picstopin.com |
Daniel B. Wallace, Ph.D
Bagian 1 : Salib menyediakan akses kepada Bapa: memberikan kepada kita sebuah kelahiran baru sehingga kita sungguh-sungguh merupakan anak-anak Tuhan. Namun demikian, orang-orang Kristen masih berdosa. Kita masih manusia yang rusak. Sekalipun kita adalah anak-anak Tuhan, kita kerap tidak berjalan bersama dengan Tuhan sebagaimana seharusnya. Dan itu adalah keberdosaan kita yang masih berlangsung, setelah kita diselamatkan, yang menyebabkan kita berupaya untuk menutup-nutupi perbedaan-perbedaan moral antara Tuhan dan diri kita sendiri.
B. Pengakuan Kebobrokan/Kebejadan oleh Manusia (1 Yohanes1:6-10)
Setelah
Yohanes membangun penjelasan tentang siapakah
Tuhan, dia kemudian beralih kepada kita
dan bagaimana hubungan kita dengan
Tuhan. Yohanes tidak akan mengizinkan
kita untuk merasionalisasikan ( semacam upaya pembenaran) dosa kita. Menjadi
berada didalam terang Tuhan berarti menjadi
dipaparkan terhadap kebenaran
tentang Diri Tuhan dan diri kita.
Namun
demikian ada sebuah problem sukar yang
kita hadapi. Pada ayat 6-10, Yohanes mengimitasi
atau meminjam tiga pandangan keliru yang dianut oleh para penentangnya dalam penjelasannya dan kemudian memperlihatkan bagaimana dalam pandangan-pandangan tersebut kehilangan
hal pentingnya. Kesemua hal yang terlewatkan adalah segala hal yang terkait
dengan kebobrokan/kebejadan manusia; semua hal yang terkait dengan bersembunyi
dari terang.
1. Berjalan
didalam Kegelapan ( 1 Yohanes 1:6-7)
Pertama, pada ayat 6, Yohanes berkata :” Jika kita katakan, bahwa kita beroleh persekutuan dengan Dia, namun kita hidup di dalam kegelapan, kita berdusta dan kita tidak melakukan kebenaran.”
Yohanes melanjutkan penggambaran yang dia telah mulai pada ayat 5, yaitu terang dan kegelapan.
Prasyarat pertama untuk bersekutu adalah : berjalan didalam terang. Jujur terhadap Tuhan mengenai siapakah dan apakah anda!
Tetapi ini menimbulkan sebuah masalah. Untuk memiliki persekutuan dengan Tuhan, harus berada didalam terang, bukankah dengan demikian kita harus menjalani kehidupan yang tak berdosa? Dapat terlihat seperti itu bila terang bermakna kekudusan.
Implikasi-implikasi dengan makna yang demikian sangat luas : jika “terang” bermakna kekudusan, maka untuk berjalan didalam terang dapat terlihat memiliki makna kekudusan yang absolut atau sempurna. Maknanya memang dapat persis seperti ini karena beberapa orang memiliki pengertian tentang terang dalam cara seperti ini, bahwa mereka memandang persekutuan dengan Tuhan sebagai sesuatu dimana kita dapat berada didalam (persekutuan) pada satu waktu tertentu dan diluar pada waktu berikutnya. Saya pikir pendekatan semacam ini menghasilkan seorang Kristen yang mengalami sakit jiwa schizophrenia yang membuatnya berkesimpulan bahwa dia adalah seorang yang rohani pada satu saat tertentu dan seorang yang duniawi pada waktu berikutnya. Jeleknya, dia mulai berfokus pada “performanya” lebih daripada hubungannya dengan Tuhan. Jangan pernah memasukan kebiasaan atau karakter kedalam gambar spiritualitas.
Dan terus terang saja, pandangan spiritualitas semacam ini sebenarnya mempromosikan dosa. Karena pandangan ini membolehkan saya untuk melakukan penyimpangan bersifat kedagingan apapun juga yang saya maui : Selama saya mengakui dosa-dosaku setelah melakukannya, maka saya menjadi manusia rohani lagi.
Lebih lanjut, anda benar-benar tidak dapat mendasarkan padangan spiritual ini pada 1 Yohanes 1. Perhatikan apa yang Yohanes katakan pada ayat 7 : “Tetapi jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa.”
