F O K U S

Nabi Daud Tentang Siapakah Kristus

Ia Adalah Seorang Nabi Dan Ia Telah   Melihat Ke Depan Dan Telah Berbicara Tentang Kebangkitan Mesias Oleh: Blogger Martin Simamora ...

0 Tinjauan:Pengajaran Pdt.Erastus Sabdono Tentang Corpus Delicti (26/40)

Oleh: Martin Simamora

Sepuluh Bagian Ketiga
Digembalakan Oleh Yesus Kristus Agar Tidak Serupa Dengan Dunia Ini Sebab Dibawa Keluar Dari Hidup Di bawah Maut Kepada Hidup Di Dalam Allah

(Lebih dulu di “Bible Alone”-Minggu, 21Agustus 2016- telah diedit dan dikoreksi)
 
Moralitas pada relativitasnya dan problem abadi manusia- kredit: carlylestewart.com
Bacalah lebih dulu: “bagian 25

Penggembalaan Yesus bukan menggembalakan anda agar memiliki moralitas baik sebagai kontra terhadap segala dimensi negatif atau jahat di dunia ini, hal ini terjadi karena siapakah Yesus dan kuasa padanya yang mengerjakan apakah yang menjadi tujuannya ke dunia ini sehingga digenapi olehnya. Sementara itu, memang adalah baik bagi semua manusia untuk memiliki moralitas yang baik dan kehidupan luhur di dalam dunia manusia, tetapi juga jika anda mengakui siapakah Yesus sebagaimana Ia bersabda maka kita harus mendengar dan mentaati kebenarannya yang menunjukan bahwa kejahatan di dunia ini bukan berakar pada problem peradaban, etika moralitas dan keagungan spiritualitas manusia di dalam kehidupan. Yesus sejak semula menunjukan bahwa peradaban, etika moralitas dan keagungan spiritualitas manusia bereaksi begitu janggal terhadap kedatangan dirinya, menolaknya atau etika moralitas, peradaban manusia dan keagungan spiritualitas manusia menjadi buta dan tuli terhadap Yesus:

Yohanes 3:19 Terang telah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih menyukai kegelapan dari pada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat.

Ketika Yesus berkata “tetapi manusia lebih menyukai kegelapan dari pada terang,” yang dimaksudkannya adalah dirinya adalah terang.


Mengapa penggembalaan Yesus tidak berhubungan dengan sebuah kontra keras terhadap segala hal negatif terkait moralitas dan hukum, itu dikarenakan Yesus sendiri meletakan dirinya sebagai satu-satunya solusi bagi problem jahat dunia ini. Itu termasuk moralitas  di dunia ini telah berada dibawah penghakiman jiwa Sang Kristus. Mari perhatikan berikut ini:

Matius 15:17- 20Tidak tahukah kamu bahwa segala sesuatu yang masuk ke dalam mulut turun ke dalam perut lalu dibuang di jamban? Tetapi apa yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang. Karena dari hati timbul segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat. Itulah yang menajiskan orang. Tetapi makan dengan tangan yang tidak dibasuh tidak menajiskan orang."


Moralitas dunia adalah soal apakah yang benar dan apakah yang salah; apakah yang seharusnya dilakukan dan apakah yang tidak boleh dilakukan; apakah yang harus dikoreksi pada diri manusia agar kehidupannya hidup didalam apakah yang seharus dilakukan berdasarkan apakah yang benar dan apakah yang salah sehingga tak boleh dilakukan. Tetapi sama sekali problem moralitas ini tidak akan mendefinisikan manusia dan kemanusiaan sebagai memiliki problem kenajisan; sama sekali problem moralitas manusia tak akan dikaitkan dengan akar masalah sejatinya, yaitu “dari hati timbul segala  rupa kejahatan dan problem  moralitas itu.” Perubahan perilaku bisa dipastikan sebagai kemampuan manusia itu untuk menguasai dirinya dan mengontrol apa yang ada di hati dan pikirannya agar tidak melahirkan  problem moralitas di dunia ini dan problem kejahatan yang dapat melukai sesamamu manusia, tetapi disaat yang sama dapat dipastikan bahwa selama-lamanya manusia  tidak dapat mematikan dan membuang problem kenajisan yang datang dari hati. 


