Oleh : Precept Austin
Bagian 1…,Pengaitan hesed dengan “kovenan” menjaganya dari kesalahpahaman sebagai semata providensia /pemeliharaan atau kasih kepada semua ciptaan; hesed terutama diterapkan untuk kasih Tuhan yang khusus ditujukan bagi umat pilihan-Nya dan umat yang menerima kovenan.
Beberapa
penulis merasa bahwa devotion adalah salah satu kata terbaik
dalam bahasa Inggris yang dapat merangkumkan makna kata Ibrani hesed.
Kata devotion dalam bahasa Inggris
menggambarkan dedikasi yang penuh
gairah, jatuh cinta dan loyal terhadap orang lain. Alkitab versi RSV berupaya mengangkat makna ini dengan
terjemahannya : steadfast love ( dengarkanlah kor Doen Moen yang indah ini : Your Steadfast
Love).
Vine menambahkan bahwa…
Penggunaan biblikal yang kerap
mengatakan seseorang “melakukan,” “memperlihatkan,” atau “menjaga” hesed.
Kandungan konkrit kata ini secara khusus
nyata ketika kata ini digunakan dalam bentuk plural ( misal Ratapan 3:22). “Belas kasih-belas kasih,” “kebaikan-kebaikan,” atau “
kesetiaan-kesetiaan” Tuhan adalah tindakan-tindakan penebusan kasih yang
konkrit dalam penggenapan janji-janji
kovenan-Nya. Sebuah contoh nampak dalam Yesaya 55:3
And I will make an everlasting covenant (beriyth) with you, according to the faithful (aman = 0539 = speaks of certainty) mercies (hesed) shown to David.
Aku hendak mengikat perjanjian (beriyth) abadi dengan kamu, menurut kasih setia (hesed)yang teguh (aman=0539=berbicara kepastian) yang Kujanjikan kepada Daud.
Komentar: Perhatikan bahwa dalam konteks ini “mercies” digunakan hampir seperti sebuah sinonim bagi janji-janji kovenan Tuhan. Perhatikan juga bahwa penggunaan hesed ( kasih setia) dan kovenan (beriyth) menekankan asosiasi yang dekat kasih setia Tuhan dan kovenan-Nya. Berikut ini 13 ayat lainnya dalam Perjanjian Lama yang menggunakan hesed dan beriyth dalam ayat yang sama- Ulangan 7:9 , Ulangan 7:12, 1 Samuel 20:8, 1 Raja-Raja 8:23, 2 Tawarikh 6:14, Nehemia 9:32, Maz 25:10, Maz 89:28, Maz 106:45, Yes 54:10, Yes 55:3, Dan 9:4.
…Pengaitan hesed dengan “kovenan” menjaganya dari kesalahpahaman sebagai semata providensia /pemeliharaan atau kasih kepada semua ciptaan; hesed terutama diterapkan untuk kasih Tuhan yang khusus ditujukan bagi umat pilihan-Nya dan umat yang menerima kovenan. “Kovenan” juga menekankan hubungan yang timbal-balik; tetapi karena checed (kasih setia) Tuhan pada puncaknya melampaui kovenan, maka kovenan itu tidak akan dibatalkan, bahkan ketika mitra manusia tidak setia dan harus didisiplinkan ( Yesaya 54:8,10). Karena hal ini merupakan kemenangan final dan pelaksanaannya adalah bersifat eskatologi, checed dapat menunjukan tujuan dan akhir seluruh sejarah keselamatan ( Maz 85:7, 10; 130:7; Mika 7:20). (Vine, W E: Vine's CompleteExpository Dictionary of Old and New Testament Words. 1996. Nelson atau Wordsearch)
Delitzsch mengatakan bahwa hesed Tuhan adalah …
Kasih Tuhan turun hingga dalam derajat tertentu menjangkau ciptaan-ciptaan-Nya, terlebih khusus lagi kepada orang-orang berdosa, dalam kebaikan yang tidak layak untuk diberikan.
Here Is Love (play)
Here is love, vast as the ocean,
Lovingkindness as the flood,
When the Prince of Life, our Ransom,
Shed for us His precious blood.
Who His love will not remember?
Who can cease to sing His praise?
