0 Yesus Kristus (2 selesai) : Mengapa Yesus Kristus Disembah ?


Yesus adalah Tuhan

Inilah mengapa penulis Ibrani dapat mengambil dari Mazmur 102:25-27, yang merujuk kepada Tuhan Pencipta, dan menerapkannya pada Anak—sehingga Anak adalah Tuhan. Sehingga penulis  kitab Ibrani berkata dalam ayat-ayat 10-12

(10) Dan: "Pada mulanya, ya Tuhan, Engkau telah meletakkan dasar bumi, dan langit adalah buatan tangan-Mu. (11) Semuanya itu akan binasa, tetapi Engkau tetap ada, dan semuanya itu akan menjadi usang seperti pakaian; (12) seperti jubah akan Engkau gulungkan mereka, dan seperti persalinan mereka akan diubah, tetapi Engkau tetap sama, dan tahun-tahun-Mu tidak berkesudahan." (Ibrani 1)

Bagian ini sebenarnya menggambarkan apa yang telah dikatakan si penulis kitab Ibrani pada ayat 2, dimana dikatakan bahwa Tuhan telah menciptakan dunia melalui Anak. Hanya saja sekarang dia berkata bahwa itu berarti  bahwa Anak telah menciptakan dunia dan bahwa apa yang dapat dikatakan pada penciptaan Tuhan dapat dikatakan pada penciptaan Anak karena Anak adalah Tuhan. Yesus Kristus adalah Pencipta alam semesta. Dia adalah Tuhan. Dia menjadi  disembah.


Bacalah  lebih dahulu bagian sebelumnya :
Yesus Kristus  (1) : Mengapa Yesus Kristus Disembah ?



Tidakah anda memiliki rasa kagum dan hormat dan kasih dan percaya dan sukacita dalam Yesus Kristus? Apakah dia Tuhanmu dan Juru selamatmu dan  Tuanmu dan Sahabatmu dan Kekayaanmu? Apakah anda sungguh-sungguh dan tulus terhadap dia? Apakah anda memikirkan dia dan  membangun persekutuan erat dengannya disepanjang hari?

Atau apakah anda seperti kebanyakan orang yang meremehkan dia—dengan mengabaikan atau mengeje atau tidak menganggapnya penting? Apakah ini membuatmu bersedih, ketika anda mendengar seorang comedian seperti Bill Cosby yang membuat semua orang tertawa dengan mengatakan dia berpikir bahwa nama saudaranya adalah dammit (sebuah kata berkonotasi makian terhadap hal yang tidak menyenangkan-red) dan namanya adalah Yesus Kristus, karena ayahnya selalu berkata,”Dammit [sialan], kesini. Yesus Kristus darima saja kamu? Lucu? Ya, agak? Jenis “kelucuan” yang membuat seluruh dunia menjadi hancur  oleh peremehan kekudusan yang tak terbatas dan  ketakutan yang tak terbatas.

Hal pokok dalam bab ini dan seluruh Alkitab adalah untuk membuat kita  sepenuhnya terpikat pada kemuliaan Yesus Kristus sebagai Pewahyu dan Penguasa dan Penebus dan Pencipta dan Tuhan.


Malaikat-Malaikat adalah Pelayan-Pelayan

Lalu penulis Ibrani memberikan sebuah pembanding terakhir dalam ayat-ayat 13-14

(13) Dan kepada siapakah di antara malaikat itu pernah Ia berkata: "Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuh-Mu menjadi tumpuan kaki-Mu?" (14) Bukankah mereka semua adalah roh-roh yang melayani, yang diutus untuk melayani mereka yang harus memperoleh keselamatan?

Penulis kitab Ibrani kembali ke tempat dimana dia memulai di ayat 3—Kristus  duduk disebelah kanan Yang Mahabesar sebagai Raja  semesta alam dan sebagai Anak Allaj dalam kuasa dan sebagai pewaris segala hal dan sebagai Tuhan—ingat ayat 8,” Takhta-Mu, ya Allah, tetap untuk seterusnya dan selamanya.” Takhta disebelah Tuhan ini adalah takhta Tuhan. Jadi dia kembali (pada ayat 13) ke tempat kejayaan Anak :” Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuh-Mu menjadi tumpuan kaki-Mu?"  Dan penulis kitab Ibrani menyatakan , Tuhan tidak pernah mengatakan hal ini kepada seorang malaikat.

Tetapi perhatikan apa yang dikatakan penulis  kitab Ibrani mengenai malaikat-malaikat untuk memperlihatkan perbedaannya. Ayat 14 :” Bukankah mereka semua adalah roh-roh yang melayani, yang diutus untuk melayani mereka yang harus memperoleh keselamatan?” Apakah perbedaannya disini? Ada beberapa hal :


  • Yesus  duduk sebagai Raja, para malaikat dikirim sebagai pelayan-pelayan
  •  Hanya ada satu Raja, ada banyak malaikat-malaikat pelayan
  • Para  malaikat adalah pelayan-pelayan bagi orang-orang Kristen—mereka yang oleh iman mewarisi keselamatan ( Ibrani 6;12)
  • Kristus adalah Raja atas gereja; malaikat-malaikat  menantikan waktunya untuk melakukan sesuatu bagi  gereja
  • Sehingga Yesus Kristus jauh lebih tinggi dari malaikat-malaikat yang melayani ini