Sebab manusia tak akan pernah memiliki sumber pengudusan yang senantiasa terhadap problem kenajisan itu sendiri sementara hati sebagai sumber segala rupa kejahatan dan problem kemanusiaan, tetap berada dalam kehidupan diri setiap manusia. 

0 Tinjauan:Pengajaran Pdt.Erastus Sabdono Tentang Corpus Delicti (25/40)

Oleh: Martin Simamora

Sepuluh Bagian Ketiga
Anugerah Allah Tidak Pernah Diberikan Berdasarkan Pembuktian Corpus Delicti dan Tak Pernah Terjadi Kebersalahan Iblis pun Harus Dibuktikan Allah Berdasarkan Corpus Delicti

(Lebih dulu di “Bible Alone”-Sabtu, 20Agustus 2016- telah diedit dan dikoreksi)



Bacalah lebih dulu: “bagian 24

Kabar baik atau injil ketika berbicara inisiatif Allah” terhadap ketakberdayaan manusia, sama sekali tak menautkannya dengan pembuktian salah atau corpus delicti berdasarkan hukum Taurat yang baru datang ratusan tahun setelah Abraham, bapa orang beriman. Rasul Paulus terhadap pemberitaan injil atau kabar baik menegaskan “inisiatif Allah” itu tak berdasarkan pembuktian salah atau corpus delicti, sebab inisiatif Allah itu sendiri mendahului hukum Taurat:

Galatia 3:8 Dan Kitab Suci, yang sebelumnya mengetahui, bahwa Allah membenarkan orang-orang bukan Yahudi oleh karena iman, telah terlebih dahulu memberitakan Injil kepada Abraham: "Olehmu segala bangsa akan diberkati."


Galatia 3:16 Adapun kepada Abraham diucapkan segala janji itu dan kepada keturunannya. Tidak dikatakan "kepada keturunan-keturunannya" seolah-olah dimaksud banyak orang, tetapi hanya satu orang: "dan kepada keturunanmu", yaitu Kristus.

Kejadian 22:16-18 kata-Nya: "Aku bersumpah demi diri-Ku sendiri--demikianlah firman TUHAN--:Karena engkau telah berbuat demikian, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku, maka Aku akan memberkati engkau berlimpah-limpah dan membuat keturunanmu sangat banyak seperti bintang di langit dan seperti pasir di tepi laut, dan keturunanmu itu akan menduduki kota-kota musuhnya. Oleh keturunanmulah semua bangsa di bumi akan mendapat berkat, karena engkau mendengarkan firman-Ku."


Galatia 3:17 Maksudku ialah: Janji yang sebelumnya telah disahkan Allah, tidak dapat dibatalkan oleh hukum Taurat, yang baru terbit empat ratus tiga puluh tahun kemudian, sehingga janji itu hilang kekuatannya.


Faktanya memang Hukum Taurat datang pada era jauh setelah Abraham, datang pada era Musa: “Pada bulan ketiga setelah orang Israel keluar dari tanah Mesir, mereka tiba di padang gurun Sinai pada hari itu juga. Setelah mereka berangkat dari Rafidim, tibalah mereka di padang gurun Sinai, lalu mereka berkemah di padang gurun; orang Israel berkemah di sana di depan gunung itu. Lalu naiklah Musa menghadap Allah, dan TUHAN berseru dari gunung itu kepadanya: "Beginilah kaukatakan kepada keturunan Yakub dan kauberitakan kepada orang Israel:…”(Kel 19:1-3, bacalah hingga pasal 23), kala sebuah bangsa  bernama Israel telah terbentuk di bumi.


Berdasarkan ini maka relasi “inisiatif Allah” terhadap ketakberdayaan manusia bagi keselamatan manusia sendiri bukan berdasarkan pembuktian salah atau pembuktian corpus delicti dengan hukum Taurat, tetapi berdasarkan janji yang akan digenapi oleh seorang keturunan Abraham bernama  Yesus. Sehingga  pernyataan:
Anchor of Life Fellowship , Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri - Efesus 2:8-9