He can never be forgotten,
Throughout Heav’n’s eternal days.
[terjemahan bebas]
Inilah kasih, membentang luas seperti samudera
Kasih setia seperti banjir
Ketika Pangeran Kehidupan, tebusan kami,
Menumpahkan bagi kami darah-Nya yang berharga.
Siapa yang tidak akan mengingat kasih-Nya?
Siapa yang dapat berhenti menyanyikan pujian-Nya?
Dia tidak pernah dapat dilupakan,
Sepanjang hari-hari kekal surga
Alec Motyer telah menggambarkan hesed Tuhan atau kovenan kasih sebagai :
Mengkombinasikan kehangatan persekutuan Tuhan dengan keamanan kasih setia Tuhan.
Dr. Charles Ryrie menulis bahwa….
Dalam Perjanjian Lama, komuni, pembebasan, pemampuan, pencerahan, panduan, pengampunan, harapan, pujian, pemeliharaan semuanya ini berdasarkan pada hesed Tuhan.
Huey menambahkan bahwa
Hesed meliputi perbuatan-perbuatan belas kasih yang telah diperlihatkan oleh satu pihak yang jauh lebih kuat untuk keuntungan pihak yang lebih lemah.
Ralph Davis menulis bahwa…
Hesed adalah kasih setia yang telah dijanjikan dalam sebuah kovenan; hesed adalah kasih atau cinta yang bersedia untuk berkomitmen terhadap orang lain dengan membuat janjinya sebuah catatan yang formal dan serius. (Ralph Davis, D. Focus on the Bible : 2 Samuel).
Sebuah tindakan hesed mengandaikan adanya sebuah hubungan antara pihak-pihak yang terlibat. Dimana sebelumnya tidak ada hubungan formal sebelumnya telah diakui, orang yang melaksanakan hesed telah memilih untuk memperlakukan si penerima seolah-olah sebuah hubungan telah ada.
Vine mencatat bahwa
Hesed menjadikan baik manusia dan Tuhan sebagai subyeknya. Ketika manusia adalah subyek Checed ( kebaikan atau kasih setia) Tuhan, kata ini biasanya menggambarkan kebaikan atau loyalitas orang terhadap orang lain, bandingkan dengan 2 Samuel 9:7 … Hanya saja istilah ini jarang diterapkan secara eksplisit untuk kasih sayang atau kesetiaan manusia terhadap Tuhan; contoh paling jelas berangkali Yeremia 2:2 …Manusia melakukan checed terhadap berbagai unit dalam komunitas tersebut---terhadap keluarga dan sanak saudara, tetapi juga kepada sahabat-sahabat, tamu-tamu, tuan-tuan, dan hamba-hamba. Hesed terhadap kalangan rendah dan tidak mampu kerap dinyatakan spesifik. Alkitab secara menonjol menggunakan istilah hesed untuk meringkas dan mengkarakterisasi sebuah kehidupan didalam pengudusan, dan dalam menanggapi kovenan. Jadi, Hosea 6:6 menyatakan Tuhan menginginkan “-mercy belas kasih [RSV, “steadfast love”] dan bukan pengorbanan” ( yaitu kehidupan setia disamping ibadah). Demikian pula, Mika 6:8 menonjolkan checed dalam rangkuman para nabi tentang etika-etika biblikal : “dan apakah yang Tuhan syaratkan bagimu, selain…untuk mencintai belas kasih?” Akan tetapi, dibalik semua penggunaan ini dengan manusia sebagai subyek, tampil referensi-referensi yang berulang untuk hesed Tuhan.
Ini salah satu dari berbagai karakteristik yang paling penting. Kasih setia Tuhan ditawarkan kepada umat-Nya, yang membutuhkan penebusan dari dosa, musuh-musuh, dan kesulitan-kesulitan. Sebuah refrain yang berulang menggambarkan natur Tuhan : “sangat banyak /berlimpah dalam hesed” ( Keluaran 34:6; Nehemia 9:17; Maz 103:8; Yunus 4:2). Seluruh sejarah hubungan Yahweh yang bersifat kovenan dengan Israel dapat dirangkumkan dalam pemahaman checed.
