0 Apa Yang Telah Berubah Karena Kematian Yesus? (Bagian 3)~ r e v i s i

loudcry.org
Kala Reformasi terjadi, memang telah merestorasi hal doktrin 'keselamatan oleh iman", menentang sistem Roma Katolik yang  melandaskan pada upaya-upaya lainnya dan keselamatan melalui Gereja. Sayangnya, reformasi kala itu tak merestorasi peran Roh Kudus yang sangat menentukan.


Kekhawatiran untuk mengeksplorasi karunia Roh Kudus juga terjadi, disebabkan berbagai kontroversi doktrin-doktrin  seperti "baptisan Roh Kudus" dan berbagai ekses yang yang  tak terkendali pada Pentakostalisme. Terjemahan Alkitab  King James Version  menyebut Roh Kudus sebagai "Holy Ghost", yang sangat membingungkan dan lebih buruk lagi menakutkan sebagai akibat penggunaan "Holy Ghost". Apalagi, KJV tidak konsisten dalam menerjemahkan "pneuma" sebagai "ghost" dan, akibatnya, secara implisit menimbulkan konsep-konsep yang tak terhubungkan sehingga  perlu dihubungkan.

Baca : Bagian 2


Disini ada satu contoh  yang memperlihatkan ketakkonsistenan penerjemahan "peneuma" dalam KJV:


  • Then Peter said unto them, Repent, and be baptized every one of you in the name of Jesus Christ for the  remission of sins, and ye shall receive the gift of the Holy Ghost. (Acts 2:38)
  • This only would I learn of you, Received ye the Spirit by the works of the law, or by the hearing of faith?  (Galatians 3:2)


Akibat yang ditimbulkan, apa yang seharusnya menjadi  sudut pandang  yang terdepan dan pusat dalam cara pandang dunia Kristen, tidak tertampilkan dimuka.


Saya berniat memperlihatkan bahwa kehadiran  Roh Kudus didalam diri orang percaya adalah hal  prinsipil yang berubah  karena kematian Yesus. Dampak-dampak yang ditimbulkan fakta ini sungguh luar biasa. Anda tak perlu khawatir bahwa saya akan menimbulkan kontroversi dengan mempromosikan bahasa lidah atau "pembaruan" atau sebuah pengalaman terpisah yang mendahului  "keselamatan". Lebih cenderung, saya berharap untuk memperlihatkan kepada anda bahwa Roh adalah  yang membawa kuasa bagi berita Injil :
  • Oleh Roh Kudus, kita telah dibuat menjadi ciptaan baru. Manusia rohani, kita telah dibuat berbeda.

  • Oleh Roh Kudus, kita memiliki akses untuk mendekat dengan Bapa bahkan dalam waktu-waktu pencobaan dan kegagalan.

  • Oleh Roh Kudus, kita memiliki kesatuan, kuasa dan anugerah-anugerah yang dilakukan oleh Yesus saat ia berada di dunia.

Cermatilah daftar diatas ini, tidak ada hal yang mengejutkan. Tetapi ada yang berubah : Tak seorangpun dalam era  Perjanjian Lama yang memiliki hal semacam ini. Tak ada sama sekali! Roh Kudus datang keatas pribadi-pribadi tertentu  seperti Samson dan Daud, Tetapi Roh Kudus  tidak berdiam/tinggal dan kehadirannya kerap sementara waktu. Dan  demikian juga bila kita membaca tentang pekerjaan Roh Kudus dalam Perjanjian Baru, kita membaca mengenai apa yang telah berubah saat Yesus wafat.



Mari lihat buktinya :


Yohanes Pembaptis :


Yohanes Pembaptis adalah nabi yang mempersiapkan latar belakang pelayanan Yesus. Ia telah berbicara mengenai dosa dan melaksanakan sebuah baptisan yang berorientasi kepada pertobatan dari dosa.



Tetapi perhatikan bagaimana ia  menggambarkan apa yang akan digenapi oleh Yesus :

  • Matius 3:11
Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa  dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.
  • Markus 1:8
Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus."
  • Lukas 3:16
Yohanes menjawab dan berkata kepada semua orang itu: "Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia yang lebih berkuasa  dari padaku akan datang dan membuka tali kasut-Nyapun aku tidak layak. Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus dan  dengan api.
  • Yohanes 1:33
Dan akupun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis  dengan Roh Kudus
  • Kisah Para Rasul 1:4-5

(4) Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, yang--demikian kata-Nya--"telah kamu dengar dari pada-Ku.(5)  Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus."


Pada setiap keempat Injil mencatat perkataan Yohanes yang menyatakan Yesus datang untuk membaptis kita dalam Roh  Kudus.
Bagi Yohanes ini adalah  kunci perbedaan dari apa yang telah datang sebelumnya. Perbedaan itu adalah : Yesus  akan membatis kita dengan Roh Kudus. Yesus lalu meneguhkan hal ini dengan merujuk baptisan Yohanes dan Roh Kudus  yang segera datang.

Yesus Sebelum Kematiannya :

Tepat sebelum penangkapan dan penyalibannya, Yesus telah mengatakan kepada murid-muridnya mengapa adalah baik baginya untuk mati :


  • Yohanes 16:7
Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.


Dan siapakah penolong ini? Yesus telah berulang kali menyebut Dia :

  • Yohanes 14:16-17

(16) Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,(17) yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.


  • Yohanes 14:26
Tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.


  • Yohanes 15:26
(26) Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.


  • Yohanes 16:13-15
(13) Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.(14) Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.(15) Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku."

Yohanes Pembaptis  menghubungkan Kedatangan Yesus dengan baptisan Roh Kudus. Yesus kini menghubungkan kematiannya dengan kedatangan Roh Kudus. Hal ini tidak akan diketemukandalam pemahaman Perjanjian Lama "berdiam didalam engkau." Perjanjian Lama akan menyatakan hal ini sebagai hal yang baru : "akan berdiam didalam engkau".

Bersambung: Bagian 4



Martin Simamora | What changed because Jesus died? , Donald E. Curtis |bible.org





P O P U L A R - "Last 7 days"