0 Kasih Setia Hesed – Chesed – Heced (2)


Oleh : Precept Austin

Bagian 1…,Pengaitan hesed dengan “kovenanmenjaganya  dari kesalahpahaman sebagai semata providensia /pemeliharaan atau kasih  kepada semua ciptaan; hesed terutama diterapkan untuk kasih  Tuhan   yang khusus ditujukan  bagi umat pilihan-Nya dan umat  yang  menerima kovenan.


Beberapa penulis merasa  bahwa devotion adalah salah satu kata terbaik dalam bahasa Inggris yang dapat merangkumkan makna kata Ibrani hesed. Kata devotion dalam bahasa Inggris menggambarkan  dedikasi yang penuh gairah, jatuh cinta dan loyal terhadap orang lain. Alkitab versi RSV  berupaya mengangkat makna ini dengan terjemahannya : steadfast love ( dengarkanlah kor  Doen Moen yang indah ini : Your Steadfast Love).



Vine menambahkan bahwa…

Penggunaan biblikal  yang kerap mengatakan seseorang “melakukan,” “memperlihatkan,” atau “menjaga” hesed. Kandungan  konkrit kata ini secara khusus nyata ketika kata ini digunakan dalam bentuk plural ( misal  Ratapan 3:22). “Belas kasih-belas kasih,”  “kebaikan-kebaikan,” atau “ kesetiaan-kesetiaan” Tuhan adalah tindakan-tindakan penebusan kasih yang konkrit dalam penggenapan  janji-janji kovenan-Nya. Sebuah contoh  nampak dalam Yesaya 55:3


And I will make an everlasting covenant (beriyth) with you, according to the faithful (aman = 0539 = speaks of certainty) mercies (hesed) shown to David.


Aku hendak mengikat perjanjian (beriyth) abadi dengan kamu, menurut kasih setia  (hesed)yang teguh  (aman=0539=berbicara kepastian) yang Kujanjikan kepada Daud.

Komentar
:  Perhatikan bahwa dalam konteks ini “mercies” digunakan hampir seperti sebuah sinonim bagi janji-janji kovenan Tuhan. Perhatikan juga bahwa  penggunaan hesed ( kasih setia) dan kovenan (beriyth) menekankan  asosiasi yang dekat kasih setia Tuhan dan kovenan-Nya. Berikut ini  13 ayat lainnya dalam Perjanjian Lama yang menggunakan  hesed dan beriyth dalam ayat yang sama-  Ulangan 7:9 , Ulangan 7:12, 1 Samuel 20:8, 1 Raja-Raja 8:23, 2 Tawarikh 6:14,  Nehemia 9:32, Maz 25:10, Maz 89:28, Maz 106:45, Yes 54:10, Yes 55:3, Dan 9:4.


…Pengaitan hesed dengan “kovenanmenjaganya  dari kesalahpahaman sebagai semata providensia /pemeliharaan atau kasih  kepada semua ciptaan; hesed terutama diterapkan untuk kasih  Tuhan  yang khusus ditujukan bagi umat pilihan-Nya dan umat  yang  menerima kovenan. “Kovenan” juga menekankan  hubungan yang timbal-balik; tetapi karena   checed (kasih setia) Tuhan pada puncaknya melampaui kovenan, maka kovenan  itu tidak akan dibatalkan, bahkan ketika mitra manusia tidak setia dan harus didisiplinkan ( Yesaya 54:8,10). Karena hal ini  merupakan kemenangan final dan pelaksanaannya adalah bersifat eskatologi, checed dapat menunjukan tujuan dan akhir seluruh sejarah keselamatan ( Maz 85:7, 10; 130:7; Mika 7:20).  (Vine, W E: Vine's CompleteExpository Dictionary of Old and New Testament Words. 1996. Nelson atau Wordsearch)


Delitzsch mengatakan bahwa  hesed Tuhan adalah …

Kasih Tuhan  turun hingga dalam derajat tertentu menjangkau ciptaan-ciptaan-Nya, terlebih khusus lagi kepada orang-orang berdosa, dalam kebaikan yang tidak layak untuk diberikan.




