0 Alkitab Tidak Mengajarkan Doktrin Universialisme!

Kisah Para Rasul 4:12  berkata :
Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."
Pertanyaan : Apakah Paulus mengajarkan  universialisme di Efesus 1:10 dan Kolose 1:20?

Jawab :

Efesus 1:10
sebagai persiapan kegenapan waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu, baik yang di sorga maupun yang di bumi


Kolose 1:20
dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus.

Alkitab tidak mengajarkan universialisme—dimana keselamatan  adalah bagi semua orang tanpa pengecualian. Malahan nats-nats kitab suci berbicara 2 kelompok masyarakat (mereka yang diselamatkan dan mereka yang tak diselamatkan) dan kemungkinan takdir ( Surga bagi mereka yang diselamatkan dan Neraka bagi mereka yang  tidak diselamatkan).


Ayat-ayat diatas berbicara tentang Kedaulatan Universal dan bukan keselamatan universal. Yesus adalah Raja diatas segala raja. Segala otoritas telah diberikan  kepada dia di surga dan di bumi :


Matius 28:18
Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.

Filipi 2:10
supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi,

Beberapa manusia akan menyembah  dia sebagai anak-anak-Nya dan  yang  lainnya menyembah dia sebagai musuh-musuh yang telah ditaklukan.  Ketika saya masih menjadi detektif pembunuhan, saya menangkapi orang-orang  yang jahat. Saat baik saya dan mereka berdiri dihadapan hakim yang sama di pengadilan, kami berdiri dalam kapasitas yang berbeda. Ketika kami meninggalkan ruang persidangan kami dipisahkan dengan sebuah jarak yang jauh; saya pulang ke rumah, mereka pergi ke penjara :


Lukas 16:19-31
(19) Ada seorang kaya yang selalu berpakaian jubah ungu dan kain halus, dan setiap hari ia bersukaria dalam kemewahan (20) Dan ada seorang pengemis bernama Lazarus, badannya penuh dengan borok, berbaring dekat pintu rumah orang kaya itu (21) dan ingin menghilangkan laparnya dengan apa yang jatuh dari meja orang kaya itu. Malahan anjing-anjing datang dan menjilat boroknya (22) Kemudian matilah orang miskin itu, lalu dibawa oleh malaikat-malaikat ke pangkuan Abraham (23) Orang kaya itu juga mati, lalu dikubur. Dan sementara ia menderita sengsara di alam maut ia memandang ke atas, dan dari jauh dilihatnya Abraham, dan Lazarus duduk di pangkuannya. (24) Lalu ia berseru, katanya: Bapa Abraham, kasihanilah aku. Suruhlah Lazarus, supaya ia mencelupkan ujung jarinya ke dalam air dan menyejukkan lidahku, sebab aku sangat kesakitan dalam nyala api ini. (25) Tetapi Abraham berkata: Anak, ingatlah, bahwa engkau telah menerima segala yang baik sewaktu hidupmu, sedangkan Lazarus segala yang buruk. Sekarang ia mendapat hiburan dan engkau sangat menderita. (26) Selain dari pada itu di antara kami dan engkau terbentang jurang yang tak terseberangi, supaya mereka yang mau pergi dari sini kepadamu ataupun mereka yang mau datang dari situ kepada kami tidak dapat menyeberang. (27) Kata orang itu: Kalau demikian, aku minta kepadamu, bapa, supaya engkau menyuruh dia ke rumah ayahku, (28) sebab masih ada lima orang saudaraku, supaya ia memperingati mereka dengan sungguh-sungguh, agar mereka jangan masuk kelak ke dalam tempat penderitaan ini. (29) Tetapi kata Abraham: Ada pada mereka kesaksian Musa dan para nabi; baiklah mereka mendengarkan kesaksian itu. (30) Jawab orang itu: Tidak, bapa Abraham, tetapi jika ada seorang yang datang dari antara orang mati kepada mereka, mereka akan bertobat. (31) Kata Abraham kepadanya: Jika mereka tidak mendengarkan kesaksian Musa dan para nabi, mereka tidak juga akan mau diyakinkan, sekalipun oleh seorang yang bangkit dari antara orang mati."