Untuk berjalan didalam terang bukan untuk tidak hidup tanpa dosa : jika demikian maka darah Yesus tidak akan dibutuhkan untuk menguduskan kita selagi kita sedang berjalan didalam terang. Semua kata kerja didalam ayat ini merupakan berbentuk kalimat waktu kini. Kekuatan ayat ini nampaknya pada: selagi kita berjalan didalam terang, darah Yesus sedang membersihkan kita dari dosa-dosa kita.
Oleh karena itu, teks ini tidak sedang berbicara menjadi berada “didalam persekutuan” dan berada “diluar persekutuan” berdasarkan pada momen demi momen. Jika “terang” bermakna “paparan”(penyingkapan), maka ini dapat berarti dalam satu detik kita mengakui bahwa kita adalah orang-orang berdosa, dan kemudian menyangkalinya pada detik berikutnya. Pandangan semacam ini tidaklah benar, baik untuk kehidupan dan menurut kitab suci.
Tetapi jika “terang” bermakna kejujuran dan integeritas dan transparansi, maka berjalan didalam terang tidak bermakna kekudusan yang absolut/sempurna. Tetapi ini merupakan prasyarat yang diperlukan untuk kekudusan.
Pertama, pada ayat 6, Yohanes berkata :” Jika kita katakan, bahwa kita beroleh persekutuan dengan Dia, namun kita hidup di dalam kegelapan, kita berdusta dan kita tidak melakukan kebenaran.”
Yohanes melanjutkan penggambaran yang dia telah mulai pada ayat 5, yaitu terang dan kegelapan.
Prasyarat pertama untuk bersekutu adalah : berjalan didalam terang. Jujur terhadap Tuhan mengenai siapakah dan apakah anda!
Tetapi ini menimbulkan sebuah masalah. Untuk memiliki persekutuan dengan Tuhan, harus berada didalam terang, bukankah dengan demikian kita harus menjalani kehidupan yang tak berdosa? Dapat terlihat seperti itu bila terang bermakna kekudusan.
Implikasi-implikasi dengan makna yang demikian sangat luas : jika “terang” bermakna kekudusan, maka untuk berjalan didalam terang dapat terlihat memiliki makna kekudusan yang absolut atau sempurna. Maknanya memang dapat persis seperti ini karena beberapa orang memiliki pengertian tentang terang dalam cara seperti ini, bahwa mereka memandang persekutuan dengan Tuhan sebagai sesuatu dimana kita dapat berada didalam (persekutuan) pada satu waktu tertentu dan diluar pada waktu berikutnya. Saya pikir pendekatan semacam ini menghasilkan seorang Kristen yang mengalami sakit jiwa schizophrenia yang membuatnya berkesimpulan bahwa dia adalah seorang yang rohani pada satu saat tertentu dan seorang yang duniawi pada waktu berikutnya. Jeleknya, dia mulai berfokus pada “performanya” lebih daripada hubungannya dengan Tuhan. Jangan pernah memasukan kebiasaan atau karakter kedalam gambar spiritualitas.
Dan terus terang saja, pandangan spiritualitas semacam ini sebenarnya mempromosikan dosa. Karena pandangan ini membolehkan saya untuk melakukan penyimpangan bersifat kedagingan apapun juga yang saya maui : Selama saya mengakui dosa-dosaku setelah melakukannya, maka saya menjadi manusia rohani lagi.
Lebih lanjut, anda benar-benar tidak dapat mendasarkan padangan spiritual ini pada 1 Yohanes 1. Perhatikan apa yang Yohanes katakan pada ayat 7 : “Tetapi jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa.”
Untuk berjalan didalam terang bukan untuk tidak hidup tanpa dosa : jika demikian maka darah Yesus tidak akan dibutuhkan untuk menguduskan kita selagi kita sedang berjalan didalam terang. Semua kata kerja didalam ayat ini merupakan berbentuk kalimat waktu kini. Kekuatan ayat ini nampaknya pada: selagi kita berjalan didalam terang, darah Yesus sedang membersihkan kita dari dosa-dosa kita.
Oleh karena itu, teks ini tidak sedang berbicara menjadi berada “didalam persekutuan” dan berada “diluar persekutuan” berdasarkan pada momen demi momen. Jika “terang” bermakna “paparan”(penyingkapan), maka ini dapat berarti dalam satu detik kita mengakui bahwa kita adalah orang-orang berdosa, dan kemudian menyangkalinya pada detik berikutnya. Pandangan semacam ini tidaklah benar, baik untuk kehidupan dan menurut kitab suci.
