0 Kasih Setia Hesed-Chesed-Heced (3)

Oleh :Precept Austin

Bagian 2 (Daud telah  berdoa) Secara mengagumkan memperlihatkan kasih setia-Nya, (KJV-Perlihatkanlah kesetiaan-Mu yang ajaib) O Juru selamat ( Ibrani=03467=yasha= pembebas,menyelamatkan-terkait dengan Yeshua –Perjanjian Baru ‘Yesus”, Lxx=sozo= menyelamatkan) mereka yang  berlindung



Tetapi  kasih setiaku (hesed; Lxx=eleos) tidak akan pergi darinya, sebagaimana aku telah mengambilnya dari Saul, yang telah aku   singkirkan dihadapanmu. Dan kediamanmu dan kerajaanmu akan bertahan dihadapan-Ku selama-lamanya; takhtamu akan ditegakan selama-lamanya.” ( 2 Sam 7:15,16).


Komentar: “Takhtamu akan  ditegakan selama-lamanya” merujuk pada sebuah janji kovenan yang tidak dapat berubah yang akan digenapi dengan  berdirinya kerajaan kekal Mesias yang mulia.


Tetapi aku, oleh kasih setia-Mu yang melimpah aku akan  memasuki  rumah-Mu, di bait-Mu yang kudus aku akan  menunduk hormat kepada-Nya. (Mz 5:7).



Kembalilah, O TUHAN (YHWH), selamatkanlah jiwaku; Selamatkan aku karena kasih setia-Mu ( Mz 6:4)


Komentar : Perhatikan pemahaman dan kebergantungan Daud terhadap hubungan kovenan Tuhan dengan dirinya. Meskipun dia tidak menggunakan kata spesifik “kovenan”, Daud memang sedang merujuk pada kasih setia Tuhan yang  merupakan ikatan  erat terhadap kovenan angugerah-Nya dengan manusia yang terlah jatuh seperti Daud.


(Daud telah  berdoa) Secara mengagumkan memperlihatkan kasih setia-Nya, (KJV-Perlihatkanlah kesetiaan-Mu yang ajaib) O Juru selamat ( Ibrani=03467=yasha= pembebas,menyelamatkan-terkait dengan Yeshua –Perjanjian Baru ‘Yesus”, Lxx=sozo= menyelamatkan) mereka yang  berlindung (Ibrani=02620=chacah=melarikan diri  untuk mendapatkan perlindungan, mempercayakan, meletakan kepercayaan, berharap dalam; Lxx=elpizo=berharap) di tangan kanan-Mu dari mereka yang bangkit melawan mereka. (Mz 17:7).

Komentar: Betapa  sebuah doa Daud yang hebat. Pernahkah anda  mendoakan doa semacam ini? Apakah anda berani mendoakan doa seperti ini? Ibrani 4:16note mengundang kita untuk berdoa secara berani “mendekati dengan percaya diri kepada takhta anugerah, sehingga kita dapat menerima  belas kasihan dan dapat menemukan anugerah untuk menolong pada waktunya.” Setelah diberikan kebenaran ini, TIDAK beranikan kita mendoakan doa hebat ini? Oh  kekasih,marilah kita  mengajukan doa ini dan “ujilah (YHWH) sekarang dalam hal ini, jika (Dia) tidak akan membukakan (bagi kita)m jendela-jendela surge, dan menuangkan (bagi kita) sebuah berkat sampai berkat itu  melimpah-limpah” (Mal 3:10) dalam Kristus Yesus yang telah menjadi miskin sehingga kita melalui kemiskinan-Nya dapat menjadi kaya. ( 2 Kor 8:9) Amin



Spurgeon menulis :  Depresi berat apakah  yang  sedang menimpa beberapa diantara kita! Kita telah pergi ke dasar-dasar paling bawah pegunungan,dan palang-palang bumi terlihat hendak menahan kita di sana. Kita merasakan seperti yang dituangkan dalam himne oleh   John Fawcett:



My soul, with various tempests tossed,
Her hopes overturned, her projects crossed,
Sees every day new straits attend,
And wonders where the scene will end.

[terjemahan bebas]
Jiwaku, dengan berbagai badai yang menghempaskan
Harapan-harapannya telah berantakan, rencangan-rancangannya telah gagal
Memandang setiap  hari kesulitan-kesulitan baru hadir,
Dan bertanya-tanya dimanakah pemandangan ini akan berakhir


Tetapi  hanya satu kilasan kasih Tuhan yang kekal, kita dekat dengan tangan kanan Tuhan.
Berdoalah untuk pengalaman ini:”Perlihatkanlah kasih setia-Mu yang ajaib” (Mz 17:7). Dia akan melakukannya!Dia akan mengangkat dirimu, keluar,dan melaluinya—tidak harus dalam  cara yang kamu sukai untuk terjadi, tetapi dalam cara yang terbaik. (Dengarkanlah keseluruhan khotbah Spurgeon yang luar biasa ini pada ayat ini, dimana dia secara berulang-ulang menantang kita untuk mendoakan doa sederhana ini namun doa yang luar biasa- Marvelous Lovingkindness-Psalm 17:7-Mp3; jika anda lebih menyukai membaca khotbahnya = Marvelous Loving Kindness-Psalm 17:7)


O Thou that ever savest those
Whose trust on Thee is stayed,
Preserving them from all their foes
By Thine almighty aid,
Let me Thy lovingkindness see,
Thy wondrous mercy, full and free. 



 [terjemahan bebas]
O Engkau yang selalu menyelamatkan mereka
Yang   percayanya pada Mu  tetap
Menjagai mereka dari semua musuh-musuh mereka
Dengan pertolongan-Mu yang maha kuasa
Biarkan aku melihat kasih setia-Mu,
Rahmat-Mu yang menakjubkan, penuh dan cuma-Cuma




Bersambung :Bagian 4


Definition of Hebrew For Lovingkindness  Hesed-Chesed-Heced | diterjemahkan-diedit oleh : Martin Simamora




P O P U L A R - "Last 7 days"