0 Renungan Malam : “Berilah Kepadanya Semangat”

Oleh:  Charles H Spurgeon





Berilah kepadanya semangat – Ulangan 1:38


Tuhan  menggunakan umatnya untuk memberi  semangat  kepada satu sama lain. Dia tidak berkata kepada seorang malaikat, “Gabriel, hambaku Yoshua akan memimpin umatku  masuk ke Kanaan—pergi, beri kepadanya semangat. “ Tuhan tidak pernah  mengerjakan mujizat-mujizat yang tidak diperlukan; jika maksud-maksud-Nya dapat diselesaikan dengan sarana-sarana yang biasa, Dia tidak akan menggunakan   agen  yang menakjubkan. Gabriel tidak akan  cocok atau pas setengahnya saja untuk  pekerjaan seperti Musa. Sebuah simpati saudara lebih berharga daripada sebuah  kunjungan malaikat.


Malaikat, sayap yang bergerak cepat, jauh lebih baik mengenali perintah  sang Tuan daripada perangai  orang.  Seorang malaikat tidak  pernah  mengalami  kerasnya jalan, atau tidak pernah bertemu  ular api terbang/ tembaga/tedung (Bandingkan dengan Yesaya  14:29, 30:6; Ulangan 8:15; Bilangan 21:6-8), atau tidak pernah juga malaikat memimpin  orang banyak yang tegar tengkuk  di gurun seperti yang  telah dilakukan  Musa .



Kita seharusnya bersuka bahwa Tuhan biasanya bekerja untuk manusia melalui manusia. Ini membentuk sebuah ikatan persaudaraan, dan menjadi bergantung satu sama lain, kita telah semakin disatukan secara utuh kedalam sebuah keluarga. Saudara-saudara, ambilah teks ini sebagai pesan Tuhan untukmu. Berusahalah untuk menolong orang-orang lain, dan secara khusus berupaya untuk memberi semangat  kepada mereka.



Berbicaralah penuh semangat kepada orang muda dan  yang dalam cemasnya  bertanya, dalam kasih mencoba menyingkirkan  penghalang-penghalang di jalannya.  Ketika kamu  menemukan  bunga api anugerah didalam hati, berlututlah dan  tiuplah kencang  menjadi sebuah nyala api. Biarkanlah orang percaya muda itu untuk  mempelajari terjalnya jalan sedikit demi sedikit, tetapi katakan  padanya tentang kekuatan yang ada didalam Tuhan, kepastian janji, dan pesona-pesona persatuan dengan Kristus.



Bidiklah  pada  menghibur  yang bersedih, menghidupkan yang  putus asa. Katakan sebuah kata yang  tepat   baginya yang sedang  letih, dan beri semangat kepada mereka yang  ketakutan untuk melanjutkan  jalan mereka dengan  kegembiraan.



Tuhan memberikan semangat kepadamu dengan janji-janji-Nya; Kristus memberi  semangat kepadamu saat Dia menunjuk pada  surga, Dia  telah menang untukmu, dan  Roh memberikan semangat kepadamu ketika Dia bekerja didalammu untuk mengerjakan keinginan  dan untuk melakukan kehendak-Nya sendiri dan  apa yang menyukakan-Nya. Tirulah hikmat ilahi, dan beri semangat kepada orang-orang  lain,  seturut dengan firman pada malam ini.



Spurgeon's Daily Meditations | diterjemahkan dan diedit oleh : Martin Simamora



P O P U L A R - "Last 7 days"