0 Krisis Identitas Para Pemelihara Hari Sabbath (Bag.2)


Fulfilled in Jesus

Dalam Judaisme mereka memandang Sabbath adalah perintah besar, mereka menyambutnya pada Jumat malam bagaikan menyambut seorang "ratu" dan sangat teramat hati-hati agar tak merusaknya untuk tujuan yang baik, yaitu salah satu dasar yang dapat  membuat mereka ada dalam pembuangan karena tak menjaganya. Mereka belajar dari pengalaman tersebut , dan tak ingin mengulangi pelanggaran yang pernah dilakukan.

Orang-orang Farisi mencari pelanggaran yang terdapat dalam pelayanan Yesus terutama Sabbath. Masalahnya mereka telah menambahinya dengan peraturan mereka sendiri kedalam hukum, menambahi hukum-hukum baru, terkait Sabbath terdapat hampir 10 kali lipat jumlah penambahan pada hukum terkait Sabbath dibandingkan dengan hukum lainnya. Penambahan hukum-hukum itu disebut sebagai tradisi para tua-tua yang diharapkan dipatuhi juga  oleh Yesus dan menjadikannya bersalah karena melanggar (Matius 12:2 Melihat itu, berkatalah orang-orang Farisi kepada-Nya: "Lihatlah, murid-murid-Mu berbuat sesuatu yang tidak diperbolehkan pada hari Sabat."). Dan ketika orang-orang Farisi melihat hal itu, mereka berkata kepada Yesus, "Lihat, murid-muridmu melakukan apa yang tidak diperbolehkan pada hari Sabbath!" (Markus 2:24; Lukas 6:2). Yesus tak bersalah atas tuduhan yang dilemparkan tettapi ini adalah sebuah pokok penting  yang harus dijawab para Sabbatarian--apa yang anda lakukan itulah yang tidak diperbolehkan.
Sebelumnya : Bagian 1


Sabbath menjadi hari yang berbeda dibandingkan dengan hari-hari lainnya. Namun demikian mayoritas mereka yang menjaganya secara legalistik tidak memeliharanya secara benar. Mengapa engkau bekerja pada hari Sabbath ( Keluaran 20:10 tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu.; Imamat 23:3 Enam hari lamanya boleh dilakukan pekerjaan, tetapi pada hari yang ketujuh haruslah ada sabat, hari perhentian penuh, yakni hari pertemuan kudus; janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan; itulah sabat bagi TUHAN di segala tempat kediamanmu.; Yeremia 17:21-22 Beginilah firman TUHAN: Berawas-awaslah demi nyawamu! Janganlah mengangkut barang-barang pada hari Sabat dan membawanya melalui pintu-pintu gerbang Yerusalem!Janganlah membawa barang-barang dari rumahmu ke luar pada hari Sabat dan janganlah lakukan sesuatu pekerjaan, tetapi kuduskanlah hari Sabat seperti yang telah Kuperintahkan kepada nenek moyangmu. Jangan mengairi tanaman, jangan bekerja di lapangan, jangan bekerja sebagaimana engkau lakukan pada hari-hari lain.

Mengapa engkau menghidupkan api (Keluaran 35:3 Janganlah kamu memasang api di manapun dalam tempat kediamanmu pada hari Sabat."). Tidak ada barbecue dengan teman-teman sambil menonton acara olaharaga.

Mengapa engkau berpergian 
(Keluaran 16:29 Perhatikanlah, TUHAN telah memberikan sabat itu kepadamu; itulah sebabnya pada hari keenam Ia memberikan kepadamu roti untuk dua hari. Tinggallah kamu di tempatmu masing-masing, seorangpun tidak boleh keluar dari tempatnya pada hari ketujuh itu."). Anda mengisi bahan bakar kendaraan anda pada hari Sabbath saat mengendarai kendaraan menuju gereja saat dimana anda tak diperbolehkan melakukannya.

Mengapa anda berdagang (Amos 8:5 dan berpikir: "Bilakah bulan baru berlalu, supaya kita boleh menjual gandum dan bilakah hari Sabat berlalu, supaya kita boleh menawarkan terigu dengan mengecilkan efa, membesarkan syikal, berbuat curang dengan neraca palsu,). Anda tidak diperbolehkan untuk membeli CD atau buku di toko. Tidak boleh melakukan pertukaran barang dengan uang. Faktanya anda harus menggandakan persembahan harian bersama dengan persembahan-spersembahan lainnya, anda harus memberi dua kali lipat lebih banyak pada hari Sabbath (Bilangan 28:9 "Pada hari Sabat: dua ekor domba berumur setahun yang tidak bercela, dan dua persepuluh efa tepung yang terbaik sebagai korban sajian, diolah dengan minyak, serta dengan korban curahannya.)

