan yang paling menentukan supaya kalau bisa Ia dijatuhkan. Ingat bahwa kalau Yesus berdosa 1 kali saja, Ia tidak layak lagi menjadi penebus dosa dan itu berarti kemenangan setan. Karena itu setan menyerang-Nya dengan hebat.

Di sini kita dapati 1 prinsip penting bahwa sekalipun setan akan menyerang semua anak Tuhan, ia akan mengarahkan panah-panah terbaiknya yang paling berbahaya kepada orang-orang penting dalam Kerajaan Allah yang dirasa akan menjadi ancaman besar bagi kerajaannya. Semakin penting seseorang dalam Kerajaan Allah, semakin bermanfaat seseorang bagi gereja Tuhan, semakin giat seseorang memenangkan jiwa-jiwa, setan akan berjuang sedemikian rupa untuk menghancurkannya.

Semakin penting seseorang dalam Kerajaan Allah, semakin bermanfaat seseorang bagi gereja Tuhan, semakin giat seseorang memenangkan jiwa-jiwa, setan akan berjuang sedemikian rupa untuk menghancurkannya.

Matthew Henry – Iblis menaruh dendam khusus kepada orang-orang yang bermanfaat,...” (Injil Matius 1-14, hal. 94).

Matthew Henry – Perhatikanlah, ketika kita telah menjalin persekutuan yang sangat menyenangkan dengan Allah dan memperoleh pernyataan kasih-Nya sedalam-dalamnya, maka kita harus sadar bahwa iblis akan terdorong untuk menyerang kita (kapal yang paling kaya selalu menjadi sasaran utama para perampok)…” (Injil Lukas, hal. 149).

Secara kolektif, setan juga akan memfokuskan serangannya pada gereja-gereja yang sungguh-sungguh memberitakan Injil karena gereja itu adalah ancaman bagi kerajaan setan. Itulah sebabnya setan biasanya mengarahkan serangannya yang paling hebat kepada hamba-hamba Tuhan atau gereja-gereja yang dengan sungguh-sungguh melayani dan memberitakan Injil dan kadang mengabaikan atau memberikan serangan seadanya bagi hamba-hamba Tuhan atau gereja yang dianggap bukan ancaman, yang melayani tidak sungguh-sungguh, yang melayani dengan motivasi salah, dsb. Karena itulah maka kita sering mendengar ada banyak hamba Tuhan yang hebat akhirnya jatuh dan hancur karena serangan setan. Ada begitu banyak gereja yang bagus dikacaubalaukan oleh setan.

Karena itu biarlah semua hamba Tuhan yang terjun di dalam pelayanan apalagi pelayanan yang berkaitan dengan pemberitaan Injil harus berhati-hati dan bertekun di dalam doa agar tidak jatuh dalam pencobaan setan.

Mat 26:41 - Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah."

Tetapi juga bagi kita semua, biarlah kita tidak hanya berdoa untuk diri kita sendiri tetapi secara khusus mau berdoa untuk hamba-hamba Tuhan yang sedang Tuhan pakai secara heran, yang dengan gigih melayani Tuhan, memberitakan Injil, dsb karena orang-orang seperti itu menjadi fokus serangan setan. Mereka menerima pencobaan lebih banyak dan lebih berat dari saudara-saudara yang lain.

1 Tes 5:25 - Saudara-saudara, doakanlah kami.

Maukah saudara melakukan itu dalam doa-doa saudara secara rutin?

By. Esra Alfred Soru | Gereja Kristen Injili Nusantara (GKIN)

P O P U L A R - "Last 7 days"