Ini adalah satu elemen permanen dalam aliran sejarah kovenan. Bahkan Penciptaan adalah hasil dari checed Tuhan ( Mazmur 136:5-9). Kasihnya berlangsung hingga ke “beribu-ribu generasi” ( Ulangan 7:9; bandingkan dengan Ulangan 5:10 dan Keluaran 20:6), tentu saja “selama-lamanya” (khususnya dalam refrain-refrain pada Mazmur-Mazmur tertentu, seperti Maz 136) ((Vine, W E: Vine's CompleteExpository Dictionary of Old and New Testament Words. 1996. Nelson atau Wordsearch )
Kasih Tuhan turun hingga dalam derajat tertentu menjangkau ciptaan-ciptaan-Nya, terlebih khusus lagi kepada orang-orang berdosa, dalam kebaikan yang tidak layak untuk diberikan.
Here Is Love (play)
Here is love, vast as the ocean,
Lovingkindness as the flood,
When the Prince of Life, our Ransom,
Shed for us His precious blood.
Who His love will not remember?
Who can cease to sing His praise?
He can never be forgotten,
Throughout Heav’n’s eternal days.
[terjemahan bebas]
Inilah kasih, membentang luas seperti samudera
Kasih setia seperti banjir
Ketika Pangeran Kehidupan, tebusan kami,
Menumpahkan bagi kami darah-Nya yang berharga.
Siapa yang tidak akan mengingat kasih-Nya?
Siapa yang dapat berhenti menyanyikan pujian-Nya?
Dia tidak pernah dapat dilupakan,
Sepanjang hari-hari kekal surga
Alec Motyer telah menggambarkan hesed Tuhan atau kovenan kasih sebagai :
Mengkombinasikan kehangatan persekutuan Tuhan dengan keamanan kasih setia Tuhan.
Dr. Charles Ryrie menulis bahwa….
Dalam Perjanjian Lama, komuni, pembebasan, pemampuan, pencerahan, panduan, pengampunan, harapan, pujian, pemeliharaan semuanya ini berdasarkan pada hesed Tuhan.
Huey menambahkan bahwa
Hesed meliputi perbuatan-perbuatan belas kasih yang telah diperlihatkan oleh satu pihak yang jauh lebih kuat untuk keuntungan pihak yang lebih lemah.
Ralph Davis menulis bahwa…
Hesed adalah kasih setia yang telah dijanjikan dalam sebuah kovenan; hesed adalah kasih atau cinta yang bersedia untuk berkomitmen terhadap orang lain dengan membuat janjinya sebuah catatan yang formal dan serius. (Ralph Davis, D. Focus on the Bible : 2 Samuel).
Sebuah tindakan hesed mengandaikan adanya sebuah hubungan antara pihak-pihak yang terlibat. Dimana sebelumnya tidak ada hubungan formal sebelumnya telah diakui, orang yang melaksanakan hesed telah memilih untuk memperlakukan si penerima seolah-olah sebuah hubungan telah ada.
Vine mencatat bahwa
Hesed menjadikan baik manusia dan Tuhan sebagai subyeknya. Ketika manusia adalah subyek Checed ( kebaikan atau kasih setia) Tuhan, kata ini biasanya menggambarkan kebaikan atau loyalitas orang terhadap orang lain, bandingkan dengan 2 Samuel 9:7 … Hanya saja istilah ini jarang diterapkan secara eksplisit untuk kasih sayang atau kesetiaan manusia terhadap Tuhan; contoh paling jelas berangkali Yeremia 2:2 …Manusia melakukan checed terhadap berbagai unit dalam komunitas tersebut---terhadap keluarga dan sanak saudara, tetapi juga kepada sahabat-sahabat, tamu-tamu, tuan-tuan, dan hamba-hamba. Hesed terhadap kalangan rendah dan tidak mampu kerap dinyatakan spesifik. Alkitab secara menonjol menggunakan istilah hesed untuk meringkas dan mengkarakterisasi sebuah kehidupan didalam pengudusan, dan dalam menanggapi kovenan. Jadi, Hosea 6:6 menyatakan Tuhan menginginkan “-mercy belas kasih [RSV, “steadfast love”] dan bukan pengorbanan” ( yaitu kehidupan setia disamping ibadah). Demikian pula, Mika 6:8 menonjolkan checed dalam rangkuman para nabi tentang etika-etika biblikal : “dan apakah yang Tuhan syaratkan bagimu, selain…untuk mencintai belas kasih?” Akan tetapi, dibalik semua penggunaan ini dengan manusia sebagai subyek, tampil referensi-referensi yang berulang untuk hesed Tuhan.
