0 YUDAS MATI : JATUH ATAU GANTUNG DIRI?

Pertanyaan 161 : Matius 27:5 menerangkan bahwa Yudas mati dengan cara menggantung diri sedangkan Kis 1:18 mengatakan bahwa Yudas mati karena jatuh tertelungkup sehingga semua isi perutnya tertumpah keluar. Apakah ini tidak berkontradiksi?

Jawaban 


Sebenarnya tidak ada yang kontradiksi / bertentangan dalam kedua ayat ini. Mari kita lihat kedua ayat ini :

Mat 27:5 : Maka ia pun melemparkan uang perak itu ke dalam Bait Suci, lalu pergi dari situ dan menggantung diri.

Kis 1:18 -- Yudas ini telah membeli sebidang tanah dengan upah kejahatannya, lalu ia jatuh tertelungkup, dan perutnya terbelah sehingga semua isi perutnya tertumpah ke luar.

Mat 27:5 mengatakan bahwa Yudas menggantung diri sedangkan Kis 1:18 mengatakan bahwa ia jatuh tertelungkup dan perutnya terbelah sehingga semua isi perutnya tertumpah keluar. Kelihatannya Matius mencatat bagian awalnya sedangkan Lukas (penulis Kisah Para Rasul) mencatat bagian akhirnya. Karena itu maka kita mendapatkan informasi yang berbeda. Tapi ini tidak berarti bertentangan.

            Saya berikan contoh. Misalnya si A ngebut di jalan raya sehingga ia mengalami kecelakaan dan kepalanya pecah hingga akhirnya ia mati. Cerita ini lalu diceritakan oleh 2 orang wartawan. Wartawan pertama menceritakan bahwa si A mati karena ditabrak mobil. Wartawan kedua menceritakan bahwa si A mati karena kepalanya pecah. Adakah yang bertentangan di antara 2 kesaksian itu? Tentu tidak! Wartawan pertama menceritakan awalnya yakni bahwa si A mengalami kecelakaan dan wartawan kedua menceritakan akibatnya yakni kepalanya pecah.  Hal yang sama terjadi dalam kasus kematian Yudas. Matius mencatat awalnya di mana Yudas menggantung diri dan Lukas menceritakan akhirnya atau akibat lanjutannya yakni ia jatuh tertelungkup dan isi perutnya keluar. Apanya yang kontradiksi? Bisa saja Yudas itu menggantung diri lalu mungkin talinya kurang kuat / pohonnya patah sehingga ia jatuh dan isi perutnya keluar. Mungkin anda bertanya, bagaimana tali bisa putus atau pohon bisa patah ? Perhatikan ayat ini :

Mat 27:51 - Dan lihatlah, tabir Bait Suci terbelah dua dari atas sampai ke bawah dan terjadilah gempa bumi, dan bukit-bukit batu terbelah
iamthewordthecomforter.blogspot.com

Ayat ini menceritakan bahwa saat Yesus mati, terjadilah gempa bumi yang memecahkan atau membelah bukit-bukit batu. Jika bukit-bukit batu saja bisa terbelah, mengapa pohon tempat Yudas menggantung diri tidak bisa patah ? Mengapa tali yang digunakan Yudas tidak bisa putus ? Kita tidak tahu apa sebenarnya yang terjadi tapi minimal kita bisa menjelaskan bahwa di sana tidak terjadi kontradiksi.




Pdt. Esra Alfred Soru | Pelangi Kasih Ministry | GKIN (GEREJAKRISTEN INJILI NUSANTARA) "REVIVAL"

=============================
Sumber : Buku  "KUTAHU YANG KUPERCAYA (Buku 8) Hal.1-3.
By. Esra Alfred Soru.

P O P U L A R - "Last 7 days"