0 Apakah Ada Tingkatan-Tingkatan Dosa?

Yohanes 19:11

Yesus menjawab: "Engkau tidak mempunyai kuasa apapun terhadap Aku, jikalau kuasa itu tidak diberikan kepadamu dari atas. Sebab itu: dia, yang menyerahkan Aku kepadamu, lebih besar dosanya."

Omong besar Pilatus yang angkuh ["Tidakkah Engkau mau bicara dengan aku? Tidakkah Engkau tahu, bahwa aku berkuasa untuk…] tidaklah benar sama sekali. Memecah  kebisuannya, Yesus menjawab,” Engkau tidak mempunyai kuasa apapun terhadap Aku, jikalau kuasa itu tidak diberikan kepadamu dari atas” ( dari Tuhan). Walaupun Pilatus merupakan sosok agen moral yang bertanggungjawab dan dapat dimintai pertanggunganjawab atas tindakan-tindakannya, Pilatus tidak memiliki kontrol tertinggi atas semua peristiwa terkait Anak Allah. Tidak ada satu hal pun yang terjadi—bahkan kematian Yesus Kristus—berada diluar kedaulatan Tuhan. Menghadapi penentangan dan bahaya, Yesus memilih bersandar nyaman dalam kedaulatan Bapa mengendalikan peritiwa-peristiwa (bandingkan dengan Yohanes 6:43-44,65)


Sekalipun Pilatus dapat dimintai pertanggunganjawab dan layak disalahkan atas perbuatan-perbuatannya, ada seorang yang menanggung kesalahan yang lebih besar—orang  yang menyerahkan Dia kepada Pilatus, Yesus menyatakan, memiliki dosa yang lebih besar. Yesus  tidak sedang menunjuk kepada Yudas, yang tidak menyerahkan dia kepada Pilatus, tetapi kepada  orang-orang Yahudi, yang telah menyerahkannya. Referensinya terutama merujuk kepada Kayafas, sosok yang lebih bertanggung daripada siapapun karena menyerahkan Yesus kepada pemerintah Roma. Kayafas lebih bersalah daripada Pilatus untuk setidaknya dua alasan. Pertama dia telah melihat keseluruhan bukti bahwa Yesus adalah Mesias dan Anak Allah; Pilatus dalam  hal ini tidak melihatnya. Lebih jauh lagi, adalah Kayafas,  yang secara manusiawi dapat dikatakan, dialah yang menempatkan Pilatus dalam  posisi tersebut. Sebagaimana dalam catatan-catatan Carson, “Pilatus  tetap bertanggungjawab atas sikapnya yang tak berani , yang secara politik melatarbelakangi keputusan hukum yang dibuat; tetapi Pilatus tidak memulai pengadilan atau  merencanakan pengkhianatan yang membawa Yesus kedalam pengadilan” ( The  Gospel Acording to John, The Pillar New Statement Commentary [Grand Rapids: Eerdmans, 1991],602).

Are There Degrees of Sin? by John Mac Arthur | diterjemahkan oleh : Martin Simamora


P O P U L A R - "Last 7 days"