Ini salah satu dari berbagai karakteristik yang paling penting. Kasih setia Tuhan ditawarkan kepada umat-Nya, yang membutuhkan penebusan dari dosa, musuh-musuh, dan kesulitan-kesulitan. Sebuah refrain yang berulang menggambarkan natur Tuhan : “sangat banyak /berlimpah dalam hesed” ( Keluaran 34:6; Nehemia 9:17; Maz 103:8; Yunus 4:2). Seluruh sejarah hubungan Yahweh yang bersifat kovenan dengan Israel dapat dirangkumkan dalam pemahaman checed.
Ini adalah satu elemen permanen dalam aliran sejarah kovenan. Bahkan Penciptaan adalah hasil dari checed Tuhan ( Mazmur 136:5-9). Kasihnya berlangsung hingga ke “beribu-ribu generasi” ( Ulangan 7:9; bandingkan dengan Ulangan 5:10 dan Keluaran 20:6), tentu saja “selama-lamanya” (khususnya dalam refrain-refrain pada Mazmur-Mazmur tertentu, seperti Maz 136) ((Vine, W E: Vine's CompleteExpository Dictionary of Old and New Testament Words. 1996. Nelson atau Wordsearch )
Kata Ibrani Hesed
adalah salah satu atribut-atribut utama YHWH. Kasih setia Tuhan (Hesed)
ditawarkan kepad umat-Nya yang
membutuhkan penebusan dari dosa. Musuh-musuh, dan masalah-masalah. Sebuah
refrain yang berulang menggambarkan natur Tuhan yang sangat banyak dalam hesed (
Keluaran 34:6; Nehemia 9:17; Maz 103:8;
Yunus 4:2; Ratapan 3:22). Memang benar, hesed adalah salah satu kata yang paling pentung dalam
Perjanjian Lama, dan kata ini kerap diterjemahkan dalam KJV sebagai
“lovingkindness – kasih setia” atau “mercy-belas kasihan.”
All Depends on OurPossessing
All Depends on OurPossessing
When with sorrow I
am stricken,
Hope my heart anew
will quicken,
All my longing
shall be stilled.
To His lovingkindness
tender
Soul and body I
surrender;
For on Him alone I
build.
Semua tergantung pada apa yang kami miliki
Ketika dengan sedih aku dipukul hebat.
Berharap hatiku sekali lagi akan lebih kuat
Semua kerinduanku akan ditenangkan
Kepada kasih setia-Nya yang lembut
Jiwa dan tubuh aku berserah
Karena pada Dia saja Aku membangun
Hesed mengindikasikan kesetiaan terhadap sebuah hubungan. Untuk menunjukan kebaikan atau hesed harus bertindak loyal, dalam cara yang mengasihi seseorang. Ini adalah kebaikan sejati dalam hubungan-hubungan manusia dan kebaikan yang Tuhan perlihatkan kepada kita. Dalam 2 Samuel 9:1-13 kita melihat contoh yang cantik, Daud memperlihatkan “hesed” untuk melumpuhkan Mefiboset, putera Yonatan yang bertahan hidup, yang dengannya Daud memiliki sebuah hubungan kovenan.