Here Is Love (play)

Here is love, vast as the ocean,
Lovingkindness as the flood,
When the Prince of Life, our Ransom,
Shed for us His precious blood.
Who His love will not remember?
Who can cease to sing His praise?
He can never be forgotten,
Throughout Heav’n’s eternal days.



[terjemahan bebas]
Inilah kasih, membentang luas seperti samudera
Kasih setia seperti banjir
Ketika Pangeran  Kehidupan, tebusan kami,
Menumpahkan bagi kami darah-Nya yang berharga.
Siapa yang tidak akan mengingat kasih-Nya?
Siapa yang dapat berhenti menyanyikan pujian-Nya?
Dia tidak pernah dapat dilupakan,
Sepanjang hari-hari kekal surga



Alec Motyer telah menggambarkan hesed Tuhan atau  kovenan kasih sebagai :

Mengkombinasikan kehangatan persekutuan Tuhan dengan keamanan kasih setia Tuhan.



Dr. Charles Ryrie menulis bahwa….

Dalam Perjanjian Lama,  komuni, pembebasan, pemampuan, pencerahan, panduan, pengampunan, harapan, pujian, pemeliharaan  semuanya ini berdasarkan pada hesed Tuhan.



Huey menambahkan bahwa

Hesed meliputi perbuatan-perbuatan belas kasih yang telah diperlihatkan  oleh satu pihak yang jauh lebih kuat  untuk keuntungan  pihak yang lebih lemah.



Ralph Davis menulis bahwa…

Hesed adalah kasih setia yang telah dijanjikan dalam sebuah kovenan; hesed adalah kasih  atau cinta yang bersedia untuk  berkomitmen terhadap orang lain  dengan  membuat janjinya sebuah catatan yang formal dan serius. (Ralph Davis, D. Focus on  the Bible : 2 Samuel).



Sebuah tindakan hesed mengandaikan adanya sebuah hubungan antara pihak-pihak yang terlibat. Dimana  sebelumnya tidak ada hubungan formal sebelumnya telah diakui, orang  yang melaksanakan  hesed telah memilih untuk memperlakukan si penerima seolah-olah sebuah hubungan telah ada.



Vine
mencatat bahwa


Hesed menjadikan baik manusia dan Tuhan sebagai subyeknya. Ketika manusia adalah subyek
Checed ( kebaikan atau kasih setia) Tuhan, kata ini biasanya menggambarkan kebaikan atau loyalitas orang terhadap orang lain,  bandingkan dengan 2 Samuel 9:7Hanya saja istilah ini jarang  diterapkan secara eksplisit  untuk kasih sayang  atau kesetiaan manusia terhadap Tuhan; contoh paling jelas berangkali  Yeremia 2:2  …Manusia melakukan checed terhadap berbagai unit dalam komunitas tersebut---terhadap keluarga dan sanak saudara, tetapi juga kepada sahabat-sahabat, tamu-tamu, tuan-tuan, dan hamba-hamba. Hesed terhadap  kalangan rendah dan  tidak mampu kerap dinyatakan spesifik. Alkitab secara menonjol menggunakan istilah hesed untuk  meringkas dan mengkarakterisasi sebuah kehidupan didalam  pengudusan, dan dalam menanggapi kovenan. Jadi, Hosea 6:6 menyatakan  Tuhan menginginkan “-mercy belas kasih [RSV, “steadfast love”] dan bukan pengorbanan” ( yaitu kehidupan setia  disamping  ibadah). Demikian pula, Mika 6:8 menonjolkan checed dalam  rangkuman para nabi  tentang etika-etika biblikal : “dan apakah yang Tuhan syaratkan bagimu, selain…untuk mencintai belas kasih?” Akan tetapi, dibalik semua penggunaan ini dengan manusia sebagai subyek, tampil  referensi-referensi yang berulang untuk hesed Tuhan.



