0 Apa Lagi ini, ”Sekali Selamat Tetap Selamat” (?)

Oleh : Martin Simamora

Apa Lagi ini, ”Sekali Selamat Tetap Selamat” (?)


Sekali selamat tetap selamat!Apa yang segera terlintas dalam benak anda ketika mendengarkanya? Saya cukup yakin untuk mengatakan bahwa anda akan segera memberikan penilaian yang amat buruk tentang ini. Tetapi saya pun akan berpikiran sama jikalau KANDUNGANNYA  menunjukan sebuah kehidupan orang Kristen yang serampangan. Hidup bebas atau tidak perlu memusingkan dosa sebab sudah dipilih  oleh Bapa; jikapun berbuat dosa tinggal minta ampun saja; bermakna bahwa karena sudah ditebus Kristus dan sudah dikuduskan maka tidak perlu lagi memusingkan bagaimana mengejar kekudusan  dan bergumul  melawan kejahatan dan dosa; bahkan ada yang berani mengatakan tidak perlu lagi bergumul melawan dosa sebab yang bersalah tubuh namun roh tidak. Jika ini yang dimaksud maka JELAS TIDAK MEMILIKI PIJAKAN SAMA SEKALI DARI KITAB SUCI APALAGI MENGKLAIM INI SEBAGAI DIANJURKAN OLEH YESUS.

Namun yang sebenarnya sama sekali tidak demikian. “Sekali selamat tetap selamat!” adalah  benar bersumber dari Alkitab dan memang Yesus Kristus sendiri menyatakannya dengan sangat tegas. Namun dalam hal ini jangan pernah terlintas dengan demikian anda menjadi merdeka untuk berdosa seolah itu sebuah “lisensi untuk berdosa”  dan tidak memiliki tanggungjawab dalam kehidupan berimanmu untuk berbuah dan berbuah semakin lebat. “Sekali selamat tetap selamat!bukanlah sebuah slogan  omong kosong; bahkan kita nanti akan melihat dan menyadari bahwa istilah tersebut sebetulnya telampau sederhana dijadikan dasar untuk terburu-buru mengecamnya tanpa sebuah pemeriksaan yang jujur; anda dan saya setidak-tidaknya harus meninjau kesaksian yang ada dalam Alkitab; apakah KANDUNGAN sebenarnya dibalik pernyataan yang seringkali diledek dan dihina; jangan sampai  tidak tahu SIAPAKAH SESUNGGUHNYA   yang sedang anda ledek dan hina!


Apakah yang Yesus katakan  sebenarnya terkait “sekali selamat tetap selamat?” Apakah benar ada terdapat  firman Yesus yang memiliki indikasi demikian? Mari kita lihat:



Yoh10:27-30 ” Domba-domba-Ku MENDENGARKAN suara-Ku dan Aku MENGENAL mereka dan mereka MEGIKUT Aku,dan Aku  memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa   sampai selama-lamanya dan SEORANG PUN TIDAK AKAN MEREBUT mereka dari tangan-KuBapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, LEBIH BESAR dari pada siapapun, dan seorangpun TIDAK DAPAT MEREBUT mereka dari TANGAN Bapa.Aku dan Bapa adalah satu.”

1Yohanes 5:9-  “Kita menerima kesaksian manusia, tetapi kesaksian Allah lebih kuat. Sebab demikianlah kesaksian yang diberikan Allah tentang Anak-Nya. Barangsiapa percaya kepada Anak Allah, ia mempunyai kesaksian itu di dalam  dirinya; barangsiapa tidak percaya kepada Allah, ia membuat Dia menjadi pendusta, karena ia tidak percaya akan  kesaksian yang diberikan Allah tentang Anak-Nya. Dan inilah kesaksian itu: Allah telah mengaruniakan hidup yang  kekal kepada kita dan hidup itu ada di dalam Anak-Nya.Barangsiapa memiliki Anak, ia memiliki hidup; barangsiapa  tidak memiliki Anak, ia tidak memiliki hidup.



Yohanes 6:37SEMUA yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada-Ku, dan barangsiapa datang kepada-Ku, ia TIDAK AKAN Kubuang.

Yohanes 17:2 “Sama seperti Engkau telah memberikan kepada-Nya kuasa atas segala yang hidup, demikian pula Ia akan  memberikan hidup yang kekal kepada SEMUA yang telah Engkau BERIKAN  kepada-Nya. Inilah hidup yang kekal itu, yaitu  bahwa mereka MENGENAL ENGKAU, satu-satunya Allah yang benar, dan MENGENAL Yesus Kristus yang telah Engkau utus.”


Yohanes 17:9-12  ” Aku berdoa untuk MEREKA. Bukan untuk DUNIA Aku berdoa, TETAPI untuk MEREKA, yang TELAH  Engkau BERIKAN kepada-Ku, sebab MEREKA adalah MILIK-Mu. dan SEGALA  milik-Ku adalah milik-Mu dan milik-Mu adalah milik-Ku, dan Aku telah dipermuliakan di dalam mereka. Dan AKU TIDAK ADA LAGI DI DALAM DUNIA, tetapi MEREKA MASIH ADA DIDALAM DUNIA, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, PELIHARALAH MEREKA dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah  Engkau berikan kepada-Ku, supaya  MEREKA MENJADI SATU SAMA SEPERTI KITA. Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara  mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; AKU TELAH MENJAGA MEREKA dan TIDAK ADA SEORANGPUN dari mereka yang BINASA SELAIN dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, SUPAYA GENAPLAH yang  tertulis dalam Kitab Suci (Mz109:8 Biarlah umurnya berkurang, biarlah jabatannya diambil orang lain- John Gill).

Yohanes 18:9 “Demikian hendaknya SUPAYA GENAPLAH firman yang telah dikatakan-Nya: “Dari MEREKA YANG ENGKAU SERAHKAN KEPADA-Ku, TIDAK SEORANGPUN yang KUBIARKAN BINASA.”

Sejumlah Poin Teramat penting yang Yesus sendiri sampaikan berdasarkan teks-teks diatas adalah :

SELANJUTNYA


P O P U L A R - "Last 7 days"