Kemudian Daud berkata,” masih adakah orang lain yang berdiam di rumah Saul, sehingga aku dapat memperlihatkan padanya kebaikan (hesed; LXX=eleos) demi Yonatan?”… 3 Dan raja berkata,” Apakah tidak ada lagi siapapun di rumah Saul yang kepadanya aku dapat menunjukan kebaikan (hesed; LXX = eleos) dari Tuhan?” Dan Ziba berkata kepada raja, “Masih ada seorang anak laki-laki Yonatan yang pincang pada kedua kakinya”… 6 Dan Mefiboset, anak laki-laki Yonatan bin Saul, datangkepada Daud dan menjatuhkan wajahnya dan bersujud. Dan Daud berkata, “Mefiboset.” Dan dia berkat, “Inilah hambamu!” 7. Dan Daud berkata kepadanya, “Jangan takut, karena aku pasti akan memperlihatkan kebaikan (hesed; LXX= eleos)(Apakah yang “dilawan” hesed dalam konteks ini? Apakah anda ketakutan? Pertimbangkan berdoa seperti doa Daud dalam Mazmur 17:7)kepadamu demi ayahmu Yonatan, dan akan memulihkan semua tanah kakekmu Saul; dan kamu akan makan di mejaku secara tetap.” ( 2 Samuel 9:1,3,6,7)
Covenant : Nas ini secara jelas memperlihatkan bagaimana seorang Daud seorang pria yang ada didalam hati Tuhan berupaya menghormati kovenan yang telah dia putuskan dengan Yonatan yang telah wafat tetapi Daud memahami bahwa hesed atau kasih setia yang dihubungkan dengan kovenan, memanggil Daud untuk meneruskan berkat-berkat kovenan itu kepada keturunan Yonatan, Mefiboset (lihat studi Mefiboset).
Hesed
adalah sentral bagi karakter Tuhan dan secara
ketat ditautkan dengan kovenan-Nya terhadap orang pilihan-Nya;
faktanya kovenan dapat dipikirkan
sebagai hubungan yang daripadanya hesed mengalir. Akan tetapi, hesed Tuhan tidak terikat oleh kovenan itu sendiri, dan walaupun
orang-orang dapat terbukti tidak setia terhadap hubungannya, hesed Tuhan adalah
selama-lamanya (Yesaya 54:8).
Karena ini adalah sebuah kualitas Tuhan maka hesed semestinya juga mencirikan umat-Nya; oleh karena itu hal ini juga dimintakan dalam diri mereka (“belas kasihan,” Mik 6:8; Zak 7:9; bandingkan dengan Hosea 4:1; 12:6). Pada bagian mereka adalah loyalitas terhadap kovenannya yang diungkapkan dalam kepatuhan dan tindakan-tindakan belas kasih dan mengasihani sesama mereka.
Penggunaan Hesed dalam Perjanjian Lama
Hesed - 246x dalam 239 ayat dalam Alkitab NAS - Kejadian 19:19; 20:13; 21:23; 24:12, 14, 27, 49; 32:10; 39:21; 40:14; 47:29; Keluaran 15:13; 20:6; 34:6f; Bilangan 14:18f; Ulangan 5:10; 7:9, 12; Yosua 2:12, 14; Hakim Hakim 1:24; 8:35; Rut 1:8; 2:20; 3:10; 1Sa 15:6; 20:8, 14f; 2 Sam 2:5f; 3:8; 7:15; 9:1, 3, 7; 10:2; 15:20; 16:17; 22:51; 1 Raja-Raja 2:7; 3:6; 8:23; 20:31; 1 Taw 16:34, 41; 17:13; 19:2; 2 Taw 1:8; 5:13; 6:14, 42; 7:3, 6; 20:21; 24:22; 32:32; 35:26; Ezra 3:11; 7:28; 9:9; Neh 1:5; 9:17, 32; 13:14, 22; Ester 2:9, 17; Ayub 6:14; 10:12; 37:13; Maz 5:7; 6:4; 13:5; 17:7; 18:50; 21:7; 23:6; 25:6f, 10; 26:3; 31:7, 16, 21; 32:10; 33:5, 18, 22; 36:5, 7, 10; 40:10f; 42:8; 44:26; 48:9; 51:1; 52:1, 8; 57:3, 10; 59:10, 16f; 61:7; 62:12; 63:3; 66:20; 69:13, 16; 77:8; 85:7, 10; 86:5, 13, 15; 88:11; 89:1f, 14, 24, 28, 33, 49; 90:14; 92:2; 94:18; 98:3; 100:5; 101:1; 103:4, 8, 11, 17; 106:1, 7, 45; 107:1, 8, 15, 21, 31, 43; 108:4; 109:12, 16, 21, 26; 115:1; 117:2; 118:1ff, 29; 119:41, 64, 76, 88, 124, 149, 159; 130:7; 136:1, 2, 3; 138:2, 8; 141:5; 143:8, 12; 144:2; 145:8; 147:11; Ams 3:3; 11:17; 14:22; 16:6; 19:22; 20:6, 28; 21:21; 31:26; Yes 16:5; 40:6; 54:8, 10; 55:3; 57:1; 63:7; Yer 2:2; 9:24; 16:5; 31:3; 32:18; 33:11; Rat 3:22, 32; Dan 1:9; 9:4; Hos 2:19; 4:1; 6:4, 6; 10:12; 12:6; Yoel 2:13; Yunus 2:8; 4:2; MiKa 6:8; 7:18, 20; Zak 7:9