Ini  salah satu dari berbagai karakteristik yang paling penting. Kasih setia Tuhan ditawarkan kepada umat-Nya, yang membutuhkan penebusan dari dosa, musuh-musuh, dan kesulitan-kesulitan. Sebuah refrain yang berulang menggambarkan natur Tuhan  : “sangat banyak /berlimpah dalam hesed” ( Keluaran 34:6; Nehemia 9:17; Maz 103:8; Yunus 4:2). Seluruh sejarah hubungan Yahweh yang bersifat kovenan dengan  Israel dapat dirangkumkan dalam  pemahaman checed.



Ini adalah satu elemen permanen dalam  aliran sejarah kovenan. Bahkan  Penciptaan adalah hasil dari checed Tuhan ( Mazmur 136:5-9). Kasihnya  berlangsung hingga  ke “beribu-ribu generasi” ( Ulangan 7:9;  bandingkan dengan Ulangan 5:10 dan Keluaran 20:6),  tentu saja “selama-lamanya” (khususnya dalam refrain-refrain pada Mazmur-Mazmur tertentu, seperti Maz 136) (
(Vine, W E: Vine's CompleteExpository Dictionary of Old and New Testament Words. 1996. Nelson atau Wordsearch )



Kata Ibrani Hesed adalah salah satu atribut-atribut utama YHWH. Kasih setia Tuhan (Hesed) ditawarkan kepad umat-Nya yang  membutuhkan penebusan dari dosa. Musuh-musuh, dan masalah-masalah. Sebuah refrain  yang berulang menggambarkan  natur Tuhan yang sangat banyak dalam hesed ( Keluaran 34:6; Nehemia 9:17; Maz 103:8;  Yunus 4:2; Ratapan 3:22). Memang benar, hesed adalah  salah satu kata yang paling pentung dalam Perjanjian Lama, dan kata ini kerap diterjemahkan dalam KJV sebagai “lovingkindness – kasih setia” atau “mercy-belas kasihan.”
All Depends on OurPossessing

When with sorrow I am stricken,

Hope my heart anew will quicken,

All my longing shall be stilled.

To His lovingkindness tender

Soul and body I surrender;

For on Him alone I build.

 
Semua tergantung pada   apa yang kami miliki
Ketika  dengan sedih aku dipukul hebat.
Berharap  hatiku sekali lagi akan  lebih kuat
Semua kerinduanku  akan ditenangkan
Kepada kasih setia-Nya yang lembut
Jiwa dan tubuh aku berserah
Karena pada Dia saja Aku membangun



Hesed mengindikasikan  kesetiaan terhadap sebuah hubungan. Untuk menunjukan kebaikan atau hesed harus bertindak  loyal,  dalam cara yang mengasihi  seseorang. Ini adalah kebaikan sejati dalam hubungan-hubungan  manusia dan kebaikan yang Tuhan perlihatkan kepada kita.  Dalam  2 Samuel 9:1-13 kita melihat contoh yang cantik, Daud memperlihatkan “hesed” untuk  melumpuhkan Mefiboset, putera Yonatan yang bertahan hidup, yang dengannya Daud memiliki sebuah hubungan kovenan.



Kemudian Daud berkata,” masih adakah orang lain yang  berdiam di  rumah Saul, sehingga aku dapat memperlihatkan padanya kebaikan (hesed; LXX=eleos) demi Yonatan?”… 3 Dan raja berkata,” Apakah tidak ada lagi siapapun di rumah Saul yang kepadanya aku dapat menunjukan kebaikan (hesed; LXX =
eleos) dari Tuhan?”  Dan Ziba berkata kepada raja, “Masih ada seorang anak laki-laki Yonatan yang  pincang pada kedua kakinya”… 6 Dan Mefiboset, anak laki-laki Yonatan bin Saul,  datangkepada Daud dan  menjatuhkan wajahnya dan  bersujud. Dan Daud berkata, “Mefiboset.” Dan dia berkat, “Inilah hambamu!” 7. Dan Daud berkata kepadanya, “Jangan takut, karena aku pasti akan memperlihatkan kebaikan (hesed; LXX= eleos)(Apakah yang  “dilawan” hesed dalam konteks ini? Apakah anda  ketakutan? Pertimbangkan  berdoa seperti doa Daud dalam Mazmur 17:7)kepadamu demi ayahmu Yonatan, dan akan memulihkan semua tanah  kakekmu Saul; dan kamu akan makan di mejaku secara tetap.” ( 2 Samuel 9:1,3,6,7)



