0 Hakim Putuskan Pengadilan Atas Para Pemimpin Gereja City Harvest Dimulai Pada Mei Mendatang

Seorang hakim telah ditunjuk untuk memimpin pengadilan terhadap para pemimpin Gereja City  Harvest.  Hakim Distrik See Kee Oon akan  mengetuai atas pengadilan yang ditetapkan akan digelar dari 15 hingga 23 Mei, yang telah diputuskan selama konferensi   pra pengadilan tertutup yang  telah diselenggarakan pada Jumat  kemarin.


Enam pemimpin Gereja  City Harvest, termasuk pendirinya Senior Pastor Kong Hee, didakwa melakukan penyalahgunaan dana-dana gereja.


Pemimpin-pemimpin lainnya adalah Serina Wee Gek Yin,  Cheng Eng Han, Sharon Tan, Tan Ye Peng dan John Lam.

Enam pemimpin Gereja tersebut dituduh berkonspirasi untuk menipu dana  gereja sebesar jutaan dolar. Mereka dituduh melakukan  penyaluran dana sejumlah 24 juta dolar kedalam investasi-investasi saham palsu, dan menyalahgunakan dana sejumlah 26 juta dolar untuk menutupi pengeluaran dana pertama yang telah diambil dari gereja.


Uang tersebut diduga digunakan untuk melejitkan karir  music isteri Kong  Hee, Sun Ho.

Channel NewsAsia menyatakan bahwa para pengacara  atas para terdakwa  pada  Jumat lalu telah mengupayakan penundaan atas tanggal-tanggal pengadilan, alas an pengajuan penundaan yang telah ditolak itu tidak diungkapkan.



Channel NewsAsia juga memberitakan bahwa  penuntut “sangat keberatan” untuk menunda tanggal-tanggal pengdilan  tersebut. Setelah melakukan  “hearing” atau mendengarkan para pihak pengacara di kedua belah pihak, Hakim Distrik Victor Yeo telah memutuskan bahwa tanggal-tanggal pengadilan tersebut tetap seperti yang telah diputuskan.

Hal ini dapat dimengerti sebab kasus  ini telah berlangsung selama hampir satu tahun, dan  menjadi kepentingan  publik  bahwa pengadilan ini tidak ditunda.



Juga, selama sesi tertutup yang telah digelar pada 15 Desember  2012 lalu, pihak penuntut telah menyediakan penasehat hukum terhadap terdakwa serta dokumen-dokumen pengadilan untuk memfasilitasi persiapan sebuah pernyataan atas fakta-fakta yang telah disetujui yang  akan digunakan untuk pengadilan.


Sebuah sesi tertutup akan digelar pada 23 April sebelum pengadilan dimulai.

Channel NewsAsia | Martin Simamora

P O P U L A R - "Last 7 days"