Hesed diterjemahkan dalam NAS sebagai – deeds of devotion (2x) – tindakan-tindakan pengabdian, devotion (1) –pengabdian, devout (1)- saleh, faithfulness(1)-kesetiaan, favor (2)- kebaikan murah hati, good(2)- baik, kindly (7)- baik hati, kindness(32)-kebaikan tindakan,kindnesses (1)- kebaikan-kebaikan, loveliness (1)-sangat baik/menyukakan, lovingkindness (176)- kasih setia, lovingkindnesses (7)- kasih setia, loyal deeds (1)- perbuatan setia, loyalty (6)- loyalitas, mercies (1)- belas kasihan(1),merciful (2)-penuh belas kasihan, mercy (1)belas kasihan atau pengampun, righteousness (1)-kebenaran, unchangin love (2) –cinta atau kasih yang kokoh.
Deskripsi Biblikal atas Hesed
Hesed dapat di “definisikan” atau digambarkan secara biblikal sebagai kasih setia-Nya kepada manusia (Kej 19:19; 24:12; Ex 15:13; 20:6; 2 Sam 2:6; 7:15; 1 Raj 3:6; 8:23; 2 Taw 6:14; Ezr 7:28; Ayub 10:12; Mz 17:7; Ams 16:6; Yer 9:24; 32:18; Hos 2:19), sebagai melimpah dan besar (Kel 34:6; Bil 14:18, 19; 1 Raj 3:6; 2 Taw 1:8; Nehemia 9:17; 13:22; Mz 5:7; 33:5; 86:5, 13; 119:64; 136; Rat 3:32; Yoel 2:13; Yun 4:2) sebagai kekal (1 Taw 16:34, 41; 2 Taw 5:13; Ezr 3:11; Mz 100:5; 118:1, 2, 3, 4; Yes 54:8, 10; Yer 33:11; Rat 3:22), sebagai sesuatu yang dapat dipercaya (Maz 13:5; 52:8) sesuatu yang dapat kita suka citakan (Mz 31:7, Mz 59:16), sesuatu yang membangkitkan atau menyebabkan ucapan syukur (atau semestinya dapat membangkitkan atau menyebabkan terjadi) (Maz 17:7, Maz 31:21), sebagai yang diproklamasikan ( Yes 63:7, Mz 92:2), sebagai berharga (Mz 36:7), sebagai baik (Mz 69:16), sebagai keajaiban (Mz 17:7, Mz 31:21), sebagai sangat banyak ( Yes 63:7), sebagai hebat (Mz 117:2), sebagai lebih baik dari pada hidup (Mz 63:3), sebagai sesuatu dimana orang-orang kudus semestinya berdoa (Mz 17:7, 25:6, 143:8, 36:10, Kej 24:12, 2 Sam 2:6).
Orang dapat juga memperoleh sejumlah pemahaman dari makna yang “beraneka ragam” dari hesed dengan mengobservasi efek-efek atau asosiasi-asosiasi Biblikal dari hesed pada individu-individu (beberapa konteks berbicara mengenai Israel)—ditarik oleh hesed Tuhan (Yer 31:3), dipelihara oleh hesed Tuhan (Mz 40:11), dihidupkan kembali berdasarkan pada hesed Tuhan (Mz 119:88), dihibur oleh hesed Tuhan (Mz 119:76), mencari pengampunan atas dosa-dosa seseorang melalui hesed Tuhan (Mz 51:1), menerima belas kasihan melalui hesed Tuhan (Israel= Yes 54:8), telah didengar oleh Tuhan berdasarkan pada hesed-Nya (Mz 119:149), untuk direnungkan secara mendalam dalam ibadah (Mz 48:9), mengharapkan hesed Tuhan ketika dalam penderitaan (Mz 42:7,8), dimahkotai dengan hesed Tuhan (Mz 103:4).
