Pages

25 March 2012

Tritunggal : Keesaan dalam Kesatuan bukan dalam bilangan : Yachid vs Echad- Bagian 4-selesai

I. Tuhan itu esa : Echad, bad, hen, monos
  1. Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa [echad]!  Ulangan 6:4
  2. Hanya Engkau sendirilah [bad] Allah segala kerajaan di bumi; Engkaulah yang menjadikan langit dan bumi.- 2 Raja-Raja 19:15
  3. Hanya [bad]  Engkau adalah TUHAN! - Nehemia 9:6
  4. "bahwa hanya [bad] Engkau sendirilah TUHAN." - Yesaya 37:20

    Sebelumnya : Bagian 3
  5. Maka TUHAN akan menjadi Raja atas seluruh bumi; pada waktu itu TUHAN adalah satu-satunya [echad] dan nama-Nya satu-satunya [echad].- Zakaria 14:9
  6. sehingga keduanya itu menjadi satu daging[hen]- Matius 19:5
  7. dan yang tidak mencari hormat yang datang dari Allah yang Esa [monos]?- Yohanes 5:44
  8. Aku dan Bapa adalah satu [hen].- Yohanes 10:30
  9. Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya [monos] Allah yang benar - Yohanes  17:3
  10. Artinya, kalau ada satu [hen] Allah,- Roma 3:30
  11. bagi Dia, satu-satunya [monos] Allah yang penuh hikmat, oleh Yesus Kristus -Roma 16:27
  12. tidak ada orang Yahudi atau orang Yunani, tidak ada hamba atau orang merdeka, tidak ada laki-laki atau perempuan, karena kamu semua adalah satu (hen) di dalam Kristus Yesus - Galatia 3:28
  13. " tidak ada Allah lain dari pada Allah yang esa[hen]." 1 Korintus 8:4
  14. namun bagi kita hanya ada satu [hen] Allah saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu [hen] Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup. - 1 Korintus 8;6
  15. Seorang pengantara bukan hanya mewakili satu orang saja, sedangkan Allah adalah satu[hen].- Galatia 3:20
  16. satu [hen] tubuh, dan satu [hen] Roh, sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu[hen] pengharapan yang terkandung dalam panggilanmu,satu [hen] Tuhan, satu[hen] iman, satu[hen] baptisan,satu[hen] Allah dan Bapa dari semua, Allah yang di atas semua dan oleh  semua dan di dalam semua.- Efesus 4:4-6
  17. Raja segala zaman, Allah yang kekal, yang tak nampak, yang esa[monos]! Amin- 1 Timotius 1:17
  18. yaitu saat yang akan ditentukan oleh Penguasa yang satu-satunya[monos] dan yang penuh bahagia, Raja di atas segala raja dan Tuan di atas segala tuan.Dialah satu-satunya[monos] yang tidak takluk kepada maut, bersemayam dalam terang yang tak terhampiri. Seorangpun tak pernah melihat Dia dan memang manusia tidak dapat melihat Dia. Bagi-Nyalah hormat dan kuasa yang kekal! Amin.- 1Timotius 6:15-16
  19. Karena Allah itu esa[hen] dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus,- 1 Timotius 2:5
  20. Engkau percaya, bahwa hanya ada satu[hen] Allah saja? Itu baik! Tetapi setan-setanpun juga percaya akan hal itu  dan mereka gemetar.- Yakobus 2:19
  21. dan yang menyangkal satu-satunya[monos] Penguasa dan Tuhan kita, Yesus Kristus- Yudas 4
  22. Allah yang esa[monos], Juruselamat kita oleh Yesus Kristus, Tuhan kita- Yudas 25

KESIMPULAN
  1. Ketika berbicara keesaan Tuhan,apa yang kita lihat adalah sebuah campuran kata-kata, baik didalam bahasa Ibranidan Yunani. Tidak nampak secara jelas menjadi sebuah pola penggunaan : dalam Perjanjian Lama, :echad" digunakan baik sebagai  satu dalam pengertian kesatuan dan keesaan yang bersifat numerik dan "bad" juga digunakan yang memiliki arti keesaan yang bersifat numerik. Sama juga dengan yang ditemukan dalam Perjanjian Baru, "hen" digunakan baik sebagai satu dalam makna kesatuan dan keesaan yang sifatnya numerik dan "monos" juga digunakan yang bermakna keesaan yang bersifat numerik.
  2. Fakta-fakta ini menopang Trinitarian dan  menempatkan Anti Trinitarian dan Unitarian  dalam bayang-bayang. Sementara Trinitarian dapat berharap kedua jenis kata  tersebut digunakan dalam mereferensikan Tuhan, Anti  Trinitarian menjadi terperangah dalam ketakjelasan. Untuk semakin mengokohkan Trinitarian, kata "monos' tak hanya digunakan untuk menggambarkan keesaan Tuhan (Yohanes 5:44;17:33), tetapi juga Yesus berkata dirinya  menjadi "monos Master", "monos Lord" dan "monos Sovereign" ( 1 Timotius 6:16; Yudas 4). Ini membuktikan bahwa Yohanes 17:3 TIDAK LAGI mengeksklusi Yesus menjadi "Tuhan yang sejati" dibandingkan dengan 1 Timotius 6:16 dan Yudas 4 yang mengeksklusi Bapa dari  menjadi Master, Lord dan Sovereign ( sebagaimana interpretasi resmi  SAKSI-SAKSI YEHUWA  dan WATCH TOWER bahwa 1 Timotius 6:16 berbicara keutamaan Yesus). Klik tautan ini untuk  argumen kokoh dalam Yohanes 17:3
  3. Anti Trinitarian yang menolak fakta bahwa "echad" berati satu dalam makna kesatuan antara individu-individu, harus selalu diingatkan bahwa segera setelah Kekristenan muncul, orang-orang Yahudi menggantikan kata "echad" dalam Ulangan 6:4. Sangat jelas orang-orang Yahudi yang mengenal bahasa Ibrani 2000 tahun lalu, melihat sesuatu yang tidak dilihat oleh moderen Unitarian.
  4. Sehingga pada ahirnya Trinitarian memiliki landasan yang unggul! Sangat telak terhadap orang-orang Yahudi dan Anti trinitarian bahwa  Ulangan 6:4 menggunakan "echad", kata untuk menyatakan satu dalam makna  yang disatukan antara individu-individu. Ini melandaskan dasar kerja sehingga  Trinitarian terungkap didalam Kristus dan rasul-rasulnya  dengan t melihat kembali kepada ayat yang paling penting didalam Alkitab Yahudi dan memperlihatkan kepada mereka  bahwa Yesus juga  telah ada disana! Ketimbang menjadi Kristen, orang-orang Yahudi meme;intirkan firman Tuhan dan  mulai menebarkan kebohongan sekitar kebangkitan Yesus.

Steve Rudd, Trinity: Oneness in unity not in number: Yachid vs. Echad | bible.ca | Martin Simamora

Catatan redaksi : argumen kokoh dalam Yohanes 17: 3 akan diterjemahkan dan dimuat pada blog ini dalam waktu dekat.

No comments:

Post a Comment