0 Apakah Yesus Kristus Tuhan ? (3)


Yesus Menyatakan dirinya sebagai Messias (Kristus)

Alkitab mengatakan bahwa Yesus adalah Kristus atau Messias- yang diurapi Tuhan. Yesus sendiri menyatakan dirinya atau mengakui bahwa Ia adalah Messias. Gelar ini secara khusus sangat penting terkait pertanyaan utama yang menjadi judul artikel ini- Apakah Yesus Kristus Tuhan? Perjanjian Lama memberitahukan kepada kita bahwa Messias adalah Tuhan dan Bapa yang kekal :

Yesaya 9:6
Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada diatas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

Nubuat atau profetik lainnya dalam Perjanjian Lama memberitahukan kepada kita bahwa Messias adalah Tuhan :

Sebelumya : Bagian 2


Yeremia 23:5-6
Sesungguhnya, waktunya akan datang, demikianlah firman TUHAN, bahwa Aku akan menumbuhkan Tunas adil bagi Daud. Iaakan memerintah sebagai raja yang bijaksana dan akan melakukan keadilan dan kebenaran di negeri.(6) Dalam zamannyaYehuda akan dibebaskan, dan Israel akan hidup dengan tenteram; dan inilah namanya yang diberikan orang kepadanya: TUHAN--keadilan kita.

Gelar, "TUHAN Keadilan kita" mengindikasikan bahwa Messias adalah Tuhan. Kata Ibrani yang diterjemahkan sebagai"LORD" dalam bahasa Inggris atau "TUHAN" dalam Alkitab, adalah yhvh (Yahweh), yang adalah nama pribadi Tuhan. Yesus menyatakan dirinya dengan gelar-gelar yang hanya dimiliki oleh Tuhan

Yesus menyatakan dirinya dengan berbagai gelar yang hanya dimiliki oleh Tuhan. Yesus mengklaim telah mengutus nabi-nabi :

Matius 23:34
Sebab itu, lihatlah, Aku mengutus kepadamu nabi-nabi, orang-orang bijaksana dan ahli-ahli Taurat: separuh di antaramereka akan kamu bunuh dan kamu salibkan, yang lain akan kamu sesah di rumah-rumah ibadatmu dan kamu aniaya darikota ke kota, 

Dalam Perjanjian Lama diungkapkan bahwa Tuhan yang mengutus nabi-nabi. Dengan demikian Yesus telah mengklaim sebuah otoritas yang dahulunya hanya dapat dilakukan oleh Tuhan.

Yesus mengklaim bahwa Ia berasal dari surga, sementara kita tahu bahwa semua manusia berasal dari dunia ini :

  • Yohanes 3:13  Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga,yaitu Anak Manusia.
  • Yohanes 8:23  Lalu Ia berkata kepada mereka: "Kamu berasal dari bawah, Aku dari atas; kamu dari dunia ini, Aku bukan dari dunia ini.

Yesus bahkan tak berhenti pada klaim Ia berasal dari surga, Ia menyatakan surga adalah "kerajaanku", bukankah surga adalah kerajaan Tuhan?

  • Lukas 22:30 bahwa kamu akan makan dan minum semeja dengan Aku di dalam Kerajaan-Ku dan kamu akan duduk di atas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel.
  • Yohanes 18:36 Jawab Yesus: "Kerajaan-Ku bukan dari dunia ini; jika Kerajaan-Ku dari dunia ini, pastihamba-hamba-Ku telah melawan, supaya Aku jangan diserahkan kepada orang Yahudi, akan tetapi Kerajaan-Ku bukan darisini."

Yesus mengklaim telah ada sebelum ia lahir di Betleham :

Yohanes 8:58-59
(58) Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada."(59) Lalu mereka mengambil batu untuk melempari Dia; tetapi Yesus menghilang dan meninggalkan Bait Allah.

Klaim itu termasuk istilah "AKU adalah" (I am)- sebuah referensi untuk  Tuhan saat memperkenalkan dirinya dalam percakapan dengan Musa. Orang-orang Yahudi dengan segera mengenali bahwa Yesus sedang menyatakan dirinya adalah Tuhan, dan orang-orang Yahudi berupaya melempari Yesus dengan batu.

Yesus juga mengklaim dirinya telah ada "sebelum dunia dimulai" :

Yohanes 17:5
Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada.

Pernyataan ini sebuah klaim  ke-Tuhan-an  yang sangat jelas. Yesus tak hanya menyatakan dirinya telah ada sebelum penciptaan alam semesta, tetapi ia telah menyatakan bahwa dirinya berbagi kemuliaan bersama dengan Tuhan! Yesus jugatelah menyatakan dirinya bahwa Ia memiliki "segala kuasa di sorga dan di bumi" (Matius 28:18).

Yesus menyatakan dirinya menjadi hakim agung yang melaksanakan semua penghakiman.

Sementara didalam Alkitab, setidaknya ada 50 ayat yang menegaskan bahwa Tuhan Yehova akan menghakimi bumi (baca juga Who Will Judge Mankind?).

Yesus menyatakan dirinya bahwa Ia yang akan memisahkan "domba dari kambing".

Sementara Kitab Yehezkiel-Perjanjian Lama menyatakan bahwa Tuhan Yehovah yang akan melakukan hal ini. Yesus  menyatakan dirinya menjadi kebangkitan dan hidup. Ia berkata bahwa Ia sendiri yang akan membangkitkan semua orang dari kematian. Semua ini adalah wewenang Tuhan.

Bersambung Bagian 4

Martin Simamora | godandscience.org


P O P U L A R - "Last 7 days"