O Bless the Lord, My Soul (play)
Then bless His
holy Name,
Whose grace hath made thee whole,
Whose lovingkindness
crowns thy days!
O bless the Lord, my soul!
O Berkatilah Tuhan, Jiwaku
Kemudian
berkatilah nama kudus-Nya
Yang anugerah-Nya membuatmu utuh,
Yang kasih
setia-Nya memahkotai hari-harimu!
O berkatilah Tuhan,
jiwaku!
Berikut ini adalah beberapa pilihan penggunaan Hesed dalam Perjanjian
Lama…
(Rahab kepada mata-mata Yahudi yang dikirim oleh Yosua) Sekarang oleh karena itu tolonglah bersumpahlaj kepadaku demi TUHAN (YHWH). Karena aku telah berlaku dengan ramah denganmu, agar engkau juga mau berlaku ramah (hesed) dengan kaum ayahku, dan memberikan kepadaku sebuah janji kebenaran ( Yos 2:12)
(Rahab kepada mata-mata Yahudi yang dikirim oleh Yosua) Sekarang oleh karena itu tolonglah bersumpahlaj kepadaku demi TUHAN (YHWH). Karena aku telah berlaku dengan ramah denganmu, agar engkau juga mau berlaku ramah (hesed) dengan kaum ayahku, dan memberikan kepadaku sebuah janji kebenaran ( Yos 2:12)
Komentar : Hesed bermakna loyal, kokoh, atau cinta yang setia berdasarkan pada sebuah janji, kesepakatan, atau kovenan. Terkadang kata ini digunakan pada kovenan kasih Tuhan terhadap umat-Nya dan terkadang, seperti disini, pada hubungan-hubungan pada level manusia. Permintaan Rahab agar mata-mata itu membuat sebuah kesepakatan hesed dengannya dan kaum keluarganya, seperti sebuah kesepakatan hesed yang telah dia lakukan dengang mereka melalui membiarkan mereka hidup. (Walvoord, J.F., Zuck, R. B., et al: The Bible Knowledge Commentary. 1985. Victor atau Logos atau Wordsearch)
(Daud berbicara kepada Yonatan, anak
laki-laki Saul) Oleh karena itu
hadapilah (lakukan atau kerjakan) secara ramah (kasih setia) terhadap hambamu (Saul), karena engkau telah
membawa hambamu (Daud) masuk kedalam sebuah kovenan TUHAN denganmu (Yonatan). Tetapi jika ada ketidakadilan padaku, maka bunuhlah aku olehmu
sendiri, maka mengapa engkau harus membawaku kepada ayahmu?” ( 1 Sam 20:8).
Komentar : Daud sedang merujuk pada kovenan ( lihat studi berit/berith/beriyth) yang telah
diprakarsai oleh Yonatan bersama dengan
Daud karena kasih sahabat (filia)
kepadanya ( 1 Sam 18:3) masuk kedalam sebuah kovenan TUHAN dengannya ( 1 Sam 18:3), dan dengan demikian diatas dasar ikatan kovenan yang formal
dimana Yonatan telah mendapatkan
penerimaan Daud untuk menjadi
mitra kovenannya untuk mendemonstrasikan kebaikan ( dalam Septuaginta/ LXX eleos = kebaikan atau kepedulian yang telah diekspresikan bagi seseorang yang
membutuhkan, dalam kemurahan, dalam belas kasihan, dalam kasihan, dalam
pengampunan). Daud telah memahami ikatan alami kovenan, terutama ketika
dilakukan diantara para pria yangberintegeritas. (lihat studi terkait -Covenant: The Exchange of Robes; Covenant: The Exchange of Armor and Belts)
Bersambung : Bagian 3Definition of Hebrew For Lovingkindness Hesed-Chesed-Heced | diterjemahkan-diedit oleh : Martin Simamora
No comments:
Post a Comment