0 KISAH NATAL (Bag.5)


Maria membawa dirinya beserta bayi Yesus ke bait Suci untuk pentahiran dirinya, disini ia bertemu Simeon dan Hanna seorang nabiah.Hanna untuk kali pertama memproklamirkan kepada umum siapakah Yesus sesungguhnya - purposedriven.com
Simeon telah menantikan peristiwa ini di Yerusalem, ia telah dijanjikan oleh Roh Kudus untuk melihat keselamatan  yang dari Tuhan sebelum ia menutup mata. 

Simeon adalah orang pertama yang percaya kepada Messias, sementara Maria masih belum bisa keluar.
Imamat 12:2-4  menyatakan :"(2) Katakanlah kepada orang Israel: Apabila seorang perempuan bersalin dan melahirkan anak laki-laki, maka najislah ia selama tujuh hari. Sama seperti pada hari-hari ia bercemar kain ia najis.(3) Dan pada hari yang kedelapan haruslah dikerat daging kulit khatan anak itu.(4) Selanjutnya tiga puluh tiga hari lamanya perempuan itu harus tinggal menantikan pentahiran dari darah nifas, tidak boleh ia kena kepada sesuatu apapun yang kudus dan tidak boleh ia masuk ke tempat kudus, sampai sudah genap hari-hari pentahirannya".

Sebelumnya Bagian 4



Pada hari ke-8 Yesus disunat. Menurut Imamat 12:4 :"Selanjutnya tiga puluh tiga hari lamanya perempuan itu harus tinggal menantikan pentahiran dari darah nifas, tidak boleh ia kena kepada sesuatu apapun yang kudus dan tidak boleh ia masuk ke tempat kudus, sampai sudah genap hari-hari pentahirannya".

Segala bentuk keterlibatan dengan hal-hal kudus tidak diperkenankan, ini menunjukan betapa manusia sungguh telah rusak. Selama beberapa hari hingga ia disunat, Maria tak dapat berhubungan dengan siapapun juga.

Para Ibu Ibrani diharuskan tetap tinggal dirumah selama  40 hari setelah ia melahirkan bayi laki-laki. Jadi pada hari yang ke-40, setelah bayi disunat barulah ia boleh ke bait suci dan membawa sebuah persembahan yang paling rendah berupa dua ekor burung merpati. Orang tua Kristus sangatlah miskin sehingga mereka tak dapat membawa seekor domba untuk dibawa sebagai korban persembahan, ini mematahkan mitos bahwa Yesus memiliki kehidupan yang baik secara ekonomi.

Maria membawa dirinya beserta bayinya untuk pengudusan dirinya  di bait suci. Disinilah Maria bertemu dengan Simeon dan nabiah Hanna dan mendengarkan pengucapan syukur dan nubuat yang diucapkan Hana.
Luk 2:36-40
“Lagipula di situ ada Hana, seorang nabi perempuan, anak Fanuel dari suku Asyer. Ia sudah sangat lanjut umurnya. Sesudah kawin ia hidup tujuh tahun lamanya bersama suaminya, dan sekarang ia janda dan berumur delapan puluh empat tahun. Ia tidak pernah meninggalkan Bait Allah dan siang malam beribadah dengan berpuasa dan berdoa. Dan pada ketika itu juga datanglah ia ke situ dan mengucap syukur kepada Allah dan berbicara tentang Anak itu kepada semua orang yang menantikan kelepasan untuk Yerusalem. Dan setelah selesai semua yang harus dilakukan menurut hukum Tuhan, kembalilah mereka ke kota kediamannya, yaitu kota Nazaret di Galilea. Anak itu bertambah besar dan menjadi kuat, penuh hikmat, dan kasih karunia Allah ada pada-Nya.”


Tanpa sunat yang menjadi tanda perjanjian Abaraham, Kristus tak akan diizinkan untuk memasuki baik kedalam sinagog dan bait suci, dan tak seorang Yahudi pun akan mendengar khotbahnya.

Tuhan akan selalu menuntun mereka yang memberi dirinya berjalan dalam dengan Roh Kudus untuk melihat berbagai hal besar yang akan dilakukannya.

Lukas 2: 27-32:

(27) Ia datang ke Bait Allah oleh Roh Kudus. Ketika Yesus, Anak itu, dibawa masuk oleh orang tua-Nya untuk melakukan kepada-Nya apa yang ditentukan hukum Taurat,(28) ia menyambut Anak itu dan menatang-Nya sambil memuji Allah, katanya:(29) Sekarang, Tuhan, biarkanlah hamba-Mu ini pergi dalam damai sejahtera, sesuai dengan firman-Mu,(30) sebab mataku telah melihat keselamatan yang dari pada-Mu,(31) yang telah Engkau sediakan di hadapan segala bangsa,(32) yaitu terang yang menjadi penyataan bagi bangsa-bangsa lain dan menjadi kemuliaan bagi umat-Mu, Israel."

Semua bangsa seharusnya menerima wahyu ini karena kita semua ada didalam "permasalahan" yang sama. Juru Selamat itu adalah Yesus Kristus- keselamatan kita terletak pada pribadi ini.


"Today is born of the Virgin"

Ms. choir entry to the Temple

Ashrafieh, Beirut

Evening hymns AD

Doha, Qatar


Bersambung ke Bagian 6-selesai

Martin Simamora| Let Us Reason

P O P U L A R - "Last 7 days"