Covenant : Nas ini secara jelas memperlihatkan   bagaimana seorang Daud seorang pria yang ada didalam hati Tuhan berupaya menghormati kovenan yang telah dia putuskan dengan Yonatan yang telah wafat tetapi Daud memahami bahwa hesed atau kasih  setia yang dihubungkan dengan kovenan, memanggil Daud untuk  meneruskan  berkat-berkat kovenan itu kepada keturunan Yonatan, Mefiboset (lihat studi Mefiboset).




Hesed adalah sentral bagi karakter Tuhan dan secara  ketat ditautkan dengan kovenan-Nya terhadap orang pilihan-Nya; faktanya kovenan dapat dipikirkan sebagai hubungan yang daripadanya  hesed mengalir.  Akan tetapi, hesed Tuhan tidak  terikat  oleh kovenan itu sendiri, dan walaupun orang-orang dapat terbukti tidak setia terhadap hubungannya, hesed Tuhan adalah selama-lamanya (Yesaya 54:8).



Karena ini adalah sebuah kualitas  Tuhan maka hesed semestinya juga mencirikan umat-Nya; oleh karena itu  hal ini juga dimintakan dalam diri mereka (“belas kasihan,” Mik 6:8; Zak 7:9; bandingkan dengan Hosea 4:1; 12:6). Pada bagian mereka  adalah loyalitas terhadap kovenannya yang diungkapkan dalam kepatuhan dan tindakan-tindakan belas kasih dan  mengasihani  sesama  mereka.



Penggunaan Hesed dalam Perjanjian Lama



 Hesed -  246x dalam 239 ayat dalam Alkitab NAS -  Kejadian 19:19; 20:13; 21:23; 24:12, 14, 27, 49; 32:10; 39:21; 40:14; 47:29; Keluaran 15:13; 20:6; 34:6f; Bilangan 14:18f; Ulangan 5:10; 7:9, 12; Yosua 2:12, 14; Hakim Hakim 1:24; 8:35; Rut 1:8; 2:20; 3:10; 1Sa 15:6; 20:8, 14f; 2 Sam 2:5f; 3:8; 7:15; 9:1, 3, 7; 10:2; 15:20; 16:17; 22:51; 1 Raja-Raja 2:7; 3:6; 8:23; 20:31; 1 Taw 16:34, 41; 17:13; 19:2; 2 Taw 1:8; 5:13; 6:14, 42; 7:3, 6; 20:21; 24:22; 32:32; 35:26; Ezra 3:11; 7:28; 9:9; Neh 1:5; 9:17, 32; 13:14, 22; Ester 2:9, 17; Ayub 6:14; 10:12; 37:13; Maz 5:7; 6:4; 13:5; 17:7; 18:50; 21:7; 23:6; 25:6f, 10; 26:3; 31:7, 16, 21; 32:10; 33:5, 18, 22; 36:5, 7, 10; 40:10f; 42:8; 44:26; 48:9; 51:1; 52:1, 8; 57:3, 10; 59:10, 16f; 61:7; 62:12; 63:3; 66:20; 69:13, 16; 77:8; 85:7, 10; 86:5, 13, 15; 88:11; 89:1f, 14, 24, 28, 33, 49; 90:14; 92:2; 94:18; 98:3; 100:5; 101:1; 103:4, 8, 11, 17; 106:1, 7, 45; 107:1, 8, 15, 21, 31, 43; 108:4; 109:12, 16, 21, 26; 115:1; 117:2; 118:1ff, 29; 119:41, 64, 76, 88, 124, 149, 159; 130:7; 136:1, 2, 3; 138:2, 8; 141:5; 143:8, 12; 144:2; 145:8; 147:11; Ams 3:3; 11:17; 14:22; 16:6; 19:22; 20:6, 28; 21:21; 31:26; Yes 16:5; 40:6; 54:8, 10; 55:3; 57:1; 63:7; Yer 2:2; 9:24; 16:5; 31:3; 32:18; 33:11; Rat 3:22, 32; Dan 1:9; 9:4; Hos 2:19; 4:1; 6:4, 6; 10:12; 12:6; Yoel 2:13; Yunus 2:8; 4:2; MiKa 6:8; 7:18, 20; Zak 7:9