Tetapi jika “terang” bermakna kejujuran dan integeritas dan transparansi, maka berjalan didalam terang tidak bermakna kekudusan yang absolut/sempurna. Tetapi ini merupakan prasyarat yang diperlukan untuk kekudusan.
2. Mengakui Dosa-Dosa
Kita dan Dosa Kita ( 1 Yohanes 1:8-10)
Pada ayat 8-10, Yohanes beralih dari metafornya dan segera menuju hal-hal yang pokok/intisarinya.
Ayat 8 : “Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita.” Orang yang mengklaim dirinya tidak memiliki dosa adalah orang yang mengklaim dirinya tidak memiliki kesalahan. Akibatnya, dia sedang berkata bahwa dosa-dosanya bukan soal penting bagi Tuhan, dan itu tidak hanya menyatakan bahwa Tuhan tidak peduli mengenai dosa-dosanya, tetapi dia/orang itu tidak bertanggungjawab atas perbuatan-perbuatannya.
Ayat 9 kontras dengan perilaku ayat 8 :” Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.”
Disini Yohanes tidak sedang berbicara pengakuan yang akan membawa kepada keselamatan, tetapi pengakuan yang dilakukan didalam keselamatan, pengakuan yang dilakukan berulang oleh orang Kristen. Dia tidak sedang mengulas pembenaran atau justifikasi , tetapi pengudusan.
Ada banyak kebingungan terkait melibatkan apa sajakah pengakuan dosa-dosa itu.
Secara umum, pengakuan bergerak dalam dua arah dalam kitab suci : Pengakuan tentang Tuhan dan pengakuan tentang diri kita. Kedua pengakuan ini melibatkan keyakinan, tidak semata pengakuan. Pada dasarnya merupakan sebuah pengakuan bahwa Tuhan memegang kedali dan kita tidak.
Beberapa orang berargumen bahwa kata yang digunakan disini untuk “mengakui,” oJmologevw, bermakna “hanya menyebutkan dosa-dosamu kepada Tuhan” [R. B. Thieme, Jr. Rebound and Keep Moving (Houston: n.p., 1993), 20.]. Pengakuan tidak bermakna untuk meninggalkan atau menanggalkan dosa-dosamu “[R. B. Thieme, Jr. Spirituality By Grace (Houston, 1971) 16.]. Selanjutnya dikatakan bahwa pengakuan dalam konteks itu hanyalah sebuah istilah judisial, seolah-olah kita sedang berdiri dihadapan Tuhan sebagai hakim kita dan semata bersepakat dengan Tuhan tentang dosa kita. Seorang penulis menyatakannya demikian:
Pada ayat 8-10, Yohanes beralih dari metafornya dan segera menuju hal-hal yang pokok/intisarinya.
Ayat 8 : “Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita.” Orang yang mengklaim dirinya tidak memiliki dosa adalah orang yang mengklaim dirinya tidak memiliki kesalahan. Akibatnya, dia sedang berkata bahwa dosa-dosanya bukan soal penting bagi Tuhan, dan itu tidak hanya menyatakan bahwa Tuhan tidak peduli mengenai dosa-dosanya, tetapi dia/orang itu tidak bertanggungjawab atas perbuatan-perbuatannya.
Ayat 9 kontras dengan perilaku ayat 8 :” Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.”
Disini Yohanes tidak sedang berbicara pengakuan yang akan membawa kepada keselamatan, tetapi pengakuan yang dilakukan didalam keselamatan, pengakuan yang dilakukan berulang oleh orang Kristen. Dia tidak sedang mengulas pembenaran atau justifikasi , tetapi pengudusan.
Ada banyak kebingungan terkait melibatkan apa sajakah pengakuan dosa-dosa itu.
Secara umum, pengakuan bergerak dalam dua arah dalam kitab suci : Pengakuan tentang Tuhan dan pengakuan tentang diri kita. Kedua pengakuan ini melibatkan keyakinan, tidak semata pengakuan. Pada dasarnya merupakan sebuah pengakuan bahwa Tuhan memegang kedali dan kita tidak.
