F O K U S

Nabi Daud Tentang Siapakah Kristus

Ia Adalah Seorang Nabi Dan Ia Telah   Melihat Ke Depan Dan Telah Berbicara Tentang Kebangkitan Mesias Oleh: Blogger Martin Simamora ...

0 Kemerdekaan Orang Kristen Di Dalam Kristus



Oleh: Martin Simamora

Kemerdekaan Orang Kristen Di Dalam Kristus




Ketika Yesus berkata “Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu (Yohanes 8:31-32)." Maka kata ‘merdeka’ atau eleutherōsei (membebaskan dari hutang atau kewajiban) menjadi sebuah daya tarik tertinggi sehingga mengaburkan  kecemerlangan setara pada “tetap dalam (meinēte – tinggal dalam) firman-Ku.” Hal semacam ini telah menimbulkan pandangan dan kemudian pengajaran kemerdekaan yang sangat menekankankan kemerdekaan sehingga menjadi mahkota kebanggaan seorang yang telah ditebus oleh Kristus, tanpa perlu terikat pada perintah- perintah atau firman Kristus. Jika seorang yang dikatakan merdeka masih harus melakukan apa-apa yang Yesus titahkan maka dipandang tidak merdeka sepenuhnya atau tidak hidup didalam anugerah sepenuhnya. Padahal, pada teks Yohanes 8:31-32 sekalipun dimerdekakan oleh Kristus mengakibatkan anda tak lagi berkewajiban untuk senantiasa memenuhi tuntutan hukum (bandingkan dengan Yohanes 8:1-10), jika tidak maka anda berhutang; pun demikian tak berarti anda merdeka dalam sebuah nilai yang bebas dari “nilai-nilai” Pembebasmu, Kristus.


Tindakan Yesus yang memerdekakan telah menciptakan sebuah kondisi yang mengikat anda yaitu “tetap dalam firman-Ku.” Tanpa kondisi itu terjadi pada dirimu maka kemerdekaan tak akan terjadi secara aktual. Saya akan menyajikan bahwa kemerdekaan orang Kristen di dalam Kristus secara pasti bertemali erat dengan “tetap dalam firman-Ku.” Mari kita menjelajahinya:

0 Penyaliban dan Kristologi Penderitaan Yesus Di Kayu Salib Tidak Nyata - Doketik (4)



Oleh: Edwin Yamauchi, Ph.D (Professor of History)

Penyaliban dan Kristologi Penderitaan  Yesus Di Kayu Salib Tidak Nyata  - Doketik (4)

Bacalah lebih dulu Bagian 3
B.Teks -  Teks Yang Mungkin Doketik
Ada sejumlah traktat/risalah yang telah dianggap  sebagai doketisme, terbuka untuk lebih dari satu interpretasi atau masih bertarung untuk saling menentukan apakah doketik atau bukan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Apa yang disebut Gosple of Philip (CG II,3) memiliki teks-teks sebagai berikut(57-28-58.8), yang telah   hampir kesemuanya telah direstorasi:

Yesus telah membawa mereka secara tak kasat mata, karena dia tidak menyingkapkan dirinya sendiri dalam cara [yang] sebagaimana dia ada sebelumnya, tetapi peyingkapan dirinya dalam cara yang mana [mereka akan dapat] dimampukan untuk melihat dirinya yang dia telah singkapkan sendiri. ...Dia[telah menyingkapkan dirinya sendiri] sekecil kecilnya. Dia [telah menyingkapkan dirinya kepada] malaikat sebagai seorang malaikat dan kepada manusia-manusia sebagai manusia. Beberapa orang memang benar telah melihatnya, berpikir bahwa mereka sedang  melihat diri mereka sendiri, tetapi ketika dia telah menampakan dirinya kepada murid-muridnya dalam kemuliaan di gunung dia tidak kecil[75]


Dalam teks lainnya, yang sayangnya dalam keadaan yang jauh lebih rusak, ada sebuah rujukan untuk daging Penebus(68.34-37). Ketika telah direstorasi teks itu terbaca: “[Dia memang benar memiliki] daging, tetapi [daging]nya benar-benar daging. [Daging kita] tidak benar-benar, tetapi [kita memiliki] hanya sebuah citra dari yang benar”[76].
Anchor of Life Fellowship , Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri - Efesus 2:8-9