0 Tidak Ada Satupun Yang Unik Dalam Pengajaran Yesus Kristus? (Bag.1)

Pengajaran-Pengajaran Radikal Yesus Kristus

Para atheis kerap mengklaim bahwa pengajaran yang disampaikan oleh Yesus Kristus sama sekali tidak ada yang unik sehingga  akan ditemui  juga didalam agama-agama lainnya di dunia. Namun, yang sesungguhnya, apa yang diajarkan atau pesan yang disampaikan sangat berbeda secara radikal dengan setiap agama lainnya. Artikel ini akan memeriksa beberapa pengajaran unik Yesus Kristus.

Kebenaran- Bukan sekedar Perbuatan-Perbuatan


Dalam banyak khotbahnya, Yesus berkata bahwa kebenaran lebih dari sekedar tidak melakukan hasrat-hasrat jahat dalam diri seseorang. Dengan kata lain, sekedar bertindak benar tidak cukup atau memadai, seseorang harus juga berpikir secara benar.


Keinginan berbuat jahat yang ada didalam pikiranmu membuat dirimu  menjadi bersalah yang kesalahannya sama persis dengan  kesalahan dalam tindakanmu dihadapan Tuhan yang Kudus. Ini sebabnya mengapa semua orang dikatakan telah berdosa dan telah kehilangan standard Tuhan yang kudus. Tabel dibawah ini  berisikan daftar beberapa contoh prinsip-prinsip yang diajarkan oleh Yesus dalam khotbahnya di bukit Zaitun. Saya mendorong anda untuk memperhatikan apa yang Yesus katakan, dan coba perbandingkan dengan  standar-standar Tuhan. Jika anda tulus, anda akan segera menyadari bahwa anda tak akan dapat mengusahakannya pada diri anda.

Dunia Berkata:
Jika seseorang melakukan sesuatu yang membuatmu marah. Tidak masalah untuk membalasnya.

Yesus Berkata
Menjadi marah dan menyebut nama –nama seseorang dapat membuatmu berahir di neraka   

Ayat Alkitab
Matius 5:21-22 Kamu telah mendengar yang difirmankan kepada nenek moyang kita: Jangan membunuh; siapa yang membunuh harus dihukum. Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Jahil! harus diserahkan  ke dalam neraka yang menyala-nyala.

Dunia Berkata:
Tidak masalah  untuk memandang wanita berparas cantik walau anda sudah menikah asalkan anda tidak mewujudkan nafsu anda.   

Yesus Berkata
Memandang seorang wanita dengan nafsu membuat anda melakukan dosa zinah  

Ayat Alkitab
Matius 5:27-28
Kamu telah mendengar firman: Jangan berzinah.Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.


Dunia Berkata
Bercerai tidak masalah jika anda tidak cocok dengan pasangan anda   

Yesus Berkata
Bercerai (kecuali zinah) membuat anda dan pasanganmu  berzinah   

Ayat Alkitab
Matius 5:31-32
Telah difirmankan juga: Siapa yang menceraikan isterinya harus memberi surat cerai kepadanya. Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang menceraikan isterinya kecuali karena zinah, ia menjadikan isterinya berzinah; dan siapa yang kawin dengan perempuan yang diceraikan, ia berbuat zinah.


Dunia Berkata
Jika anda berada dalam situasi-situasi yang tidak dapat anda kendalikan  sehingga tidak dapat memenuhi sumpah anda, maka itu tidak masalah   

Yesus Berkata
Jangan pernah mengucap sumpah, tetapi lakukanlah apa yang anda katakan   

Ayat Alkitab
Matius 5:33-37 Kamu telah mendengar pula yang difirmankan kepada nenek moyang kita: Jangan bersumpah palsu, melainkan peganglah sumpahmu di depan Tuhan. Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah sekali-kali bersumpah, baik demi langit, karena langit adalah takhta Allah,
       
Dunia Berkata
Anda tidak seharusnya mendiamkan/tidak membalas orang yang berbuat jahat

Yesus berkata
Jangan lawan kejahatan, tetapi balaslah kejahatan dengan kebaikan

Ayat Alkitab
Matius5:38-41
Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi.Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu.Dan siapapun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil.

Dunia Berkata
tidak masalah untuk membenci orang yang menjadi musuhmu

Yesus Berkata
Kamu harus mengasihi semua orang dan berdoa bagi mereka yang membencimu.

Ayat Alkitab
Matius 5:44
Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.

Dunia Berkata
Tidak masalah namamu dijadikan sebagai nama bagian gedung di sebuah rumah sakit atau tempat bernilai lainnya sebagai balasan donasimu.

Yesus berkata
Berilah tanpa diketahui, sehingga tak seorangpun tahu apa yang telah engkau lakukan

Ayat Alkitab
Matius 6:1-4
Ingatlah, jangan kamu melakukan kewajiban agamamu di hadapan orang supaya dilihat mereka, karena jika demikian, kamu tidak beroleh upah dari Bapamu yang di sorga.(2) Jadi apabila engkau memberi sedekah, janganlah engkau mencanangkan hal itu, seperti yang dilakukan orang munafik di rumah-rumah ibadat dan di lorong-lorong, supaya mereka dipuji orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.(3) Tetapi jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu.(4) Hendaklah sedekahmu itu diberikan dengan tersembunyi, maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu."

