F O K U S

Nabi Daud Tentang Siapakah Kristus

Ia Adalah Seorang Nabi Dan Ia Telah   Melihat Ke Depan Dan Telah Berbicara Tentang Kebangkitan Mesias Oleh: Blogger Martin Simamora ...

0 Pemeran Pembantu Terbaik

Oleh : Erwan


Dalam tradisi penghargaan Oscar, ada satu jenis penghargaan yang cukup menarik untuk direnungkan, yaitu penghargaan pemeran pendukung terbaik (best supporting actor/actress). Penghargaan ini menarik, karena yang dihargai bukan pemeran utamanya.



Pemeran utama tentu tidak memenuhi syarat untuk dipertimbangkan dalam kategori ini. Siapa yang dapat masuk ke dalam nominasi? Mereka adalah pemeran yang tugasnya hanyalah mendukung pemeran utama.



Di dalam cerita Alkitab, tidak perlu dipertanyakan lagi siapa “pemeran” utamanya, bukan dalam arti acting, tetapi dalam arti yang menempati peran terpenting dalam cerita. Kita semua tahu bahwa Dia adalah Yesus Kristus. Namun, siapa saja yang dapat disebut “pemeran-pemeran pendukung terbaik”?




Kita harus berhati-hati untuk tidak memakai paradigma kompetisi untuk menilai dan membandingkan tokoh-tokoh dalam Alkitab. Di atas digunakan bentuk jamak “pemeran-pemeran”, yang berarti yang “terbaik” dapat lebih dari satu, dan kata “terbaik” harus diberi tanda kutip untuk memisahkan maknanya dari konotasi kompetisi, yang biasa terjadi dalam malam-malam penghargaan Oscar, di mana hanya ada satu yang terbaik.


Saya yakin salah satu “pemeran pendukung terbaik” adalah Yohanes Pembaptis. Yang mengagumkan dari Yohanes adalah bahwa jiwa, karakter, dan sikapnya kepada Yesus persis menunjukkan apa yang dimaksud dengan pendukung terbaik. Pendukung terbaik adalah orang yang benar-benar sadar tempatnya bukan di tengah. Pemeran pendukung harus sadar bahwa dia tidak boleh merebut pusat perhatian.

Akhirnya, sebenarnya kata pendukung pun tidak cocok lagi jika digunakan untuk menggambarkan pelayanan Yohanes dan tokoh-tokoh Alkitab lainnya. Pendukung (supporting role) berkonotasi diperlukan oleh pemeran utama dan menjadi penyokong berdirinya pemeran utama. Yohanes lebih cocok disebut pemeran pembantu terbaik, dalam arti seperti pembantu rumah tangga. Kualitas dan kebesaran Yohanes, yang membuatnya dapat dinilai sebagai pembantu terbaik, terletak pada prinsipnya: “Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil” (Yoh 3:30). Ini adalah paradoks kebesaran seorang pelayanan Tuhan: semakin seorang pelayanan membesarkan Tuannya dan mengecilkan dirinya, semakin baik dia berperan sebagai seorang pelayanan.


Bagaimana dengan kehidupan pelayanan kita? Gereja tidak bebas dari persaingan dan anggota gereja tidak bebas dari pengejaran pengakuan. Hamba-hamba Tuhan, majelismajelis, aktivis-aktivis, pengurus-pengurus, dan lain-lain, jika tidak berhati-hati dapat saja berambisi untuk menjadi yang “terbaik”, tanpa memegang prinsip Yohanes Pembaptis. Pemeran pembantu terbaik adalah orang yang bekerja untuk semakin membesarkan Kristus dan semakin mengecilkan diri. Tanpa berhati-hati, bisa-bisa kita semakin membesarkan diri dan mengecilkan Kristus dalam pelayanan kita. Pada saat itu, tentunya keinginan kita tidak lagi menjadi pemeran pembantu terbaik, tetapi pemeran utama terbaik.



bulletinpillar.org

No comments:

Post a Comment

Anchor of Life Fellowship , Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri - Efesus 2:8-9