0 Jangan Menyerah!


“Inilah  sebuah panggilan agar orang-orang kudus bertekun” (Wahyu 14:12).
Yang penting di sini ialah ketekunan orang-orang kudus, yang menuruti perintah Allah dan iman kepada Yesus

Kita semua merindukan adanya perhentian dan penyegaran. Ini adalah sebuah kerinduan yang Tuhan berikan dimana dia berjanji untuk menggenapi ini :” Sebab Aku akan membuat segar orang yang lelah, dan setiap orang yang merana akan Kubuat puas."(Yeremia 31:25).


Dalam sebuah cara yang sangat meyakinkan Yesus memberikan perhentian bagi “semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu” (Matius 11:28). Tetapi didalam zaman ini, bukanlah zaman dimana kita  mengalami perhentian sepenuhnya.

Didalam zaman ini, Yesus mengaruniakan kepada kita injil perhentian, tidak lagi mengerjakan hal yang tidak mungkin yaitu penebusan diri sendiri atas dosa-dosa kita (2 Korintus 5:21). Tetapi dalam memercayai injil kita mendapatkan diri kita juga diperhadapkan  kedalam sebuah perang—sebuah perang untuk  selalu memercayai injil dan sebuah perang untuk menyebarkan injil kepada orang lain. Dalam zaman ini kita “ berjuang untuk memasuki perhentian [sepenuhnya]itu” pada zaman yang akan datang (Ibrani 4:11)

Ibrani 4:11
Karena itu baiklah kita berusaha untuk masuk ke dalam perhentian itu, supaya jangan seorangpun jatuh karena mengikuti contoh ketidaktaatan itu juga.

Dan perang sangat melelahkan—khsususnya perang-perang yang memakan waktu lama. Itu sebabnya anda kerap menjadi lelah. Hampir semua prajurit yang mengalami kebrutalan perang  menginginkan  untuk keluar dari perang tersebut. Itu sebabnya anda merasakan dorongan  yang kuat untuk melarikan diri atau menyerah. Itu sebabnya ada kalanya anda tergoda untuk menyerah.

Tetapi jangan menyerah. Jangan, sebaliknya bersemangat! Jangan biarkan tanganmu menjadi lemah, sebab pekerjaanmu akan dihargai” (2 Tawarikh 15:7)


2 Tawarikh 15:7
Tetapi kamu ini, kuatkanlah hatimu, jangan lemah semangatmu, karena ada upah bagi usahamu!"

Jangan menyerah ketika dosa-dosa yang selalu anda lakukan  masih saja bercokol di pintumu setelah bertahun-tahun, kembali diserang dengan godaan.

1 Korintus 10:13
Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

Jangan menyerah ketika anda merasakan keletihan dikedalaman jiwa anda akibat pertempuran-pertempuran panjang dengan kelemahan-kelemahan  yang selalu anda.

2 Korintus 12:8-9
(8)Tentang hal itu aku sudah tiga kali berseru kepada Tuhan, supaya utusan Iblis itu mundur dari padaku. (9) Tetapi jawab Tuhan kepadaku: "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna." Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku.

Jangan menyerah ketika doa-doa panjang yang dipanjatkan  belum juga dijawab

Lukas 18:1
Yesus mengatakan suatu perumpamaan kepada mereka untuk menegaskan, bahwa mereka harus selalu berdoa dengan tidak jemu-jemu.

Jangan  menyerah ketika panah-panah api  keraguan si Jahat menghujam dan membuat anda merasa terhuyung-huyung.

Efesus 6:13,16
(13) Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu. (16) dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat.

Jangan menyerah ketika efek putus asa yang timbul dari berbagai tekanan yang mendera nampaknya  tidak ada hentinya

2 Korintus 6:4-5
(4) Sebaliknya, dalam segala hal kami menunjukkan, bahwa kami adalah pelayan Allah, yaitu: dalam menahan dengan penuh kesabaran dalam penderitaan, kesesakan dan kesukaran, (5) dalam menanggung dera, dalam penjara dan kerusuhan, dalam berjerih payah, dalam berjaga-jaga dan berpuasa;

Jangan menyerah ketika ladang Tuhan dimana anda ditugaskan  sulit dan tuaian tidak terlihat  menjanjikan

Galatia 6:9
Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.

Jangan menyerah ketika anda bekerja  didalam ketidakpastian dan anda bertanya-tanya seberapa bernilaikah upaya tersebut

Matius 6:4
Hendaklah sedekahmu itu diberikan dengan tersembunyi, maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu."

Jangan menyerah ketika reputasimu rusak karena anda berupaya untuk setia kepada Yesus

Matius 5:11
Berbahagialah kamu, jika karena Aku kamu dicela dan dianiaya dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat.


Jangan menyerah ketika menantikan Tuhan nampaknya tidak ada akhirnya.

Yesaya 40:30-31
(30) Orang-orang muda menjadi lelah dan lesu dan teruna-teruna jatuh tersandung, (31) tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.


Jangan menyerah ketika anda  jatuh dalam dosa. Jangan  berkubang. Bertobat (kembali), alihkan pandangan mata dari dirimu sendiri dan kembali pandang Yesus, bangun dan kembali berperang.

1 Yohanes 1:9
Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

2 Timotius 2:13
jika kita tidak setia, Dia tetap setia, karena Dia tidak dapat menyangkal diri-Nya."

Yesus mengetahui pekerjaan-pekerjaanmu ( Wahyu 2:2) dan dia mengerti perang itu (Ibrani 12:3).” Bertandinglah dalam pertandingan iman yang benar” ( 1 Timotius 6:12). Selesaikan perlombaan ( 2 Timotius 4:7).” Kalau kamu tetap bertahan, kamu akan memperoleh hidupmu” (Lukas 21:19)

Jangan menyerah.

Don’t Give Up, by Jon Bloom |diterjemahkan oleh : Martin Simamora




P O P U L A R - "Last 7 days"