Beberapa orang berargumen bahwa kata yang digunakan disini untuk “mengakui,” oJmologevw, bermakna “hanya menyebutkan dosa-dosamu kepada Tuhan” [R. B. Thieme, Jr. Rebound and Keep Moving (Houston: n.p., 1993), 20.]. Pengakuan tidak bermakna untuk meninggalkan atau menanggalkan dosa-dosamu “[R. B. Thieme, Jr. Spirituality By Grace (Houston, 1971) 16.]. Selanjutnya dikatakan bahwa pengakuan dalam konteks itu hanyalah sebuah istilah judisial, seolah-olah kita sedang berdiri dihadapan Tuhan sebagai hakim kita dan semata bersepakat dengan Tuhan tentang dosa kita. Seorang penulis menyatakannya demikian:
Dihadapan Mahkamah Agung surga, bagaimana perasaanmu tentang dosamu yang tidak memiliki konsekuensi.
Pengakuan yang memaksakan penyesalan atau penebusan diri sendiri dengan melakukan sesuatu merupakan penghujatan dan menolak anugerah Tuhan. Sebuah pembalaan emosianal tidak akan pernah menghina Tuhan. 1 Yohanes 1:9 tidak berkata, jika kita meminta atau memohon pengampunan. Hanya akuilah dosa-dosamu [Rebound, 20.].
Ada banyak hal yang benar dalam pernyataan ini—dan banyak juga yang keliru. Dan itulah permasalahannya. Terlampau banyak orang-orang Kristen memandang teks ini dalam cara persis seperti ini—dan mereka berakhir dengan melakukan dosa lagi dan lagi dan menikmati Tuhan dalam kadar yang semakin rendah. Sebuah pemahaman yang pengakuan yang tepat pada 1 Yohanes 1:9 melibatkan sejumlah poin.
Pertama, pengakuan melibatkan percaya. Yaitu bersepakat (menyetujui) dengan Tuhan mengenai apakah dosa kita itu. Akan tetapi pengakuan semacam ini tidak semata pada sebuah level kognitif (tatar pikiran). Perhatikan konteks ayat 8—Jika kita katakan bahwa kita tidak berdosa, kita menipu diri kita sendiri.” Kini jelas, jika seseorang semata berkata bahwa dia tidak memiliki dosa, dia tidak menipu dirinya sendiri. Apa yang telah dia ucapkan harus dipercaya. Saya dapat berkata kepada anda , “Tidak ada Tuhan.” Tetapi pernyataan itu tidak membuat saya menjadi seorang ateis, kecuali saya mempercayai pernyataan tadi. Sama halnya juga dengan pengakuan dosa. Jika kita mengakui dosa-dosa kita, tanpa pernah sekalipun masuk kedalam sebuah pemahaman yang mendalam akan dosa-dosa kita, kita sedang menipu diri kita sendiri.
Ini merupakan salah satu masalah yang saya miliki dengan Kekristenan yang formulais, atau “terhubung dengan titik teologia.” Kita cenderung untuk mendorong jauh Tuhan dengan semua formula yang kita ciptakan. Setiap orang Kristen tahu bagaimana untuk meng-1 Yohanes 1:9-kan! Kamu mabuk dan setelah itu melakukan 1 Yohanes 1:9. Anda mengambil sebuah majalah Playboy untuk “perangsang intelektual” yang disajikan majalah tersebut. Lantas anda membawanya hati-hati dan mulai membacanya seolah-olah membacanya sebagai majalah dengan huruf Braille ! Ya..anda cukup melakukan “1 Yohanes 1:9” dan kembali kedalam jalur yang Benar! Teman-teman, itu bukan spiritualitas, dan itu bukan pengakuan.
Fakta sebenarnya bahwa “ 1 Yohanes 1:9” telah menjadi sebuah bagian dari indikasi-indikasi idiom keagamaan kita dimana kita terlampau kerap memandang teks ini secara mekanik—dan oleh karena itu hubungan kita dengan Tuhan juga berlangsung secara mekanik, juga. Terus terang saja, kita telah memanfaatkan teks ini dalam cara semacam ini sehingga meremehkan dosa dan membangun keadaan mati rasa –ketidakpekaan terhadap Tuhan sebagai Bapa kita.
Selanjutnya : Kedua, Pengakuan dosa melibatkan sebuah pengakuan akan ketidakcukupan dan kebutuhan kita,… Ketiga, Pengakuan dosa bukan semata bersifat judicial tetapi juga berkait dengan hubungan kita dengan Tuhan…
Honestto God! Or, God is not a Pit Stop (1 John 1:5-10)| diterjemahkan dan diedit oleh : Martin Simamora
No comments:
Post a Comment