Hesed diterjemahkan dalam NAS sebagai – deeds of devotion (2x) – tindakan-tindakan pengabdian, devotion (1) –pengabdian, devout (1)- saleh, faithfulness(1)-kesetiaan, favor (2)- kebaikan murah hati, good(2)- baik, kindly (7)- baik hati, kindness(32)-kebaikan tindakan,kindnesses (1)- kebaikan-kebaikan, loveliness (1)-sangat baik/menyukakan, lovingkindness (176)- kasih setia, lovingkindnesses (7)- kasih setia, loyal deeds (1)- perbuatan setia, loyalty (6)- loyalitas, mercies (1)- belas kasihan(1),merciful (2)-penuh belas kasihan, mercy (1)belas kasihan atau pengampun, righteousness (1)-kebenaran, unchangin love (2) –cinta atau kasih yang kokoh.



Deskripsi Biblikal atas Hesed



Hesed dapat di “definisikan” atau digambarkan secara biblikal sebagai  kasih setia-Nya kepada manusia (Kej  19:19; 24:12; Ex 15:13; 20:6; 2 Sam 2:6; 7:15; 1 Raj 3:6; 8:23; 2 Taw 6:14; Ezr 7:28; Ayub 10:12; Mz 17:7; Ams 16:6; Yer 9:24; 32:18; Hos 2:19), sebagai melimpah dan besar (Kel 34:6; Bil 14:18, 19; 1 Raj 3:6; 2 Taw 1:8; Nehemia 9:17; 13:22; Mz 5:7; 33:5; 86:5, 13; 119:64; 136; Rat 3:32;  Yoel 2:13; Yun 4:2) sebagai kekal (1 Taw 16:34, 41; 2 Taw 5:13; Ezr 3:11; Mz 100:5; 118:1, 2, 3, 4; Yes 54:8, 10; Yer 33:11; Rat 3:22), sebagai sesuatu yang dapat dipercaya (Maz 13:5; 52:8) sesuatu yang dapat kita suka citakan (Mz 31:7, Mz 59:16), sesuatu yang membangkitkan atau menyebabkan ucapan syukur (atau semestinya dapat membangkitkan atau menyebabkan terjadi) (Maz 17:7, Maz 31:21), sebagai  yang diproklamasikan ( Yes 63:7, Mz 92:2), sebagai berharga (Mz 36:7), sebagai baik (Mz 69:16), sebagai keajaiban (Mz 17:7, Mz 31:21), sebagai sangat banyak ( Yes 63:7), sebagai hebat (Mz 117:2), sebagai lebih baik dari pada hidup (Mz 63:3), sebagai sesuatu dimana orang-orang kudus semestinya berdoa (Mz 17:7, 25:6, 143:8, 36:10, Kej 24:12, 2 Sam 2:6).




