0 5 KEBENARAN KOKOH DALAM MENJALANI TAHUN YANG PENUH DENGAN KETAKPASTIAN (Vol.1)

deloittemarketpoint.com
UNCERTAINTY
Mari buka Alkitab kita, 1 Yohanes 5. Jika anda membacanya sekilas pada ayat 13 hingga ayat 21, anda akan menemukan kata "tahu" disana. Ayat 13, "supaya kamu yang percaya kepada nama Anak Allah, tahu, bahwa kamu memiliki hidup yang kekal. Ayat 15, "Dan jikalau kita tahu, bahwa Ia mengabulkan apa saja yang kita minta, maka kita juga tahu.' Lalu jika anda beralih ke ayat 18,"Kita tahu, bahwa setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa". Ayat 19,"    Kita tahu, bahwa kita berasal dari Allah dan seluruh dunia berada di bawah kuasa si jahat". Ayat 20,"Akan tetapi kita tahu, bahwa Anak Allah telah datang dan telah mengaruniakan pengertian kepada kita... ayat 20...supaya kita mengenal Yang Benar. Ini adalah segala hal yang kita tahu.


Kita juga menemukan kata "keberanian" atau keyakinan yang muncul pada ayat 14,"Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya. Apa yang terkandung didalam ayat 14 hingga ayat 17 berbicara satu hal yaitu  hal mana kita dapat menjadi memiliki keyakinan kokoh. Perihal yang dituliskan pada ayat 18, kita tahu. Perihal yang dituliskan pada ayat 19, kita tahu.  Itu sebabnya saya menyebutnya sebagai Kepastian-kepastian Kristen.

9/11, Then and Now

Sekarang sangat nyata kita hidup didalam dunia yang sangat kental dengan ketakpastian. Kita kerap mendengar dimasa sekarang ini  adalah masa-masa yang penuh dengan ketidakpastian, masa-masa tanpa kepastian. Kita berupaya keras menanggulangi berbagai hal yang penuh dengan ketakpastian. Dan tentu saja, semenjak tragedi 9/11 beberapa tahun lalu, ada jenis baru ketakpastian yang disuntikan kedalam kehidupan sehari-hari kita, ketakutan akan ancaman  terorisme. Kita mengalami ketakpastian kala melakukan penerbangan. Kita mengalami kegelisahan kala berada di tempat-tempat publik.

Sebuah ketakpastian-kegelisahan baru telah diperkenalkan kepada kita. Ada peningkatan ketakpastian kala berjalan di jalan-jalan umum dan berada di tempat terbuka karena adanya ancaman pemboman dan penembakan, dan anda semua tahu berbagai ketakpastian yang ada dalam kehidupan yang kita jalani.

Dan berbagai ketakpastian yang lebih umum. Ketika kita membeli sebuah mobil, kita tak mengetahui dengan pasti apakah mobil yang kita beli akan berfungsi dengan baik dan oleh karena itulah kita menghendaki adanya garansi atas mobil tersebut. Dan pabrik pembuat mobil menyediakan sebuah garansi dan bila pabrik tak menyediakannya kita tak bersedia membeli mobil semacam ini. Dan kemudian ada kekhawatiran akan resiko kecelakaan yang dapat menyebabkan kita tak dapat membayar dan kemudian menghadapi tuntutan hukum, kita menanggulangi resiko atau ketakpastian semacam ini dengan membeli polis asuransi dan memercayakan kehidupan kita dengan membayar sejumlah uang disepanjang kehidupan kita  pada perusahaan asuransi untuk sesuatu-resiko/ketakpastian yang belum terjadi. Tetapi resiko atau ketakpastian itu berpeluang terjadi. Dan ketika anda pergi ketoko alat-alat rumah tangga, anda akan segera diberitahukan oleh karyawan penjual disana bahwa anda  harus membeli membeli produk dengan garansi 36 bulan, atau anda perlu membeli garansi perbaikan, dengan kata lain inilah cara untuk mengatakan bahwa ini adalah sebuah produk yang jelek, suatu saat produk yang ada beli dapat mengalami kerusakan atau bermasalah. Dan banyak orang yang melakukan hal ini. Ada ketakpastian dengan kesehatan kita dan oleh sebab itu kita mengeluarkan ribuan dolar setahun membeli asuransi atau membeli semacam rencana kesehatan untuk melindungi kita dari berbagai macam penyakit dan kecelakaan dan berbagai hal yang bersifat katastropik yang beresiko terjadi didalam kehidupan anda.

9/11, Then and Now :.Coated in ashes from the collapsed towers, survivors (top) move through smoke and debris on downtown New York's Fulton Street, about a block from the World Trade Center, on the day of the attack. On July 19, 2006, (bottom) pedestrians stroll the same stretch. Behind them the gateway to the World Trade Center PATH (Port Authority Trans-Hudson) rail station, built in 2003, awaits its replacement in 2009 by a futuristic transportation hub. (National Geographic)


Bahkan ada ketakpastian dalam kehidupan sebuah keluarga. Sehingga berbagai produk asuransi dibeli sehingga bila kepala keluarga, suami meninggal dunia, akan ada uang yang segera diberikan kepada isteri. Ada banyak wanita diluar sana akan menjadi lebih kaya daripada keadaannya sekarang jika suaminya meninggal dunia.

