F O K U S

Nabi Daud Tentang Siapakah Kristus

Ia Adalah Seorang Nabi Dan Ia Telah   Melihat Ke Depan Dan Telah Berbicara Tentang Kebangkitan Mesias Oleh: Blogger Martin Simamora ...

0 THE TRUE MEANING OF TRINITY’S REVEALED

Bism al-Abi wa al-Ibni wa ar-Rûh al-Quddusi, al-Ilahu al-Wâhid, Amin
In the Name of the Father, and of the Son, and of the Holy Spirit, God Almighty, Amen


A dialogue between Bilung’s "EXOTERICISM" AND
Kyai Semar’s "ESOTERICISM"*)

by Bambang Noorsena

Indonesian to English translation by :
Glenn Tapidingan
Martin H. Simamora


1.Introductory Note

In Javanese mythology, there are two types of comprehension of spirituality, the first is exoteric (common or popular comprehensible language) which simplistic, and the second is esoteric (inner consciousness language), which refers to the essence beyond all things. At outset reputedly, Sang Hyang Tunggal created egg of life. Extracting from the egg, yolk became "Sang Hyang Shiva" (the essence of all things),  albumen or white egg  to-be Semar (the essence of all things that can be comprehended esoterically), and shell came to be Togog (symbolizing the failure to seize the essence because mistakenly signify the truth exoterically or in "language of the flesh",or wadag, simplistic thinking). Next, a figure in shadow play, Togog who is supported by Bilung, epitomizes the outwardly religious apprehension or thoroughly wadag/simplistic as already mentioned earlier, and Semar followed with Gareng, Petruk, and Bagong who  symbolized spirituality that always longings for the  quintessence, loving for the significance, and understanding the substance.

Therefore, when Jesus says: "Your father Abraham rejoiced to see My day; and he saw, and was glad". This is the "esoterical language" to say "spiritual language" which must be apprehended inwardly. But the Jewish people hooked it up with outward apprehension of the language or Jesus’ speech, miscarriage the substance the truth, and asked: "Thou art not yet fifty years old, and hast thou seen Abraham?" (John 8:56-57, KJVA). Jewish people only saw Jesus to apprehend him in his existence form as a human, and failed to recognize His pre-existence as “the Word of God” (Greek: Logos; Hebrew: Davar; Aramaic: Memra; Arab: Kalimatullah) that "by/ through Him all things exist"(1Cor. 8:6; John 1:3; Psa. 33:6;2Pet. 3:5).

Jesus’ question: “Why do ye not understand my language? Because ye cannot hear MY Word” (John 8:43, KJVA), occurs to Christians themselves who can’t comprehend the principles of their own faith, namely the Godhead and the Deity of the Messiah, and the nature of the Triune God that clearly taught in the Sacred Scripture, transmitted by disciples of the apostles, disciples of the disciples of the apostles to the ecumenical church councils that formulate them  more clearer for us.

0 Tinjauan Pengajaran Pdt. Dr. Erastus Sabdono Pada Keselamatan Di Luar Kristen (6.H)

Oleh: Martin Simamora


Keberdosaan Manusia Tidak Dikarenakan Eksistensi dan Pelanggaran Pada Taurat, Sebab Sebelum Taurat Ada, Penghakiman Dan Penghukuman Telah Berlangsung

Bacalah lebih dulu: “bagian 6.G-6

Berdasarkan bagian sebelumnya, begitu jelas bahwa dasar penggenapan kelahiran Mesias semata pada rencana dan kuasa Allah untuk menggenapi rencananya itu sendiri. Sehingga dinamika manusia-manusia Israel tidak pernah sama sekali menentukan keberhasilan rencana Allah dalam sebuah kebergantungan Allah yang begitu tunduk pada kemampuan dan ketakmampuan manusia, sebab kedaulatan-Nyalah yang menentukan keterwujudan itu [sebagai salah satu contoh kasus, bacalah: Yesaya 1:2-9, 11-15,18, 19-20; Yesaya 39:5-7; Yesaya 40:1-11; Yesaya 42:18-25; Yesaya 43:22-28; Yesaya 45:1-8;Yesaya 47:1-11; Yesaya 48:1-11; Yesaya 48:12-22; Yesaya 49:8- Yesaya 50:3]. Kedaulatan Allah, di sini [sebagaimana yang ditunjukan dalam contoh kasus yang direkam Kitab Nabi Yesaya], hendak menunjukan bahwa apa yang dimaksudkan untuk terjadi berdasarkan rencana-Nya pasti terjadi, tak memedulikan keadaan-keadaan di dunia sebab perencanaan-Nya berlangsung di sorga dan Sang Mesias  itu sendiri pada mulanya  bersama-sama dengan Allah dan adalah Allah [Yohanes 1:1-2].


Itulah sebabnya terkait rencana dan pewujudan-Nya telah dijamin sejak semula secara kokoh dan keras dengan menautkannya pada kebenaran diri nabi sebagai penyatanya, BUKAN pada bangsa Israel!

Perhatikanlah ini:

Ulangan 18:20-22 Tetapi seorang nabi, yang terlalu berani untuk mengucapkan demi nama-Ku perkataan yang tidak Kuperintahkan untuk dikatakan olehnya, atau yang berkata demi nama allah lain, nabi itu harus mati. Jika sekiranya kamu berkata dalam hatimu: Bagaimanakah kami mengetahui perkataan yang tidak difirmankan TUHAN? apabila seorang nabi berkata demi nama TUHAN dan perkataannya itu tidak terjadi dan tidak sampai, maka itulah perkataan yang tidak difirmankan TUHAN; dengan terlalu berani nabi itu telah mengatakannya, maka janganlah gentar kepadanya."


Ini, tentang nabi-nabi yang menyampaikan  perkataan Tuhan untuk disampaikannya dan secara khusus ini mengenai Mesias. Perhatikan keutamaan pada kedaulatan kuasa Allah pada apakah yang diucapkan-Nya dan bagaimana akibatnya jika seorang nabi tidak mengucapkan sesuai dengan apa yang dikatakan-Nya:

Ulangan 18:17-19 Lalu berkatalah TUHAN kepadaku: Apa yang dikatakan mereka itu baik; seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya. Orang yang tidak mendengarkan segala firman-Ku yang akan diucapkan nabi itu demi nama-Ku, dari padanya akan Kutuntut pertanggungjawaban.
Anchor of Life Fellowship , Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri - Efesus 2:8-9