0 5 KEBENARAN KOKOH DALAM MENJALANI TAHUN YANG PENUH DENGAN KETAKPASTIAN (Vol.8)

Ada satu jendela waktu yang singkat ketika Yesus akan menanggung dosa manusia, yaitu keadaan dipisahkan dari Tuhan. Dia adalah Penjaga orang-orang tebusan tetapi di "satu jendela waktu yang singkat" itu Yesus berkata,"Bapa, peliharalah mereka sampai Aku kembali dan Aku sendiri yang akan menjagai mereka."

Firman Tuhan, Kuasa Tuhan, Tujuan Tuhan, doa Kristus, semuanya ini bekerja bagi pemeliharaan kita. Dan anda dapat menambahkan disini persatuan kita dengan Kristus."Tetapi siapa yang mengikatkan dirinya pada Tuhan, menjadi satu roh dengan Dia" 1 Korintus 6:17.

Sebelumnya Volume7


Dan kini anda perlu berhenti disini sejenak, saya minta perhatian anda sesaat saja. Pada Roma bab 8 secara keseluruhan berisikan afirmasi atau penegasan terhadap kemenangan mutlak atas dosa. Roma 8:31,"Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?",Jika ini adalah rencana yang telah ditetapkan sejak semula, jika ini adalah apa yang Ia katakan didalam Firman-Nya, Jika ini adalah apa yang Ia janjikan, jika ini adalah Tujuan-Nya, Jika ini adalah apa yang didoakan oleh Kristus, Jika ini adalah apa yang Ia syafaatkan, jika ini adalah akibat tujuan pemilihan-Nya, jika ini adalah efek kelahiran baru, regenerasi, jika ini adalah  efek bersatunya kita dengan Kristus, Jika ini adalah apa yang telah ditetapkan  oleh Tuhan dan Dia ada bagi kita, lalu siapa yang  mampu melawan kita sebab tak ada kuasa yang dapat menandingi kuasa Tuhan.

Dan serupa dengan ini di Roma 5:10, "Sebab jikalau kita, ketika masih seteru, diperdamaikan dengan Allah oleh kematian Anak-Nya, lebih-lebih kita, yang sekarang telah diperdamaikan, pasti akan diselamatkan oleh hidup-Nya!", Jika Dia telah memberikan Anak-Nya mati untuk menyelamatkan kita,"Bagaimana mungkin  Ia tidak memberikan segalanya bagi kita." Dengan kata lain, Jika Ia dapat menyerahkan Anak-Nya untuk menyelamatkan kita, ini adalah hal yang lebih besar, masakan Ia tidak memelihara kita, sebuah hal yang lebih kecil untuk dilakukan Tuhan? Jelas Ia melakukannya, memelihara kita.

Anda berkata, :"Ya seseorang mungkin akan melemparkan tuduhan terhadap kita. Seseorang mungkin datang kepada Tuhan, seperti yang dilakukan setan terhadap Ayub, dan meyakinkan Tuhan bahwa kita tak layak." Roma 8 Ayat 33 berkata, "    Siapakah yang akan menggugat orang-orang pilihan Allah? Allah, yang membenarkan mereka? Siapakah yang akan menghukum mereka?" Tuhan yang akan membenarkan. Tuhan telah lebih mendeklarasikan kita sebagai orang benar,kita diikat dengan kebenaran Kristus, tidak ada pengadilan yang lebih tinggi dari ini. Tidak ada dakwaan yang dapat melawan posisi kita. Tuhan telah mendeklarasikan kita benar." Siapakah yang akan mendakwa kita? Adakah sesuatu yang  mampu memisahkan kita dari kasih Kristus?Kesengsaraan, penderitaan, penganiayaan, kelaparan, ketelanjangan, bahaya, pedang, apa pun juga?

TIDAK! Roma 8 Ayat 37,"    Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita." Dan selanjutnya Paulus menyimpulkan dalam sebuah konklusi besar, "Sebab aku yakin, bahwa baik maut, maupun hidup, baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah, baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang." Paulus baru saja melakukan pemindaian seluruh opsi yang ada di alam semesta ini. " Tak satupun yang dapat memisahkan kita dari Kasih Tuhan didalam Kristus Tuhan kita."

Sehingga kita menjadi pasti. Kita memiliki kepastian bahwa kita memiliki kehidupan kekal. Kita memiliki kepastian bahwa kita memiliki jawaban atas doa-doa kita dan kita memiliki kepastian bahwa kita memiliki kemenangan atas dosa.KEEMPAT, dari LIMA daftar, hal kedua dari tiga yang ada dalam daftar kita malam ini, kita TAHU kita ini milik Tuhan...Kita tahu kita ini milik Tuhan. 1 Yohanes 5:19."Kita tahu, bahwa kita berasal dari Allah dan seluruh dunia berada di bawah kuasa si jahat." Disini ada dua dunia. Ada orang-orang yang dalam kepemilikan Tuhan dan dunia. Kita dalam kepemilikan Tuhan, seluruh dunia ini ada dalam kepemilikan setan. Kita milik Tuhan. Kristus telah "membeli" kita dengan harga yang mahal. Kita adalah kepunyaan-Nya. Kita telah  berada didalam kepemilikan-Nya semenjak tujuan-Nya untuk menebus kita telah ditetapkan sebelum dasar-dasar dunia ada.