Orang dapat juga memperoleh sejumlah pemahaman dari makna yang “beraneka ragam” dari hesed dengan  mengobservasi efek-efek atau asosiasi-asosiasi Biblikal dari hesed pada individu-individu (beberapa konteks berbicara mengenai Israel)—ditarik oleh hesed Tuhan (Yer 31:3), dipelihara oleh hesed Tuhan (Mz 40:11), dihidupkan kembali berdasarkan pada hesed Tuhan (Mz 119:88), dihibur oleh hesed Tuhan (Mz 119:76), mencari pengampunan atas dosa-dosa seseorang melalui hesed Tuhan (Mz 51:1), menerima belas kasihan melalui hesed Tuhan (Israel= Yes 54:8), telah didengar oleh Tuhan berdasarkan pada hesed-Nya (Mz 119:149), untuk direnungkan secara mendalam dalam ibadah (Mz 48:9), mengharapkan hesed Tuhan ketika dalam penderitaan (Mz 42:7,8), dimahkotai dengan hesed Tuhan (Mz 103:4).



O Bless the Lord, My Soul (play)

Then bless His holy Name,

Whose grace hath made thee whole,

Whose lovingkindness crowns thy days!

O bless the Lord, my soul!



O Berkatilah Tuhan, Jiwaku

Kemudian berkatilah nama kudus-Nya

Yang  anugerah-Nya membuatmu   utuh,

Yang kasih setia-Nya memahkotai hari-harimu!

O berkatilah Tuhan, jiwaku!





Berikut ini adalah beberapa pilihan penggunaan Hesed dalam Perjanjian Lama…

(Rahab kepada mata-mata Yahudi yang dikirim oleh Yosua) Sekarang oleh karena itu tolonglah  bersumpahlaj kepadaku demi TUHAN (YHWH). Karena aku telah berlaku dengan ramah   denganmu, agar engkau juga mau berlaku ramah  (hesed) dengan kaum ayahku, dan memberikan kepadaku sebuah janji kebenaran ( Yos 2:12)




Komentar : Hesed bermakna loyal, kokoh, atau cinta yang setia berdasarkan pada sebuah janji, kesepakatan, atau kovenan. Terkadang kata ini digunakan pada kovenan kasih Tuhan terhadap umat-Nya dan terkadang, seperti disini, pada hubungan-hubungan  pada level manusia. Permintaan Rahab agar  mata-mata itu membuat sebuah kesepakatan hesed dengannya dan kaum  keluarganya, seperti  sebuah kesepakatan hesed yang telah dia  lakukan dengang mereka melalui membiarkan mereka hidup. (Walvoord, J.F., Zuck, R. B., et al: The Bible Knowledge Commentary. 1985. Victor atau  Logos atau Wordsearch)






(Daud  berbicara kepada Yonatan, anak laki-laki Saul) Oleh karena itu  hadapilah (lakukan atau kerjakan) secara ramah (kasih setia) terhadap hambamu (Saul), karena engkau telah membawa hambamu (Daud) masuk kedalam sebuah kovenan TUHAN denganmu (Yonatan). Tetapi jika ada  ketidakadilan padaku, maka bunuhlah aku olehmu sendiri, maka mengapa engkau harus membawaku kepada ayahmu?” ( 1 Sam 20:8).



Komentar : Daud sedang merujuk pada kovenan ( lihat studi berit/berith/beriyth) yang telah diprakarsai oleh  Yonatan bersama dengan Daud karena  kasih sahabat (filia) kepadanya ( 1 Sam 18:3) masuk kedalam sebuah kovenan TUHAN dengannya ( 1 Sam 18:3), dan dengan demikian  diatas dasar ikatan kovenan yang formal dimana Yonatan telah mendapatkan  penerimaan Daud  untuk menjadi mitra kovenannya untuk mendemonstrasikan kebaikan ( dalam Septuaginta/ LXX eleos = kebaikan atau kepedulian yang  telah diekspresikan bagi seseorang yang membutuhkan, dalam kemurahan, dalam belas kasihan, dalam kasihan, dalam pengampunan). Daud telah memahami ikatan alami kovenan, terutama ketika dilakukan diantara para pria yangberintegeritas. (lihat studi terkait -Covenant: The Exchange of Robes; Covenant: The Exchange of Armor and Belts)



Bersambung : Bagian 3Definition of Hebrew For Lovingkindness  Hesed-Chesed-Heced | diterjemahkan-diedit oleh : Martin Simamora







P O P U L A R - "Last 7 days"