0 Anda Mustahil Membersihkan Dosa Sendiri & Mustahil Memperjuangkan Keunggulan Dihadapan Allah Terlepas dari Yesus, Sedikitpun Tidak Bisa!

Oleh : Martin Simamora



Anda Mustahil Membersihkan Dosa Sendiri
& Mustahil Memperjuangkan Keunggulan Dihadapan Allah Terlepas dari Yesus, Sedikitpun Tidak Bisa!

Ilustrasi - mbswindon.co.uk

Darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa. 1 Yohanes 1:7
“...Bagi Dia, yang mengasihi kita dan yang telah melepaskan kita dari dosa kita oleh darah-Nya,” Wahyu 1:5

Jika dinyatakan bahwa Darah Yesus yang menyucikan  kita dari segala  dosa maka memang tidak ada cara lain yang bagaimanapun dapat menyucikan anda dan saya dari segala dosa yang bagaimanapun. Anda dan saya MUSTAHIL MEMBUAT DIRI ANDA KUDUS SEHINGGA MENJADI UNGGUL DAN DEMIKIAN LAYAK DIHADAPAN ALLAH (?). Jika anda dan saya mengakui bahwa memang hanya oleh Darah Yesus anda disucikan maka anda secara absolut tidak dapat melepaskan diri dari pribadi Yesus dan darah-Nya.  Berpikir bahwa anda  dapat menghapus atau mengimbangi kesalahan anda dengan perbuatan baik dan MEMBANGUN KEUNGGULAN MANUSIAMU  dihadapan TUHAN, hanya membuat anda menipu  diri sendiri dalam kebenaran semu. Perhatikan hal ini “tidak seorangpun yang dapat   dibenarkan di hadapan Allah oleh karena   MELAKUKAN    hukum Taurat” (Roma 3:20).



Seperti halnya 1 Yohanes 1:7 dan Wahyu 1:5, ayat-ayat dibawah  ini menegaskan hal yang sama bahwa KITA TIDAK DAPAT MEMBERSIHKAN DOSA PADA DIRI KITA SENDIRI :


  • Zakaria 9:11 “Mengenai engkau, oleh karena darah perjanjian-Ku dengan engkau, Aku akan melepaskan orang-orang tahananmu dari lobang yang tidak berair.”
  • Matius 26:28 “Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa.”

  • Markus 14:24 “Dan Ia berkata kepada mereka: "Inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang.
  • Lukas 22:20 “Demikian juga dibuat-Nya dengan cawan sesudah makan; Ia berkata: "Cawan ini adalah perjanjian baru oleh darah-Ku, yang ditumpahkan bagi kamu”

  • Ibrani 9:12 “dan Ia telah masuk satu kali untuk selama-lamanya ke dalam tempat yang kudus bukan dengan membawa darah domba jantan dan darah anak lembu,  tetapi dengan membawa darah-Nya sendiri. Dan dengan itu Ia telah mendapat kelepasan yang kekal.”

  • Ibrani 9:14 “betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup.

  • Ibrani 9:20 “"Inilah darah perjanjian yang ditetapkan Allah bagi kamu."

  • Ibrani 9:22 ”Dan hampir segala sesuatu disucikan menurut hukum Taurat dengan darah, dan tanpa penumpahan darah  tidak ada  pengampunan.”

  • Ibrani 10:4 tidak mungkin   darah lembu jantan atau darah domba jantan  menghapuskan dosa.”

  • Ibrani 10:19-22 “Jadi, saudara-saudara, oleh darah Yesus kita sekarang penuh keberanian dapat masuk ke dalam tempat kudus, karena Ia telah membuka jalan yang baru dan yang hidup bagi kita melalui tabir, yaitu diri-Nya sendiri, dan kita mempunyai seorang Imam Besar sebagai kepala Rumah Allah. Karena itu marilah kita menghadap Allah dengan hati yang tulus ikhlas dan keyakinan iman yang teguh, oleh karena hati kita telah dibersihkan dari hati nurani yang jahat dan tubuh kita telah dibasuh dengan air yang murni.

  • Ibrani 13:20 “Maka Allah damai sejahtera, yang oleh darah perjanjian yang kekal telah membawa kembali dari antara orang mati Gembala Agung segala domba, yaitu Yesus, Tuhan kita,”

  • Kolose 1:14 “di dalam Dia kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosa.”

  • Kisah Para Rasul 20:28 “... jemaat Allah yang diperoleh-Nya dengan darah Anak-Nya sendiri.”

 

Berdasarkan teks-teks diatas tersebut maka dapatlah kita risalahkan sebagai berikut:

  1. TANPA  penumpahan darah TIDAK ada Pengampunan 
  2. Ini adalah KETETAPAN ALLAH 
  3. Hanya Darah Yesus yang  menyucikan atau melepaskan  kita dari segala dosa kita 
  4. Darah Yesus  jauh lebih unggul daripada darah domba jantan dan  anak lembu, sebab Darah Yesus dipersembahkan SATU KALI untuk SELAMA-LAMANYA. 
  5. Darah Yesus adalah persembahan yang  TAK bercacat dan MENYUCIKAN 
  6. Darah Yesus yang SEMPURNA  dan MENYUCIKAN hati nurani kita , MEMUNGKINKAN kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup 
  7. Darah lembu  jantan dan domba jantan MUSTAHIL untuk MENGHAPUSKAN dosa 
  8. Darah Yesus mengatasi  kematian 
  9. Melalui Darah Yesus membuat kita memiliki  penebusan dan pengampunan dosa 
  10. Allah memperoleh jemaat-Nya melalui darah Anak-Nya.