Tetapi bagaimana mereka melayani kita? Hubungan antara ayat 13 dan 14  memberikan kita sebuah petunjuk. Ayat 13 berkata bahwa sementara Kristus  duduk di takhtanya, sesuatu sedang  berlangsung membawa musuh-musuhnya  dibawah kakinya menjadi tumpuan. Apakah itu? Apa yang sedang terjadi? Salah satunya adalah, bahwa para malaikat ini sedang  “dikirimkan” untuk melayani mereka yang mewarisi keselamatan. Dengan kata lain, ada musuh-musuh atas keselamatan kita—musuh-musuh yang ingin membuat karya Kristus menjadi tak berarti dan gagal, musuh-musuh yang ingin menahan orang-orang Kristen untuk tidak mewarisi keselamatan (setan-setan, ide-ide palsu, dorongan-dorongan untuk melakukan dosa, orang-orang jahat, dan lain sebagainya). Sehingga Tuhan menyelesaikan dua hal melalui malaikat-malaikatnya. 1) Dia “mengirim” mereka untuk melayani kita sehingga kita bertekun dalam iman dan mewarisi keselamatan kita. 2) Dan dalam hal malaikat-malaikat melayani kita, musuh-musuh Tuhan dibuat sebagai pijakan bagi kaki Kristus.



Menyimpulkan Apa yang Telah Kita Lihat

Mari kita kembali  kebelakang sejenak dan menyimpulkan apa yang telah kita lihat dan  cermati dengan sebuah observasi yang  membangun iman. Ada sejumlah pemikiran mengenai malaikat-malaikat dalam gereja-gereja ini, khususnya  karena malaikat berhubungan dengan Yesus. Hal ini  dapat memunculkan kesalahan yang sangat mirip dengan kesalahan Saksi-Saksi Yehovah yang menjadikan Yesus sebagai malaikat utama. Jawaban dari penulis  kitab Ibrani adalah :

  • Yesus adalah  Anak Allah dalam sebuah cara dimana tidak satu malaikat kapanpun tidak pernah ada dalam kedudukan ini (ayat 5)

  • Yesus bukan seorang malaikat; dia disembah oleh malaikat-malaikat (ayat 6)

  •  Yesus bukan seorang malaikat; dia adalah Pencipta segala hal yang kekal (ayat 10-12)

  • Yesus duduk diatas takhta sebagai raja dan malaikat-malaikat ditugaskan untuk melakukan pada waktunya apa yang ditugaskan oleh raja.

Sekarang perhatikan sesuatu yang sangat menyemangati  bagi iman kita dalam anugerah mendatang—Pelayanan Tuhan bagi kita adalah hari ini dan esok dan diseluruh sisa hidup kita semua . Dari ayat 5 hingga 14 kita telah membicarakan tentang keunggulan Yesus terhadap malaikat-malaikat. Satu hal yang menggoda untuk ditanyakan, Mengapa kemudia Tuhan   memedulikan malaikat-malaikat ciptaan ini? Apakah tujuannya?

Agar Umat Tuhan Dapat Dipuaskan

Jawaban untuk bagian ini sungguh amat luar biasa. Ketika anda melihat malaikat-malaikat di tempat mereka yang semestinya, maka peran mereka  mengesankan. Mereka memiliki peran yang tertuju pada Kristus dan  mereka memiliki sebuah peran terhadap umat Kristus. Terhadap Kristus, ayat 6 berkata peran mereka adalah untuk menyembah. Terhadap umat Kristus, ayat 14 berkata  peran mereka adalah untuk  melayani dan membantu kita mencaai keselamatan. Yang berarti—jika anda mau  mengizinkan saya menggunakan bahasa yang lebih umum—bahwa Tuhan telah menciptakan malaikat agar Anaknya dapat dimuliakan dan umatnya dapat dipuaskan.

Saya ingin anda pergi dengan kebenaran ini yang berdering didalam hati anda : Yesus Kristus jauh lebih tinggi daripada malaikat-malaikat. Mereka diciptakan bukan untuk menandingi Kristus, tetapi untuk menyembah Kristus dan menghormatinya. Dan  cara utama yang mereka lakukan  adalah melakukannya di bumi dengan melayani kita sehingga kita terpegang kokoh  kepada Kristus dan percaya kepada dia dan mengasihi dia dan menghargai dia dan pada akhirnya mencapai dia didalam kepenuhan keselamatan kita.  Sehingga malaikat-malaikat diciptakan bagi  kemuliaan Kristus yang kekal dan bagi sukacita kita yang kekal—yang sebagaimana kita ketahui, tujuan-tujuannya todak bertentangan. Karena Kristus  yang paling dimuliakan didalam kita ketika kita sangat dipuaskan didalam dia.

Alam semesta dipenuhi dengan para penolong. Kristus menginginkan anda menjadi bersemangat dan berharap penuh. Itu sebabnya bab ini diakhiri dengan janji yang luar biasa ini. Mereka semua adalah penyembah surgawi—dikirim untuk melayani anda dan membawa anda ke rumah Bapa dengan  aman.

Jesus Christ: Infinitely Superior to Angels, John Piper | diterjemahkan oleh : Martin Simamora

P O P U L A R - "Last 7 days"