Dunia Berkata
Berdoa ditempat umum adalah cara yang baik untuk bersaksi

Yesus Berkata
Berdoalah ditempat tertutup dengan ketulusan

Ayat Alkitab
Matius 6:5-6
(5) Dan apabila kamu berdoa, janganlah berdoa seperti orang munafik. Mereka suka mengucapkan doanya dengan berdiri dalam rumah-rumah ibadat dan pada tikungan-tikungan jalan raya, supaya mereka dilihat orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.(6) Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.

Dunia Berkata
Jika orang berlaku jahat kepadamu, tidak masalah untuk membalasnya

Yesus Berkata
Ampunilah semua yang berbuat dosa kepadamu

Ayat Alkitab
Matius 6:14-15
(14) Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga.(15) Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu."

Dunia Berkata
Makan, minum dan bersenang-senanglah! "Dia yang hidup puas dengan hampir semua harta yang dia peroleh

Yesus  Berkata
Jangan menumpuk harta karena anda memiliki uang berlebih. Gunakan semuanya itu tujuan kekal.

Ayat Alkitab
Matius 6:19-21
(19) Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya.(20) Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya.(21) Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.

Dunia Berkata
Selalu upayakan dirimu menjadi kaya. Uang akan membuatmu berbahagia

Yesus Berkata
Seseorang tidak dapat melayani Tuhan dan uang disaat bersamaan. Buatlah pilihan yang membawa dampak kekekalan.

Ayat Alkitab
Matius 6:24
Tak seorangpun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon."
Dunia berkata
Belanjalah hingga anda lelah, wanita yang memiliki hampir semua mode pakaian

Yesus berkata
Jangan khawatir akan pakaianmu atau makananmu, tetapi percayakanlah kepada Tuhan akan keperluanmu

Ayat Alkitab
Matius 6:33-34
Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari."

Dunia berkata
Jika engkau cemas, minumlah obat dan  rileks

Yesus Berkata
Janganlah khawatir akan hari esok. Cukuplah lakukan untuk hari ini

Ayat Alkitab
Matius 6:33-34
Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari."

Dunia Berkata
Apakah anda membaca gosip terbaru seorang bintang filem

Yesus Berkata
Jangan menghakimi orang lain. Periksalah perilakumu sendiri

Ayat Alkitab
Matius 7:1-5
Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi.Karena dengan penghakiman yang kamu pakai untuk menghakimi, kamu akan dihakimi dan ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu.Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui?Bagaimanakah engkau dapat berkata kepada saudaramu: Biarlah aku mengeluarkan selumbar itu dari matamu, padahal ada balok di dalam matamu.Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata saudaramu."

"Peraturan  Emas"  Yesus dalam Khotbah Yesus di Bukit Zaitun

Banyak orang atheis yang mengklaim bahwa  perintah Yesus dalam khotbahnya di bukit Zaitun adalah sebuah bagian yang ada di setiap agam di dunia, dan telah diajarkan oleh banyak orang sebelum Yesus dilahirkan. Ini pernyataan keliru, karena "Perintah Emas" yang diajarkan didalam agama-agama lain tidak sama seperti diajarkan oleh Yesus. Ini apa yang Ia katakan :


Matius 7:12
Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.

Sebagai perbanding, ini adalah "peraturan emas" yang diajarkan  Konfusius :
Tsze-kung asked, saying, "Is there one word which may serve as a rule of practice for all one's life?" The Master said, "Is not RECIPROCITY such a word? What you do not want done to yourself, do not do to others." (The Analects Book 15:24)

[Tsze-kung bertanya, berkata " adakah satu kata yang dapat diberlakukan sebagai sebuah peraturan yang berguna untuk segala perbuatan hidup seseorang?" Guru menjawab,""Bukankah kata itu TIMBAL BALIK? Apa yang tidak kau kehendaki orang lain lakukan kepadamu, jangan lakukan kepada yang lain." ]

Terdapat sebuah perbedaan yang sungguh besar antara keduanya, Konfusius pada dasarnya mengungkapkanya secara negatif. Jangan perbuat  apa yang kamu tidak kehendaki akan  dilakukan oleh orang lain terhadap dirimu sendiri. Hal lainnya, Konfusius mengungkapkan filosopi dalam terminologi reprositas atau timbal balik--mengharapkan sesuatu sebagi timbal balik. Akan tetapi Yesus berkata :
Lukas 6:35
Tetapi kamu, kasihilah musuhmu dan berbuatlah baik kepada mereka dan pinjamkan dengan tidak mengharapkan balasan, maka upahmu akan besar dan kamu akan menjadi anak-anak Allah Yang Mahatinggi, sebab Ia baik terhadap orang-orang yang tidak tahu berterima kasih dan terhadap orang-orang jahat.

Lebih lanjut, Yesus mengungkapkan peraturan secara positif, yang jelas sangat berbeda. Yesus mengenali ada masalah  dengan peraturan emas yang lebih dikenal umum  kala itu. Tidak berbuat jahat tidaklah serupa dengan melakukan hal baik  kepada semua orang. Setelah memberikan peraturan emas dalam khotbah di bukit Zaitun, Yesus mengeluarkan pernyataan berikut ini :
Lukas 6:32
Dan jikalau kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah jasamu? Karena orang-orang berdosapun mengasihi juga orang-orang yang mengasihi mereka.

Martin Simamora |godandscience.org


       
       






P O P U L A R - "Last 7 days"