Dengan demikian jelas sekali bahwa BUKAN  karena anda dan saya SUKSES untuk tidak berbuat dosa lagi; bukan karena anda sukses MEMBANGUN KEUNGGULAN MANUSIAMU; bukan karena anda sukses meluputkan dirimu dari perbuatan-perbuatan jahat atau dosa SEHINGGA ANDA mengalami PENGUDUSAN dari dosa. Dikatakan bahwa  HANYA DARAH YESUS YANG DAPAT MEMBERSIHKAN ATAU MELEPASKAN DOSA ANDA.


Apakah selanjutnya  yang terjadi akibat pengudusan oleh Darah Yesus? Dikatakan bahwa  oleh-Nya kita DAPAT BERIBADAH KEPADA ALLAH YANG HIDUP (Ibrani 9:4). Beribadah kepada Allah yang hidup hanya dapat terjadi jika anda dan saya telah dikuduskan dari dosa oleh Darah Yesus. Dengan kata lain, darah Yesus itu memungkinkan anda untuk berjumpa dengan Allah yang hidup . Bandingkanlah hal ini  dengan :

  • Yohanes 14:6 "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa,  kalau tidak melalui Aku.”

  • Yohanes 10:9 “Akulah pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput.”

  • Efesus 2:18 “karena oleh Dia kita kedua pihak dalam satu Roh beroleh jalan masuk kepada Bapa.”

  • Ibrani 10:20 “karena Ia  telah membuka  jalan yang baru dan yang hidup bagi kita melalui tabir, yaitu diri-Nya sendiri,”

Apa  yang diungkapkan dari teks-teks ini? Anda dan saya sebagai seorang Kristen sejati MUSTAHIL untuk TIDAK BERGANTUNG TOTAL pada Yesus. Melalui Yesus dan darah-Nya anda dan saya DAPAT BERIBADAH kepada Allah yang Hidup.

Jika Harus MELALUI DIA dan darah-Nya  saja kita dapat beribadah pada Allah yang hidup maka bagaimana mungkin anda berpikiran bahwa anda sebagai orang Kristen HARUS berupaya MEMBANGUN KEUNGGULAN MANUSIA anda AGAR anda layak dihadapan Tuhan? Ini jelas berlawanan dengan KETETAPAN ALLAH bahwa hanya melalui Yesus dan Darahnya saja anda dapat  BERIBADAH PADA ALLAH YANG HIDUP. Melawan KETETAPAN ini tidak saja menjadi hal yang tak berdasar dan menyesatkan tetapi SECARA TELAK  telah MENGHINA DARAH YESUS; dalam hal ini konsekuensinya tidak main-main :
Ibrani 10:29 “Betapa lebih beratnya  hukuman yang harus dijatuhkan atas dia, yang menginjak-injak Anak Allah, yang menganggap najis darah perjanjian yang menguduskannya, dan yang menghina Roh kasih karunia?”


Jika anda BERPIKIR BAHWA ORANG KRISTEN HARUS BERJUANG UNTUK MENJADI MANUSIA YANG UNGGUL DIHADAPAN ALLAH, dan hal ini jelas-jelas BERSENTRAL PADA DIRIMU, lantas siapakah dirimu kamu pikir dibandingkan dengan YESUS KRISTUS DAN DARAHNYA yang telah membuatmu dapat beribadah dihadapan Allah yang hidup? Siapakah dirimu kamu pikir dibandingkan dengan Yesus Kristus yang adalah pintu menuju Bapa? Anda atau Yesus yang  unggul? Apa nilai  unggul perbuatanmu dibandingkan dengan perbuatan atau karya Yesus dihadapan Allah?




Ketika ditetapkan Allah bahwa HANYA DARAH YESUS YANG DAPAT MELENYAPKAN DOSA ANDA, maka sebetulnya tidak ada apapun yang bisa disebutkan sebagai unggul dalam dirimu untuk anda pamer-pamerkan dihadapan Allah. Membandingkan anda dan Yesus jelas anda adalah sosok  yang sangat menjijikan dihadapan-Nya!

Secara hakiki dirimu dan diriku  tidak berdaya untuk MENYINGKIRKAN DOSA YANG KITA LAKUKAN BAIK TERSEMBUNYI DALAM PIKIRAN DAN HATIMU ATAU YANG JELAS TERLIHAT  dan TIDAK BERDAYA untuk DATANG KEPADA BAPA. Anda dan saya memerlukan  YESUS dan DARAHNYA untuk  mengalaminya. Dan kondisi ini adalah kondisi selama-lamanya atau dengan kata lain tidak ada sedikitpun momen   bagi anda untuk dapat pamer diri sebagai yang dapat membangun keunggulan sebab FONDASI KEHIDUPAN ROHANI ANDA ADALAH DIRI YESUS KRISTUS DAN DARAHNYA.  Anda berani berkata bahwa Fondasi kehidupan rohani anda bukan ini?



Pikirkanlah  kembali
, bila anda  telah berujar ORANG KRISTEN HARUS BERJUANG UNTUK MENJADI MANUSIA YANG UNGGUL DIHADAPAN ALLAH; saya  harus tegaskan bahwa ini adalah pernyataan yang sangat menyesatkan  sebab mana mungkin anda  sebagai manusia membangun keunggulan terlepas dari FONDASI utama yaitu Yesus dan Darah-Nya! JIKA FONDASINYA ADALAH YESUS DAN DARAH YESUS, MASIH BISAKAH DIKATAKAN SEBAGAI "KEUNGGULAN MANUSIAMU?"



Bacaan lain yang dianjurkan :

We  Can Not Cleanse Away Our Own Sins

***





P O P U L A R - "Last 7 days"