Situasi semacam ini akan terjadi pada hari  penghakiman! Beberapa akan pergi ke Suga yang kekal (langit baru dan bumi yang baru, dan lain sebagainya) dan beberapa  umat manusia lainnya akan  pergi ke Neraka yang kekal :

Matius 25:46
Dan mereka ini akan masuk ke tempat siksaan yang kekal, tetapi orang benar ke dalam hidup yang kekal."


Markus 9:44
di tempat itu ulatnya tidak akan mati, dan apinya tidak akan padam.

Keputusan hakim  telah final!

Ibrani 9:27
Dan sama seperti manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi,

Tidak ada pembebasan bersyarat atau percobaan. Apa yang akan menjadi kata-kata final Tuhan kepada anda? Dimanakah kediaman kekalmu? Hanya oleh sebuah dosa akan mengirimkan anda ke penjara kekal. Di sisi lain, hanya satu  Juru selamat yang telah menyediakan satu-satunya jalan masuk menuju Surga.



Kisah Para Rasul 4:12  berkata :
Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."

Siapakah Tuhan ini? Siapakah pribadi ini yang memiliki hidup kekal?

1 Timotius 2:5
Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus,

Yohanes 14:6
Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.


Roma 5:12-19
(12) Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa. (13) Sebab sebelum hukum Taurat ada, telah ada dosa di dunia. Tetapi dosa itu tidak diperhitungkan kalau tidak ada hukum Taurat. (14) Sungguhpun demikian maut telah berkuasa dari zaman Adam sampai kepada zaman Musa juga atas mereka, yang tidak berbuat dosa dengan cara yang sama seperti yang telah dibuat oleh Adam, yang adalah gambaran Dia yang akan datang. (15) Tetapi karunia Allah tidaklah sama dengan pelanggaran Adam. Sebab, jika karena pelanggaran satu orang semua orang telah jatuh di dalam kuasa maut, jauh lebih besar lagi kasih karunia Allah dan karunia-Nya, yang dilimpahkan-Nya atas semua orang karena satu orang, yaitu Yesus Kristus. (16) Dan kasih karunia tidak berimbangan dengan dosa satu orang. Sebab penghakiman atas satu pelanggaran itu telah mengakibatkan penghukuman, tetapi penganugerahan karunia atas banyak pelanggaran itu mengakibatkan pembenaran.(17) Sebab, jika oleh dosa satu orang, maut telah berkuasa oleh satu orang itu, maka lebih benar lagi mereka, yang telah menerima kelimpahan kasih karunia dan anugerah kebenaran, akan hidup dan berkuasa oleh karena satu orang itu, yaitu Yesus Kristus. (18) Sebab itu, sama seperti oleh satu pelanggaran semua orang beroleh penghukuman, demikian pula oleh satu perbuatan kebenaran semua orang beroleh pembenaran untuk hidup. (19) Jadi sama seperti oleh ketidaktaatan satu orang semua orang telah menjadi orang berdosa, demikian pula oleh ketaatan satu orang semua orang menjadi orang benar.

Universialisme bukanlah doktrin yang  benar. Beberapa umat manusia akan hilang dalam kekekalan. Jadi, kami perlu mengajukan beberapa pertanyaan penting untuk diri kita sendiri : Apakah saya sudah diselamatkan? Apakah saya memiliki kehidupan kekal? Jika belum mintalah Kristus untuk masuk kedalam kehidupan anda sekarang.

Roma 10:9-10
(9) Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. (10) Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.

Universialism, Joseph R. Nally – Theological Editor of Third Millennium Ministry | diterjemahkan oleh : Martin Simamora

P O P U L A R - "Last 7 days"