0 TINGKAT KETIGA DARI SORGA

Pertanyaan 206Benarkah surga itu mempunyai 3 tingkat seperti yang dikatakan dalam 2 Kor 12 :2 ? Lalu apakah kita bisa tahu di tingkat berapa kita akan tinggal di sana ?

Jawaban


2 Kor 12:2 : “Aku tahu tentang seorang Kristen; empat belas tahun yang lampau -- entah di dalam tubuh, aku tidak tahu, entah di luar tubuh, aku tidak tahu, Allah yang mengetahuinya -- orang itu tiba-tiba diangkat ke tingkat yang ketiga dari sorga”.

            Ayat ini secara eksplisit mengatakan “tingkat yang ketiga dari sorga”. Apakah itu berarti bahwa surga memang bertingkat? Tidak! Tingkat ketiga dari surga itu adalah surga? Bagaimana bisa? Perhatikan komentar Albert Barnes berikut ini :

Barnes’ Notes : “Orang-orang Yahudi kadang-kadang berbicara tentang tujuh langit / surga. ... Tetapi Alkitab berbicara hanya tentang 3 langit / surga; dan di antara orang-orang Yahudi dalam jaman rasul-rasul, langit / surga juga dibagi menjadi 3: (1) Udara, termasuk awan-awan dan atmosfir, langit di atas kita, sampai kita sampai pada bintang-bintang. (2) Langit / surga dengan bintang-bintang - langit di mana matahari, bulan, dan bintang-bintang diletakkan. (3) Langit / surga di atas bintang-bintang. Langit / surga itu dianggap sebagai tempat tinggal Allah, malaikat-malaikat, dan roh-roh yang kudus. Surga bagian atas inilah, tempat tinggal dari Allah, ke mana Paulus diangkat, dan diijinkan untuk melihat keajaiban-keajaibannya - daerah ini di mana Allah tinggal, di mana Kristus duduk di sebelah kanan Bapa, dan di mana roh-roh dari orang-orang benar dikumpulkan’.

Contoh ayat untuk 3 langit / surga.

Langit pertama :

Dan 4:11 - “pohon itu bertambah besar dan kuat, tingginya sampai ke langit, dan dapat dilihat sampai ke ujung seluruh bumi”.

Langit kedua :

Kej 22:17 - “maka Aku akan memberkati engkau berlimpah-limpah dan membuat keturunanmu sangat banyak seperti bintang di langit dan seperti pasir di tepi laut, dan keturunanmu itu akan menduduki kota-kota musuhnya”.

Langit ketiga :

Mat 6:9 - “Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah namaMu”.

Jadi pada waktu Paulus mengatakan bahwa ia diangkat ke tingkat yang ketiga dari surga, maksudnya adalah bahwa ia diangkat ke surga.

Pdt. Esra Alfred Soru | GKIN (GEREJA KRISTEN INJILI NUSANTARA) "REVIVAL"

Sumber : Buku : "KUTAHU YANG KUPERCAYA (Buku 10) Hal. 16-18. By. Esra Alfred Soru.

P O P U L A R - "Last 7 days"