0 Mari Kita Tinjau Kembali Ungkapan :”Didalam, tetapi bukan Berasal dari”

Didalam, tetapi bukan Berasal dari”—jika anda  meluangkan  banyak waktu didalam perkumpulan-perkumpulan Kristen, anda berangkali  mengenali slogan ini. Didalam dunia, tetapi  bukan berasal dari dunia ini. Ungkapan ini memotret sebuah kebenaran mengenai para pengikut Yesus. Ada sebuah pemahaman yang nyata dimana kita “didalam” dunia ini, tetapi tidak “berasal” dari  dunia ini.

Didalam, tetapi  tidak berasal dari. Ya, ya tentu saja.

Tetapi bisa jadi ungkapan yang sangat menohok  ini bisa memberikan kesan yang keliru mengenai misi  atau tanggung jawab kita di dunia sebagai orang-orang Kristen? Moto ini  nampaknya dapat memberikan kerancuan, kita ada di dunia ini, namun sayangnya apa yang sungguh-sungguh harus kita lakukan adalah untuk memastikan bahwa kita tidak berasal dari dunia ini.


Dalam banyak cara memahami slogan ini,  titik mulanya adalah keadaan  kita yang tidak beruntung yang hidup “didalam” dunia ini. Akh…. Dan misi kita,  kelihatanya, agar jangan menjadi “berasal” dari dunia ini. Sehingga  tekanannya adalah menjauhi dunia ini.” Kita sedemikian frustrasinya terjebak didalam dunia yang tua ini, tetapi marilah kita jaga energi-energi terbaik kita agar tidak berasal dari dunia ini.” Tidak diragukan  lagi, ini adalah sebuah penekanan yang terkadang diperlukan, tetapi bukanlah  hal mendasar yang harus dilaksanakan?

Kita sebaiknya membahas hal semacam ini melalui teks-teks biblikal. Dan untuk hal satu ini  khususnya, kita sebaiknya membuka Yohanes 17, dimana Yesus menggunakan kategori-kategori ini  yang serupa ini “ didalam dunia ini” dan “tidak berasal dari dunia ini.” Mari kita  lihat perspektif Yesus mengenai hal ini.

Tidak  berasal  dari Dunia Ini

Pada malam menjelang penyalibanya, Yesus berdoa kepada Bapa dalam Yohanes 17:14-19

(14) Aku telah memberikan firman-Mu kepada mereka dan dunia membenci mereka, karena mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia.
(15) Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat.
(16) Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia.
(17) Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran.
(18) Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia;
(19) dan Aku menguduskan diri-Ku bagi mereka, supaya merekapun dikuduskan dalam kebenaran.

Perhatikan rujukan Yesus kepada murid-muridnya agar  menjadi “tidak berasal dari dunia ini.” Ayat 14 : ) Aku telah memberikan firman-Mu kepada mereka dan dunia membenci mereka, karena mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia Dan kembali lagi pada ayat 16:” Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia.”

Marilah kita semua bersepakat bahwa jelas Yesus  tidak menginginkan pengikut-pengikutnya menjadi “berasal dari dunia ini.” Amin. Dia   berkata bhwa dirinya sendiri  “tidak  berasal dari dunia ini,” dan murid-muridnya  juga “tidak berasal dari dunia ini.” Disinilah sebuah dorongan  baik yang ada didalam slogan “ didalam, tetapi tidak berasal dari.”

Ungkapan ini Menuju ke Sebuah Tempat

Namun perhatikan bahwa bagi Yesus untuk menjadi “ tidak berasal dari dunia ini” bukan merupakan tujuan dalam ayat-ayat ini tetapi merupakan sebuah titik permulaan/berangkat. Ini bukan kemanakah hal-hal ini bergerak, tetapi dari mana mereka berangkat. Dia  tidak berasal dari dunia ini, dan dia memulainya dengan berkata bahwa para pengikutnya tidak berasal dari dunia ini.

Memasuki ayat 18:” Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia.” Dan jangan lupa kejutan doa dalam ayat 15 :” Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat.”

Dikirim kedalam Dunia ini

Yesus tidak memintakan sesuatu pada Bapanya untuk murid-muridnya agar diambil dari dunia ini, tetapi dia berdoa bagi mereka seolah mereka “dikirim kedalam” dunia ini. Dia memulai dengan mereka  agar “tidak menjadi berasal dari dunia ini” dan berdoa bagi mereka seolah mereka “dikirim kedalam” dunia ini.

Sehingga ini akan memberikan pemahaman yang lebih baik kepada kita—setidaknya dengan mengacu pada Yohanes 17—untuk meninjau kembali ungkapan popular “ didalam, tetapi tidak berasal dari” dengan cara ini : Tidak berasal dari, tetapi dikirim kedalam.”

Tempat atau titik permulaan adalah menjadi “tidak berasal dari dunia ini,” dan pergerakannya  menuju  “dikirim kedalam” dunia ini. Kegagalan penekanan pada dikirim, dengan sebuah misi, ke dunia—tidak  lantas sepenuhnya terpusat pada sebuah misi untuk melepaskan keterhubungan dengan dunia ini.



Disalibkan untuk Dunia—Dan Dibangkitkan untuk Dunia

Asumsi  Yesus dalam Yohanes 17 adalah : bahwa mereka yang  merangkul  Yesus, dan diidentikan pada Yesus, memang sungguh-sungguh tidak berasal dari dunia ini. Dan sekarang  perintah resminya adalah pengutusan kita—kita dikirim kedalam dunia dengan misi untuk menyebarkan injil melalui pemuridan.

Para pengikut Yesus yang sejati tidak hanya telah disalibkan bagi dunia, tetapi juga dibangkitkan untuk hidup yang baru dan dikirim kembali ke dunia untuk membebaskan yang lain. Kita sudah diselamatkan dari kegelapan dan diberikan  Terang  yang tidak semata mengusir kegelapan, tetapi memandu langkah-langkah kita ketika kita kembali kedalam dunia untuk menyelamatkan  banyak orang lain.

Jadi mari kita tinjau kembali ungkapan popular ini “ didalam, tetapi tidak berasal dari.” Orang-orang Kristen tidak berasal dari dunia ini, tetapi dikirim kedalam dunia. Tidak berasal dari, tetapi dikirim kedalam.

Let’s Revise the Popular Phrase “In, but Not of”, by David Mathias | diterjemahkan oleh : Martin Simamora

P O P U L A R - "Last 7 days"