Pada sisi lain, seluruh dunia ini dalam kepemilikan  setan, haponeros, Setan. Dunia berada diatas pangkuan si setan bagaikan bayi dalam buaian tidur dalam gendongan Setan. Ini adalah penggambaran yang dramatis. Kita TIDAK dalam pelukan Setan, kita berada didalam dekapan Tuhan. Dua dunia yang berbeda dan hanya dua ini...dunia ini berada dalam kuasa setan. Dan dengan kuasanya dia memprasaranai seluruh sistem umat manusia di dunia ini. Tak satupun didalam dunia ini, TAK SATUPUN yang TIDAK berada dalam kontrol Setan. Ekonomi dunia, politik dunia, pendidikan dunia, segala sesuatunya, hiburannya, atletiknya, seluruhnya...seluruhnya. Ada elemen-elemen dunia yang dapat kita nikmati karena penciptaan Tuhan dan kita dapat melihat citra Tuhan dan kita dapat melihat kemuliaan kreatif Tuhan terlihat di dunia ini. Tetapi sistem yang berfungsi didalam ciptaan-Nya adalah sebuah sistem yang sepenuhnya telah terkontaminasi. Itu sebabnya dalam 1 Yohanes 2:15-17 dikatakan ,"Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu.  
Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya. Ayat ini kembali mengajak kita untuk meninjau kehidupan didunia ini.

Kita memiliki kehidupan yang kekal. Kita memiliki akses surgawi untuk menuju tahta Tuhan. Kita telah menang atas kuasa dosa. Kita milik Tuhan. Hal ini bertentangan dengan segala sesuatu disekitar kita didunia ini. Mereka tak memiliki kehidupan kekal, mereka tak memiliki akses kepada Tuhan melalui doa-doa apapun. Tuhan tak terikat untuk mendengarkan  sebuah permintaan yang mereka panjatkan. Mereka dikuasai oleh Iblis dan mereka adalah milik setan.

Perbedaan-perbedaan yang amat jelas. Pastikan diri anda akan hal ini, anda milik Tuhan. Anda adalah anak yang dikasihinya yang telah memberikan hidupnya kepada anda. Yohanes 1:12-13,"Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya,orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah."

Kita TAHU (1) bahwa kita memiliki kehidupan kekal. Kita TAHU (2) kita memiliki jawaban atas doa kita. Kita TAHU (3) kita memiliki kemenangan atas dosa-dosa kita, kita Tahu (4) kita milik Tuhan dan terakhir, kita TAHU (5) bahwa Kristus adalah Tuhan yang benar. Dan Yohanes mengahiri suratnya tepat diawal suratnya, 1 Yohanes 1,"Apa yang telah ada sejak semula, yang telah kami dengar, yang telah kami lihat dengan mata kami, yang telah kami saksikan dan yang telah kami raba dengan tangan kami tentang Firman hidup--itulah yang kami tuliskan kepada kamu.Hidup itu telah dinyatakan, dan kami telah melihatnya dan sekarang kami bersaksi dan memberitakan kepada kamu tentang hidup kekal, yang ada bersama-sama dengan Bapa dan yang telah dinyatakan kepada kami.Apa yang telah kami lihat dan yang telah kami dengar itu, kami beritakan kepada kamu juga, supaya kamupun beroleh persekutuan dengan kami. Dan persekutuan kami adalah persekutuan dengan Bapa dan dengan Anak-Nya, Yesus Kristus.

Yohanes memulai suratnya dengan memperkenalkan Kristus. Mengenai Kristus dituliskannya pada bab 1 ayat 1 hingga 3. Kita telah melihat-Nya, kita telah mendengarkan-Nya, kita telah menjamah-Nya. Kita telah melihat kehidupan, hidup yang kekal. Kita telah melihat Allah Bapa bermanifestasi didalam Anak. Yohanes memulai suratnya dengan pesan ini.

Inilah  yang menjadi kepastian  utama dan besar yang memungkinkan kepastian-kepastian lainnya mungkin untuk terjadi. Dan kemudian Yohanes mengakhirinya ditempat ia memulainya,"Akan tetapi kita tahu, bahwa Anak Allah telah datang dan telah mengaruniakan pengertian kepada kita, supaya kita mengenal Yang Benar; dan kita ada di dalam Yang Benar, di dalam Anak-Nya Yesus Kristus. Dia adalah Allah yang benar dan hidup yang kekal". Inilah Tuhan yang benar itu dan kehidupan kekal. Dan terdapat pernyataan logika yang cemerlang disana. Inilah KEPASTIAN TERAKHIR.

Dan oleh sebab itu Yohanes mengakhirinya dengan pesan peringatan,"Anak-anakku, waspadalah terhadap segala berhala. Jangan terjebak kedalam berbagai hal yang dituhankan.

Bersambung ke bagian 9- Selesai

John MacArthur  Grace To You  | Alih Bahasa : Martin Simamora

P O P U L A R - "Last 7 days"