F O K U S

Nabi Daud Tentang Siapakah Kristus

Ia Adalah Seorang Nabi Dan Ia Telah   Melihat Ke Depan Dan Telah Berbicara Tentang Kebangkitan Mesias Oleh: Blogger Martin Simamora ...

0 Jangan Berjalan Tidur! ( Bagian 3 Selesai)


Mount Reinier

Bacalah terlebih dahulu bagian 1 di sini dan bagian 2 di sini


Oleh :  Rev. Dr. Keith Krell


Menantikan Kembali Kedatangan Kristus (1 Tesalonika  5:6-11)


Pada bagian akhir ini, Paulus berkata,” jangan kita tidur seperti orang-orang lain, tetapi berjaga-jaga dan sadar.” Dengan kata lain, jangan sampai kedapatan tidak  waspada seperti halnya orang-orang  yang  tidak percaya. Permasalahan kita adalah :”menunggu” terdengar tidak melakukan apa-apa dan membosankan kita. Pada akhirnya, ketika kebanyakan kita berpikir tentang mananti, kita berpikir itu sesuatu yang kita pandang sebagai hal yang rendah. Berpikir terakhir kali kamu duduk di sebuah  ruang tunggu di sebuah tempat praktek dokter, dokter gigi, atau di sebuah stasiun kereta. Uh! Menunggu hal yang menyiksa karena kita adalah orang-orang yang tidak sabar. Tetapi ide menunggu Alkitab sangatlah aktif (bandingkan 1:9) [David Jackman, The Authentic Church (Great Britain: Christian Focus 1998), 115.]. Pada 5:6 Paulus mengatakan,”Jangan Tidur!” Dia menulis,” jangan kita tidur seperti orang-orang lain [Istilah “orang-orang lain” merujuk kembali pada orang-orang tidak percaya yang tanpa pengharapanpada  1 Tes  4:13.], tetapi berjaga-jaga [Paulus menggunakan istilah  gregoreo (“waspada”) pada  1 Kor 16:13; Kol 4:2; 1 Tes 5:6, 10; bandingkan dengan Mat 24:42, 43; 25:13; 26:38, 40, 41; Markus  13:34, 35, 37; 14:34, 37, 38; Lukas 12:37; Kisah Para Rasul  20:31; 1 Pet 5:8; Wah 3:2, 3; dan 16:15. BDAG s.v. gregoreo 2: “ dalam keadaan siaga terus menerus untuk waspada.”Dalam Perjanjian Baru,kata kerja  gregoreo tidak pernah merujuk kepada kehidupan jasmani.Nama dalam bahasa Inggris: Gregory berasal dari kata Yunani. Berangkali setiap kali kita berjumpa dengan seseorang bernama Gregory  atau  Greg kita semestinya diingatkan untuk berjaga  akan  kedatangan kembali Yesus..] dan sadar [Paulus  menggunakan istilah  nepho (“dalam keadaan sadar-awas”) pada 1 Tes 5:6, 8; 2 Tim 4:5; bandingkan dengan 1 Pet 1:13; 4:7; dan 5:8.]. Istilah “tidur” (katheudo) dalam konteks ini merujuk pada kelesuan rohani dan kelalaian terhadap cara pandang kedatangan kembali Kristus [Paulus menggunakan kata Yunani katheudo (“tidur”) dalam  1 Tes 5:6, 7 [2x], 10; dan Ef  5:15. Dalam setiap penggunaannya, Paulus memiliki perilaku etika /kepantasan  dalam benaknya. Pada  1 Tes 4:14, Paulus menggunakan sebuah kata Yunani lainnya yang diterjemahkan “tidur” (koimao) untuk merujuk  pada kematian orang-orang percaya. Kata ini tidak pernah memiliki konotasi kepantasan. Pilihan Paulus atas kata-kata merupakan hal yang  dilakukan dengan sebuah maksud. Untuk studi dan wawasan lebih lanjut, bacalah Thomas R. Edgar, “Makna  ‘Tidur’ pada  1 Tesalonika  5:10,” Journal of the Evangelical Theological Society 22:4 (December 1979): 345-49. Baca juga  artikel penulis ini yang sudah direvisi: Thomas R. Edgar,“Lethargic or Dead in 1 Thessalonians 5:10?” Chafer Theological Seminary Journal 6.4 (Sept-Dec 2000): 36-51. http://www.chafer.edu/home.html]. Tidur berlawanan dengan menjadi  “waspada dan sadar.” Kita semua  tahu bahwa ada “orang pagi” dan “orang malam.” Secara rohani kita disebut “orang pagi” bagi Tuhan. Tragisnya, banyak orang-orang percaya adalah orang-orang tidur  berjalan secara rohani yang telah teracuni oleh dunia.

0 Jangan Berjalan Tidur! ( Bagian 2)


Ilustrasi (destination360)
Bacalah terlebih dahulu bagian 1 di sini


Oleh :  Rev. Dr. Keith Krell



2. Perjelas Identitas Kristenmu ( 1 Tesalonika 5:4-5)



Pada bagian kedua, Paulus mengingatkan kita akan siapakah kita didalam Kristus. Dia menuliskan seperti ini :” Tetapi kamu, saudara-saudara, kamu tidak hidup di dalam kegelapan, sehingga hari itu tiba-tiba mendatangi kamu seperti pencuri, karena kamu [Kalimat ini memberikan penekanan untuk “kamu.” Kata ini memadai  untuk kata dalam  bahasa  Yunani ester (“kamulah”). Namun demikian, baik pada 1 Tes 5:4 dan 5, Paulus menggunakan  humeis dan  este (“kamu ” dan “kamulah”). Kalimat ini memberikan penekanan pada “kamu”] semua adalah anak-anak terang dan anak-anak siang. Kita bukanlah orang-orang malam atau orang-orang kegelapan.”



Frasa “Tetapi kamu, saudara-saudara”[ Kata “kamu” (humeis) ditempatkan di  awal kalimat dalam cara yang kuat dalam kalimat tersebut. ], merupakan  kalimat yang kuat. Paulus sedang berkata,”dalam kontras terhadap mereka  yang bukan orang-orang percaya dalam 5:2-3, orang-orang percaya tidak akan menjadi “terkejut”[ BDAG(
Bauer-Danker Lexicon) s.v. katalambano 3b: “mendatangi seseorang, dengan implikasi terkejut, tersergap.”Ragam Alkitab versi Inggris menerjemahkannya sebagai “surprise” (misal ESV, NRSV, NIV).]  pada hari Tuhan”[ Hodges menuliskan , “Pada saat pengangkatan tidak semata bergantung pada referensi Hari kedatangan Tuhan seperti pencuri.Sebaliknya, waktu pengangkatan terbingkai didalam gambar dunia yang lebih besar yang tidak dipedulikan dan tidak terganggu .Kerangka waktu yang dituangkan dalam kata-kata Paulus adalah periode waktu sebelum tribulasi mulai.” Zane C. Hodges, “1 Thessalonians 5:1-11 and the Rapture,” Chafer Theological Seminary Journal 6 (October-December 2000): 29.]. Alasan Paulus menuliskan hal ini : orang-orang percaya tidak berada didalam kegelapan; sebaliknya mereka adalah “anak-anak terang dan anak-anak siang.” Isunya bukan dimana mereka ada tetapi siapakah mereka. Kita “berasal dari terang” karena Kristus telah memberikan kepada kita hidup baru. Kita adalah terang-terang didalam dunia (Matius 5:14) karena Dia adalah “terang dunia” (Yohanes 1:1-9; 8:12; 9:5).
Anchor of Life Fellowship , Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri - Efesus 2:8-9