Mengapa anda belanja (Nehemia 10:31Dan bilamana penduduk negeri membawa barang-barang dan berbagai-bagai gandum untuk dijual pada hari Sabat, kami tidak akan membelinya dari mereka pada hari Sabat atau pada hari yang kudus. Dan kami akan membiarkan begitu saja hasil tanah pada tahun yang ketujuh dan tidak akan menagih sesuatu hutang.; 13:15,19 Pada masa itu kulihat di Yehuda orang-orang mengirik memeras anggur pada hari Sabat, pula orang-orang yang membawa berkas-berkas gandum dan memuatnya di atas keledai, juga anggur, buah anggur dan buah ara dan pelbagai muatan yang mereka bawa ke Yerusalem pada hari Sabat. Aku memperingatkan mereka ketika mereka menjual bahan-bahan makanan.Kalau sudah remang-remang di pintu-pintu gerbang Yerusalem menjelang hari Sabat, kusuruh tutup pintu-pintu dan kuperintahkan supaya jangan dibuka sampai lewat hari Sabat. Dan aku tempatkan beberapa orang dari anak buahku di pintu-pintu gerbang, supaya tidak ada muatan yang masuk pada hari Sabat.) Pastikan diri anda tidak berbelanja apapun. Anda tidak dapat membeli es krim apapun untuk hidangan penutup atau apapun juga bagi anak-anak anda atau bagi diri anda sendiri. Jika anda kehabisan makanan atau minuman di rumah anda tidak dapat pergi untuk membeli apapun. Dan yang terpenting menggangu  mereka yang mengklaim melakukannya dengan tepat.

Ulangan 5:12-14 "Tetaplah ingat dan kuduskanlah hari Sabat, seperti yang diperintahkan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu.Enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu,tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau lembumu, atau keledaimu, atau hewanmu yang manapun, atau orang asing yang di tempat kediamanmu, supaya hambamu laki-laki dan hambamu perempuan berhenti seperti engkau juga.Dan tentu saja ayat yang terakhir ini

Keluaran 31 :14-15 Haruslah kamu pelihara hari Sabat, sebab itulah hari kudus bagimu; siapa yang melanggar kekudusan hari Sabat itu, pastilah ia dihukum mati, sebab setiap orang yang melakukan pekerjaan pada hari itu, orang itu harus dilenyapkan dari antara bangsanya.Enam hari lamanya boleh dilakukan pekerjaan, tetapi pada hari yang ketujuh haruslah ada sabat, hari perhentian penuh, hari kudus bagi TUHAN: setiap orang yang melakukan pekerjaan pada hari Sabat, pastilah ia dihukum mati. (Juga baca Bilangan 15 :32-36 Ketika orang Israel ada di padang gurun, didapati merekalah seorang yang mengumpulkan kayu api pada hari Sabat.Lalu orang-orang yang mendapati dia sedang mengumpulkan kayu api itu, menghadapkan dia kepada Musa dan Harun dan segenap umat itu.Orang itu dimasukkan dalam tahanan, oleh karena belum ditentukan apa yang harus dilakukan kepadanya.Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Orang itu pastilah dihukum mati; segenap umat Israel harus melontari dia dengan batu di luar tempat perkemahan."Lalu segenap umat menggiring dia ke luar tempat perkemahan, kemudian dia dilontari dengan batu, sehingga ia mati, seperti yang difirmankan TUHAN kepada Musa.)

Keluaran 35 :2 Enam hari lamanya boleh dilakukan pekerjaan, tetapi pada hari yang ketujuh haruslah ada perhentian kudus bagimu, yakni sabat, hari perhentian penuh bagi TUHAN; setiap orang yang melakukan pekerjaan pada hari itu, haruslah dihukum mati.

Sekarang yang paling penting dari semua pertanyaan, Apakah anda atau jemaat anda bekerja selama 6 hari? atau 5? Perintah aktualnya harus bekerja selama 6 hari dengan hanya hari ke 7 yang ditetapkan sebagai hari perhentian, bukan akhir minggu sebagaimana  seluruh dunia baik orang percaya dan tak percaya melakukannya. Kapan kali terakhir seorang Sabbatarian mematuhi perintah ini dan menerapkan penghukuman atas pelanggarannya. Mengapa perintah bagi pelanggar yang mendatangkan penghukuman tidak pernah diterapkan?

Para Sabbatarian tak pernah menilik apa  kesalahan yang dilakukan pada Sabbath, mereka hanya melihat kepada orang lain yang tak menjalankan Sabbath.

Mereka tak dapat meneguhkan argumen-argumen mereka dengan Kitab Suci tetapi hanya bersumber dari sudut pandang yang diajarkan oleh kelompok atau organisasi mereka. Argumen mereka tak berbunyi sedikitpun. Sebuah contoh, bahwa Tuhan beristirahat pada hari Sabbath oleh karena itulah Adam dan seluruh umat manusia juga beristirahat. Tetapi tidak satu ayat pun dari Kitab Suci yang dapat ditunjukan terkait hal ini. Siapapun dapat menunjukan ratusan ayat di Kitab Suci terkait Israel menerima Sabbath dari Musa dan melihat aktivitasnya, tetapi tidak ada yang dapat kita lihat hingga bangsa itu menerimanya melalui Musa.

Jelas bahwa para pemelihara Sabbath tidak ingin menjaga Sabbath sebagaimana yang tertulis tetapi hanya menyesuaikannya sesuai dengan interpretasinya, berdasarkan maksud mereka sendiri.

Bersambung : Bagian 3

Martin Simamora | Let Us Reason











P O P U L A R - "Last 7 days"