Ada ketakpastian dalam dunia kerja, sehingga kita memiliki asuransi penggangguran. Saya berbicara dengan seorang atlet profesional,menyatakan : kala ia menegosiasikan kontraknya yang sangat luar biasa, memasukan kewajiban didalam kontrak tersebut apabila mengalami cidera atau kecelakaan yang mengakibatkan dirinya tidak mungkin untuk bermain selamanya,ia tetap menerima gajinya senilai total kontrak yang biasanya berumur 5 tahun, dan ia akan menerima tambahan sebesar 200% dari nilai kontrak untuk cidera yang dialami.

Ada ketakpastian resiko kebakaran dan pencurian sehingga anda memiliki asuransi kebakaran tempat tinggal. Bahkan ketakpastian telah merambah ke pernikahan sehingga kini banyak pasangan yang membuat kesepakatan pre-nuptial dimana salah satu pasangan melakukan perlindungan resiko terhadap kemungkinan diceraikan oleh orang yang dinikahinya.

Semua orang dipenuhi dengan ketakpastian seberapa besar sebenarnya pengeluaran uang yang diperlukan untuk melindungi diri dari berbagai situasi genting. Dan ada banyak orang yang membayar uang dalam jumlah besar untuk menggunakan jasa medium, atrolog, peramal agar dapat mengetahui masa depan, dan menyingkirkan beberapa ketakpastian yang menakutkan.


Dan saya memiliki satu pertanyaan baik untuk diajukan kepada seorang yang tak percaya kepada Tuhan, bila suatu saat anda berjumpa dengan orang seperti ini, apa yang anda sangat yakini sebagai kepastian? Dan, anda tahu, standar jawabannya adalah kematian dan pajak. Tetapi lebih dari itu, dan kematian dapat saja menjadi sebuah tempat yang baik untuk berhenti. Tetapi dibalik jawaban basi semacam ini...apa yang anda sangat yakini sebagai benar-benar kepastian? Anda tidak dapat memastikan bahwa planet Bumi akan selamanya berada di posisi yang sama. Hukum kedua termodinamika ke-2 memberitahukan kepada kita bahwa seluruh material di alam semesta sedang menuju kepada ketakteraturan dan penyimpangan. Anda tak dapat bergantung pada material apapun, hal-hal fisik apapun. Anda sama sekali tak dapat bergantung pada manusia. Tidak ada jaminan tentang bagaimana orang lain akan memperlakukan anda dimasa mendatang, bahkan pasangan anda sekalipun dan keluarga anda sendiri, orang tua anda dan anak-anak anda.

Sangatlah sulit bagi orang yang tak percaya kepada Tuhan untuk menjawab pertanyaan " Apa yang sangat anda yakini sebagai kepastian?" Dan jika anda menemukan seseorang semacam ini berkata, "Baik...saya yakin akan kematian," anda menempatkan mereka dalam posisi yang sangat-sangat baik. Baik..setelah anda meninggalkan dunia ini, lalu apa yang menjadi kepastian bagi anda? Ini memperhadapkannya dengan jawaban yang tak terelakan mengenai kehidupan kekal.

Menghadapi kehidupan di dunia yang penuh dengan ketakpastian dan kehidupan yang pada dasarnya  dipenuhi dengan banyak orang yang tak memiliki kepastian pada hampir semua hal dalam kehidupan ini, Alkitab adalah wahyu Tuhan yang dipenuhi dengan kepastian-kepastian yang absolut..kepastian-kepastian absolut. Mari saya perlihatkan beberapa diantaranya yang saya  tuliskan bagi anda.

Bilangan 32:23 :   
Tetapi jika kamu tidak berbuat demikian, sesungguhnya kamu berdosa kepada TUHAN, dan kamu akan mengalami, bahwa dosamu itu akan menimpa kamu. 
atau
Mazmur 19:7
Taurat TUHAN itu sempurna, menyegarkan jiwa; peraturan TUHAN itu teguh, memberikan hikmat kepada orang yang tak berpengalaman.

Konsekuensi dosa bersifat pasti. Amsal 11:8 "Orang benar diselamatkan dari kesukaran, lalu orang fasik menggantikannya". Ayub 34:12 "Sungguh, Allah tidak berlaku curang, Yang Mahakuasa tidak membengkokkan keadilan", ini sebuah hal yang pasti. Yesaya 53:4 "Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya,"Yesus Kristus sudah menggenapi atau melakukan bagi kita, faktanya dalam Yesaya 55:3 diungkapkan kepastian akan belas kasih Tuhan. Belas kasihnya  bersifat pasti. Yohanes 6:69, Petrus berkata,"kami telah percaya dan tahu, bahwa Engkau adalah Yang Kudus dari Allah." Yohanes 16:30,"Sekarang kami tahu, bahwa Engkau mengetahui segala sesuatu. " Yohanes 17:8 Yesus berkata:"Mereka tahu benar-benar, bahwa Aku datang dari pada-Mu." Roma 2:2 "Tetapi kita tahu, bahwa hukuman Allah berlangsung secara jujur atas mereka yang berbuat demikian". Roma 4:16 "Janji keselamatan adalah hal yang pasti." 2 Timotius 2:19 "Tetapi dasar yang diletakkan Allah itu teguh." Ibrani 6:19 "Pengharapan itu (Kristus) adalah sauh yang kuat dan aman bagi jiwa kita." 2Petrus 1:19 "kitab suci berisikan firman yang memiliki  kepastian yang disampaikan oleh para nabi." Wahyu 22:20 Yesus berkata,"Pasti saya akan datang kembali segera."

bersambung ke bagian 2

John MacArthur - Grace To You | Alih Bahasa : Martin Simamora

P O P U L A R - "Last 7 days"